Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 5 Ide Promosi Kreatif untuk Bisnis Sepatu, Bikin Jualan Laris Manis!

5 Ide Promosi Kreatif untuk Bisnis Sepatu, Bikin Jualan Laris Manis!

·
4 menit
5 cara promosi kreatif bisnis sepatu

Bisnis sepatu adalah salah satu bisnis yang memiliki pasar dengan cakupan besar. Setiap orang akan membutuhkan sepatu untuk mereka pakai sebagai alas kaki, pelindung kaki dari debu jalanan, atau pun sebagai fashion saja.

Tidak sedikit dari seller yang semakin beragam dalam membuat promosi kreatif dan menarik bisnis sepatu mereka, hal ini agar lebih banyak mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Tidak dapat dipungkiri juga bahwa sebuah promosi dalam menjalankan usaha adalah hal penting yang wajib ada.

Mengapa begitu? Promosi bisa menjadi peluang besar bagi para seller dalam meningkatkan branding usaha mereka.

Kegiatan promosi sudah sangat melekat dalam dunia usaha dan wajib ada di dalamnya, apapun produk yang kamu jual.

Dengan adanya promosi, minat belanja orang akan semakin meningkat. Apalagi jika promosi yang kamu lakukan kreatif dan menarik di mata orang lain.


Manfaat Promosi bagi Bisnis Kamu

Berikut di bawah ini adalah manfaat promosi yang penting bagi bisnismu:

1. Membuat Penjualan Produk Semakin Meningkat

Jika kamu melakukan promosi dengan sangat baik, maka promosi tersebut akan mampu untuk mendongkrak penjualan produk yang kamu pasarkan. 

Misalnya, ada sebuah perusahaan produksi sepatu yang telah berhasil membuat peningkatan pada pendapatan karena penjualan produk mencapai 1988 persen dengan melalui promosi!

Mereka tidak meluncurkan brand baru, namun perusahaan tersebut hanya melakukan pendekatan yang berbeda terhadap calon konsumen dibanding dengan sebelumnya. 

2. Menarik Perhatian Pasar secara Mudah dan Cepat

Sebuah promosi dapat digunakan sebagai daya tarik untuk membuat calon konsumen menaruh perhatian mereka terhadap suatu produk.

Promosi juga dapat disebut sebagai identitas dari produk, karena dengan adanya promosi akan membuat produk mudah dikenal oleh masyarakat.

Jika kamu adalah pemilik dari sebuah bisnis sepatu, meskipun kegiatan promosi yang dilakukan secara beragam, maka promosi kreatif dan menarik bisnis sepatumu tak akan luput dari perhatian masyarakat.

3. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness akan membantu memperkuat hubungan antar produk dengan para konsumen, bertujuan untuk membuat produk brand tersebut semakin terkenal dalam jangka waktu yang panjang.

Oleh karena itu, brand awareness sangatlah penting untuk sebuah bisnis.

Jika promosi yang kamu lakukan berhasil, maka kamu akan dengan mampu membangun sebuah branding tersendiri untuk produkmu dan produk kamu juga secara otomatis akan melekat pada kepala maupun hati para konsumen.

Jadi kamu harus memiliki rencana promosi yang terukur dan tersusun secara matang, agar brand awareness pada produk buatanmu akan terbangun dengan baik. 

4. Memberikan Jaminan terhadap Loyalitas Konsumen

Kebanyakan dari para pebisnis akan berlomba untuk merebutkan loyalitas pelanggan mereka, termasuk konsumen dari pebisnis lainnya. Hal ini memang sudah terbiasa terjadi pada dunia usaha.

Namun, jika kamu melakukan promosi secara rajin dengan berbagai penawaran yang dapat menarik perhatian, maka konsumen pun tidak akan berpaling dari produk yang kamu jual.

Mengapa begitu? karena kamu memberikan manfaat yang lebih menjanjikan bagi mereka. 

Tujuan utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan pada suatu produk. Namun, kamu juga harus membuat pengenalan dari produk itu terlebih dahulu.

Promosi sendiri berfokus pada upaya untuk menciptakan ketertarikan calon konsumen agar menggunakan produk yang kamu tawarkan pada mereka.

Maka dari itu, kami disini akan membahas mengenai informasi yang cocok kamu gunakan untuk membuat usaha sepatu yang kamu buat semakin sukses besar.


5 Cara Promosi Kreatif dan Menarik untuk Bisnis Sepatu yang Bisa Dicoba

Berikut 5 cara promosi yang bisa kamu coba untuk membuat bisnis sepatumu semakin terkenal:

1. Promosi Melalui Marketplace

Sekarang ini siapa sih yang tidak tahu mengenai marketplace? Agaknya pasti semua orang sudah paham betul apa itu yang dimaksud marketplace.

Banyak dari seller yang menggunakan marketplace sebagai ladang yang tepat untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu mana marketplace yang ingin kamu pilih sebagai tempat paling berpotensi untuk membuat promosi produk sepatu kamu berjalan lancar, jangan lupa untuk memilih marketplace yang sudah terpercaya.

2. Menggunakan Jasa Influencer Terkenal

Influencer adalah seseorang dengan akun yang memiliki pengikut banyak di sebuah platform sosial media tertentu, misalnya Instagram, Facebook, atau pun Twitter.

Biasanya para influencer akan membuat endorse atau promote untuk membantu memasarkan sebuah produk, jadi hal ini juga bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Sebagai seorang pebisnis sepatu, kamu harus bisa menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan sejumlah influencer. Jadi, dengan begitu produk sepatu kamu akan semakin dikenal oleh khalayak umum. 

Ketika para influencer mempromosikan produk sepatu kamu, maka strategi akan membantu membuat daya tarik pada produk kamu menjadi semakin bertambah.

Orang-orang akan merasa penasaran dan akhirnya berencana untuk menggunakan sepatu dari produk usaha kamu. 

3. Memanfaatkan Media Sosial

Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan  semua orang dalam melakukan suatu hal. Tidak terkecuali bagi kamu yang memiliki bisnis sepatu.

Mengapa begitu? Sebab dengan adanya teknologi ini, kamu dapat mempromosikan produk dari dagangan yang kamu punya secara online.

Apalagi akhir-akhir ini bisnis online shop sedang sangat marak terjadi pada kalangan masyarakat, mulai dari Indonesia maupun dunia.

Media sosial dapat kamu gunakan sebagai cara yang tepat untuk menarik perhatian calon konsumen, gunakan cara ini sebagai sarana promosi yang baru sehingga membuat produk kamu terasa fresh.

Untuk hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun sosial media untuk mempromosikan produk sepatu kamu.

Kemudian upload beberapa foto keren dari produk sepatu kamu, jangan lupa untuk memberi caption yang menarik dan detail mengenai sepatu tersebut.

4. Memasang Iklan di Halaman Website atau Blog 

Dengan cara memasang iklan dari produk sepatu kamu di website atau blog tertentu akan cukup membantumu dalam memasarkan produk tersebut.

Apalagi dengan sekarang ini sudah banyak perusahaan besar maupun menengah yang menjadikan halaman website dan blog sebagai ladang promosi yang baru.

Jadi, kamu bisa mulai mencoba untuk bekerjasama dengan para blogger atau penulis website untuk mempromosikan iklan produk sepatu kamu.

Biasanya mereka akan menaruh harga yang berbeda-beda, tergantung seberapa banyak pembaca dari situs tersebut. 

Dan jangan lupa juga untuk memilih bekerjasama dengan blogger yang sudah memiliki nama dan terpercaya. Jadi, kamu tidak akan merasa khawatir mengenai data aman atau tidak.

5. Promosi melalui Brosur 

Jika kamu menggunakan cara ini untuk memasarkan produk sepatumu, maka caramu ini tidak akan ketinggalan zaman, lho!

Sebab, sekarang ini masih banyak orang yang menggunakan brosur selebaran sebagai media promosi untuk produk mereka.

Kamu dapat mencoba cara ini, pertama buatlah brosur selebaran untuk promosi kreatif dan menarik bisnis sepatumu agar orang merasa tertarik dengan isinya.

Lalu setelah itu, kamu bisa membagikan brosur tersebut kepada orang lain supaya produk sepatu dari bisnismu semakin terkenal.


Demikian pembahasan mengenai promosi kreatif dan menarik bisnis sepatu yang bisa kamu coba.

Semoga berhasil dan sukses!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​