Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Rekomendasi Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Sepatu

Rekomendasi Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Sepatu

·
4 menit
media online untuk meningkatkan penjualan bisnis sepatu

Seperti yang kita ketahui, pada zaman sekarang, media sosial menjadi platform berpengaruh yang memiliki banyak pengguna.

Baik itu sebagai tempat bersosialisasi secara online, tempat promosi karya, ataupun berjualan. 

Sebagai penjual sepatu, kamu tentunya tahu bahwa aspek penting yang berpengaruh pada penjualan kamu adalah bagaimana caranya kamu bisa mempromosikan barang jualan kamu.

Semakin banyak orang yang mengenal toko kamu, maka akan semakin banyak juga pembeli yang kamu dapat.

Nah, untuk itu, kamu memerlukan media online untuk meningkatkan penjualan sepatu milikmu.


Keuntungan Berjualan Sepatu secara Online

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapat ketika kamu berjualan sepatu secara online, yaitu:

1. Modal Kecil

Dengan berjualan pada platform online, tentunya modal yang kamu gunakan khususnya untuk bagian periklanan dan pemasaran produk sepatu kamu akan mengecil.

2. Mudah

Siapa yang menolak untuk tidak memakai media sosial untuk penjualan jika banyak platform yang menawarkan kemudahan?

Platform-platform media online untuk meningkatkan penjualan sepatu kamu ini pasti memiliki akses yang teratur dan gampang.

3. Akses dan Koneksi Luas

Seperti yang penulis sebutkan, platform sosial media online tentu saja memberi keuntungan pada bagian pemasaran sepatu kamu.

Karena online sifatnya cepat dan efektif, kamu hanya perlu meng-upload foto produk kamu, dan menunggu pembeli. Pembeli yang berdatangan pun tak hanya dari sekitarmu namun dari seluruh dunia.


Rekomendasi Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Sepatu

Setelah mengetahui keuntungan dari penjualan online pada media sosial, penulis akan memberi tahu apa-apa saya platform media online untuk meningkatkan penjualan sepatu kamu, yaitu:

1. Facebook

Facebook adalah media sosial raksasa yang sudah berkembang pesat akhir-akhir ini. Selain untuk mengirim status, media sosial Facebook juga mempunyai sistem khusus untuk penggunanya yang ingin berjualan. 

Satu fitur khusus tersebut bernama marketplace. Kamu bisa menjual produk sepatu kamu pada fitur khusus ini.

Kamu tinggal mengupload foto sepatu, membuat deskripsi dan harga, lalu orang bisa melihat produkmu jika mereka sedang mencari sepatu.

Menggunakan facebook sebagai tempat berjualan juga cukup mudah karena kamu bisa memakai fitur “live” untuk memperdagangkan jualan kamu secara live.

Pada marketplace juga tersedia fitur chat dan komentar yang tentunya dapat semakin berguna bagi calon pembeli untuk me-review toko dan produk kamu sebelum membeli.

2. Twitter

Layaknya Facebook, Twitter juga terkenal sebagai media online untuk meningkatkan penjualan sepatu kamu.

Hampir semua orang memiliki akun Twitter sehingga sangat mudah menjangkau para calon pembeli ketika kamu berjualan pada platform ini. Twitter juga memiliki banyak fitur-fitur yang cukup memadai untuk berjualan sepatu.

3. Instagram

Salah satu media sosial raksasa ini juga menjadi target paling menguntungkan untuk dapat meraih kepopularitasan. Kamu yang mempunyai bisnis sepatu akan sangat terbantu jika menggunakan platform ini. 

Sekarang ini, hampir semua orang mempunyai akun Instagram. Dari anak-anak hingga orang dewasa, namun rentang tertinggi pengguna instagram ada pada remaja dan orang dewasa.

Hal ini tentunya akan berakibat baik. Sebagai media online untuk meningkatkan penjualan sepatu, Instagram menjadi pilihan paling mumpuni.

Dan juga, pada instagram kamu akan gampang untuk mendapatkan followers karena instagram mempunyai fitur iklan berbayar.

Fitur ini dapat kamu bayar sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan beriklan, instagram akan dengan random memasukkan iklan mu pada eksplore, timeline ataupun sisipan story orang banyak.

Hal tersebut tentu saja menguntungkanmu, kan?

Selain iklan berbayar official dari instagram, kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar lainnya seperti endorse.

Endorse adalah iklan berbayar dengan cara kamu memakai jasa orang-orang yang mempunyai banyak followers. Seperti selebgram, ataupun akun-akun yang lain. 

Kamu juga bisa menetapkan “Promote for Promote” atau yang sering kita sebut sebagai PFP.

Nah, promote for promote ini adalah kamu mempromosikan jualanmu ke akun orang secara gratis dengan pertukaran kamu harus mempromosikan jualannya juga.

4.  Youtube

Media sosial untuk meningkatkan penjualan sepatu selanjutnya adalah Youtube.

Youtube adalah salah satu platform yang berisi banyak sekali kreator konten. Konten-konten yang youtube tampilkan juga beragam. 

Ada konten game, konten menyanyi, konten hiburan ataupun tidak jarang konten jualan. Kamu dapat membuat konten tentang sepatu kamu dan meng-uploadnya pada youtube.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja pemasaran kamu. Semakin menarik konten Youtube yang kamu buat, akan semakin banyak juga orang yang mengenal namamu.

5.  Membuat Website Sendiri

Media sosial untuk meningkatkan sepatu yang lain yang bisa kamu coba adalah membuat website sendiri. Website sendiri membuat toko sepatumu terkesan elegan, trusted dan menarik. 

Jika kamu tidak mengetahui caranya membuat website, kamu dapat membeli jasa pembuat website yang pastinya banyak bertebaran pada halaman Google.

Website tersebut dapat berisi apa saja. Artikel mengenai cara berjualan sepatu, merek sepatu apa yang kamu jual, tema apa yang kamu pakai, dll yang berhubungan dengan sepatu kamu.

6. Shopee

Platform marketplace satu ini juga masuk ke dalam golongan media online untuk meningkatkan penjualan sepatu kamu. Sama dengan akun-akun yang telah penulis sebutkan sebelumnya, Shopee juga sudah cukup terkenal. 

Hampir semua orang mengenal platform jual-beli yang mengusung tema berwarna orange ini.

Sebagai media sosial khusus jual dan beli, Shopee tentunya memberi banyak sekali fitur-fitur khusus yang mendorong kinerja kamu sebagai penjual. Salah satu fitur terbaik yang ada pada Shopee adalah voucher. 

Tidak seperti ketiga media sosial yang telah penulis sebutkan, Shopee memberi voucher atau diskon khusus untuk para pembeli yang membeli pada aplikasi ini.

Itulah mengapa banyak orang yang sudah beralih dari membeli barang offline menjadi online.

Sama halnya dengan sepatu kamu, kamu dapat memulai mendaftar menjadi salah satu seller Shopee.

 7. Tokopedia

Hampir sama dengan Shopee, Tokopedia juga banyak diminati oleh para pembeli. Media online untuk meningkatkan penjualan sepatu kamu ini juga memiliki banyak voucher dan diskon yang sangat menarik minat calon pembeli.

Kamu tentunya dapat berkembang pesat jika menggunakan aplikasi khusus jual beli seperti Tokopedia dan Shopee.


Siap Mencoba Media Online untuk Meningkatkan Penjualan Sepatumu?

Selain mencari media online untuk meningkatkan penjualan sepatu, kamu juga harus meningkatkan performa layanan kamu.

Lalu apa tips penting yang dapat kamu lakukan dan persiapkan untuk meningkatkan performa tersebut?

Cari tahu tentang pasar targetmu. Mengetahui target pembeli yang cocok dengan tema sepatumu adalah salah satu langkah penting yang dapat kamu lakukan.

Karena pemakai media online yang penulis sebutkan tadi kebanyakan berasal dari jenjang remaja sampai dewasa, pastikan kamu dapat menyesuaikan selera mereka dengan tetap memakai ciri khas toko sepatumu.

Selamat mencoba!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​