Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

Cara Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

·
4 menit
cara menentukan visi dan misi

Sebagai pemilik perusahaan, visi dan juga misi itu adalah hal yang wajib ada karena keduanya ini memiliki peran penting.

Visi dan misi menjadi dasar dalam perjalanan perusahaan sehingga bisa mencapai kesuksesan dengan baik. Untuk menentukannya tidak boleh sembarangan, ini dia caranya:


Memahami Pengertian dan Perbedaan antara Visi dan Misi

Hal pertama dan yang paling utama dalam menentukan visi dan juga misi adalah memahami perbedaannya. Ya, kedua kata ini memang sering kali menjadi satu yang tidak terpisahkan namun artinya sangat berbeda.

Ya, keduanya berbeda namun memiliki kaitan satu dan lainnya sehingga penting sekali diketahui. Dan ini dia pengertian dan juga perbedaan antara visi dan misi:


Pengertian Visi dan Misi

Visi adalah kata yang menggambarkan apa yang menjadi tujuan Kamu di masa depan. Ya, visi bisa dikatakan sebagai cita-cita atau tujuan dari perusahaan Kamu didirikan. Visi adalah gambaran masa depan atau sekarang yang ingin diciptakan.

Visi tidak serta merta cita-cita untuk kebutuhan perusahaan sendiri melainkan bisa juga yang berkaitan dengan pelanggan Kamu.

Jadi, visi bisa jadi tujuan perusahaan untuk kebaikan perusahaan maupun pelanggan Kamu.

Sedangkan misi adalah suatu rencana atau gagasan yang dilakukan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan tersebut. Misi berisi apa-apa saja yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk perusahaan itu sendiri maupun masyarakat sekitar. Jadi, misi ini sangat erat kaitannya dengan misi.


Perbedaan Visi dan Misi

Ya, walaupun memiliki kaitan yang sangat erat, visi dan misi ini berbeda, yaitu seperti ini:

  • Visi adalah cita-cita yang sangat berkaitan dengan masa depan atau tujuan paling tinggi. Sedangkan misi adalah step-step yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut.
  • Kemudian, dari segi tulisan visi biasa ditulis sangat singkat dan hanya dalam satu kalimat saja. Sedangkan untuk misi ditulis dengan banyak poin sebagai langkah-langkah pencapaian.
  • Visi selalu diletakkan pada bagian atas, dan untuk misi akan berderet pada bagian bawah.
  • Visi adalah hal yang permanen sedangkan misi bisa saja berubah seiring dengan perkembangan zaman dan juga pengalaman.

Pikirkan Apa yang Terjadi di Masa Depan yang Berkaitan dengan Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dan juga perbedaan antara visi dan misi maka yang selanjutnya adalah pikirkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Kamu harus menganalisis jangka panjang mengenai bagaimana masa depan akan memperlakukan perusahaan.

Kamu harus menganalisis secara fundamental atas negara sendiri atau negara lain yang intinya berkaitan dengan perusahaan.

Ya, Kamu harus mempertimbangkan apakah negara ini di masa depan akan tetap seperti ini atau bagaimana.

Misalnya saja perusahaan Kamu memproduksi alat-alat olahraga yang ramah lingkungan. Kamu melihat untuk saat ini pencemaran ada di mana-mana serta manusia banyak yang memiliki pola hidup tidak sehat.

Namun, ada segelintir orang yang saat ini mulai bergerak di dalam kesunyian mengampanyekan hidup sehat.

Kampanye hidup sehat mungkin saat ini tidak begitu terlihat, tapi prediksinya di 10, 20, hingga 50 tahun ke depan pasti akan banyak orang menyadarinya.

Oleh karena itu, Kamu memiliki misi untuk mendukung kampanye tersebut dengan menciptakan misi dengan terencana.


Cara Menentukan Visi dan Misi

  • Sebaiknya Lakukan Pembuatan dengan Siapa Saja yang Terlibat dalam Perusahaan

Perusahaan besar, biasanya melakukan berbagai penggabungan atau kerja sama dengan banyak orang.

Nah, lakukan penyusunan visi dan misi ini bersama dengan mereka agar semuanya tahu dan ikut memberikan ide.

Banyak orang memberikan ide biasanya membuat Kamu semakin terbuka akan tujuan perusahaan ini. Ya, semakin banyaknya pendapat maka akan semakin terbuka bagaimana yang terjadi di luar sana.

Sebab, setia kepala terkadang punya pemikiran yang berbeda dan wajib didiskusikan untuk mendapatkan yang terbaik.

  • Identifikasi Apa Tujuan Perusahaan Kamu

Pada diskusi tersebut, identifikasi apa sebenarnya yang menjadi tujuan perusahaan Kamu tersebut.

Ya, terkadang ada banyak sekali tujuan, tuliskan saja apa saja itu dan biarkan anggota yang ada di sana juga ikut menilai dan menambahkan usul.

Semua tujuan harus benar-benar dituliskan secara rinci. Semua tujuan tersebut juga harus diketahui dan dipahami bersama agar terpatri di dalam setiap kepala.

Tujuan inilah yang nantinya akan diringkas menjadi sebuah kalimat visi. Ya, di dalam kalimat itu harus berisi tentang apa saja tujuan yang cukup banyak tersebut.

  • Buat Penjelasan Singkat atau Rangkuman Apa yang akan Perusahaan Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Tujuan

Langkah yang selanjutnya adalah membuat kalimat yang sesuai dengan berbagai tujuan tersebut dalam satu kalimat.

Ya, visi hanya terdiri dari satu kalimat saja namun kompleks karena pada dasarnya adalah berisi tujuan-tujuan yang telah dituliskan tadi.

Walaupun tujuan itu sudah ada dalam bentuk satu kalimat saja, tidak lantas kemudian Kamu langsung menghapus tujuan yang telah dirinci tadi. Tujuan yang telah dirinci sebelumnya harus ditulis kembali dengan lebih rapi.

Mungkin orang-orang yang ikut dalam penyusunan visi misi itu sudah tahu, tapi mereka yang tidak ikut di dalam pembahasan mungkin saja tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu tetap harus ditulis agar bisa digunakan sebagai penjelasan bagi mereka yang kurang paham.

  • Apa yang Perusahaan Kamu Lakukan untuk Melakukan Tujuan

Setelah penyusunan visi selesai selanjutnya buatlah misi yang tepat. Ya, Kamu juga harus mengajak pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan tersebut untuk menentukan rencana apa saja yang akan dilakukan. Buatlah poin-poin yang mudah dipahami oleh siapa saja yang akan melihatnya.

Terkadang dalam beberapa tujuan ada yang cara mendapatkannya muda jadi sering kali sama.

Namun, jangan biarkan misi yang sama dituliskan dua kali. Jika ada yang sama atau mirip maka jadikan satu saja agar tidak membuat poin misinya menjadi terlalu banyak.

Kemudian, jika misinya ternyata menjadi sangat banyak cobalah untuk mengelompokkan mana yang terlihat mirip.

Sebab, jika misi Kamu buat terlalu banyak maka sering kali membuat malas membacanya. Buatlah yang ringkas namun juga padat sehingga tidak berputar-putar.

  • Buat Kalimat yang Bagus dan Jelas

Berikutnya, buatlah kalimat yang bagus dan juga tidak ambigu. Ya, terkadang memang kalimat-kalimat misi ini ingin dibuat bagus tetapi malah jadi multi tafsir. Hal ini berakibat sangat fatal jika dibiarkan karena berpengaruh pada kinerja para pegawai.

Buatlah kalimat efektif dan jangan melupakan tanda baca. Ya, tanda baca sering kali diabaikan sehingga membuat kalimat bermakna ganda.

Jangan sampai ini terjadi, jika perlu Kamu bisa menggunakan jasa tata bahasa agar visi dan misi menjadi sangat bagus, ringkas, dan lebih mudah dipahami.

Itulah beberapa cara menentukan visi dan misi perusahaan dengan mudah dan juga tepat. Jangan asal membuat karena visi misi ini bisa diibaratkan seperti fondasi yang menjadi dasar berkembang dan tumbuhnya perusahaan Kamu.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat