Pengertian Pinjaman Bank Beserta Manfaatnya

Membutuhkan uang untuk keperluan yang mendesak dikala keadaan keuangan sedang tipis tentu pernah dialami oleh setiap orang. Saat ada dalam posisi tersebut, maka hal yang langsung terbesit di kepala seseorang adalah meminjam uang ke kerabat, teman ataupun melakukan pinjaman ke Bank untuk segera mendapatkan uang yang dibutuhkan. Dari beberapa opsi pinjaman uang tersebut, mari kita bahas tentang pengertian pinjaman Bank beserta manfaat apa saja yang akan kita rasakan jika mengajukan pinjaman melalui Bank.

Pengertian Pinjaman Bank atau Kredit Bank adalah suatu fasilitas keuangan berupa pinjam meminjam uang yang diberikan oleh suatu Bank kepada nasabahnya. Peminjaman uang tersebut disetujui berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam antara pihak Bank dengan pihak peminjam yang mewajibkan pihak peminjam tersebut untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu yang telah ditentukan dengan pemberian bunga tagihan. Ketika anda melakukan pinjaman kepada pihak Bank, maka anda wajib untuk mengembalikan uang pinjaman tersebut sesuai dengan waktu dan ketentuan yang telah disepakati antara anda dengan pihak Bank tersebut. Untuk mengindari resiko tidak dikembalikannya uang pinjaman tersebut pihak Bank juga memiliki peraturan dalam menentukan kriteria peminjam. Sebelum menyetujui sebuah pinjaman pihak Bank akan mempertimbangkan beberapa hal yang terkait dengan itikad baik dan kemampuan membayar nasabah untuk melunasi kembali pinjaman tersebut beserta dengan bunganya. Pihak Bank akan mempertibangkan kepribadian, kapasitas, modal, jaminan, dan keadaan ekonomi nasabahnya. Pinjaman Bank sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu kredit investasi, kredit modal kerja, kredit konsumsi, serta kredit usaha tanpa bunga dan tanpa jaminan.

Mengajukan pinjaman uang ke Bank memiliki banyak manfaat. Apalagi jika anda akan memulai sebuah bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar. Sudah banyak pengusaha-pengusaha di Indonesia yang sukses mengelola bisnisnya dengan menggunakan sumber modal yang berasal dari dana pinjaman Bank. Lalu apa sajakah manfaat yang bisa kita rasakan jika kita mengajukan pinjaman kepada pihak Bank? Berikut ini manfaat yang bisa kita rasakan jika mengajukan pinjaman kepada pihak Bank :

  1. Manfaat pertama yang bisa anda rasakan dari mengajukan pinjaman kepada pihak Bank adalah anda akan mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam meminjam uang. Pinjaman dari Bank tentu lebih aman jika dibandingkan pinjaman kepada rentenir atau penyedia jasa pinjam uang lainnya. Pinjaman secara tunai dapat membantu anda dalam memenuhi kepentingan tertentu.
  2. Pembayaran pinjaman bisa dilakukan secara bertahap alias bisa dicicil. Lamanya waktu cicilan pembayaran pinjaman tersebut biasanya ditentukan berdasarkan keinginan pihak peminjam dan sesuai dengan ketentuan dari pihak Bank tersebut. Dengan begitu anda bisa menabung sedikit demi sedikit untuk melunasi pinjaman anda tersebut. Hal tersebut tentu sangat membantu meringankan beban anda saat melakukan pembayaran. Berbeda jika anda melakukan pinjaman uang secara personal yang biasanya tidak menerima pembayaran dalam bentuk cicilan.
  3. Dengan mengajukan pinjaman ke Bank, anda akan berkesempatan untuk mendapatkan bonus dan hadiah sejenisnya.
  4. Pinjaman dari Bank dapat membantu anda dalam mengembangkan bisnis yang anda kelola dan menjadikan bisnis anda sukses sesuai dengan harapan anda.
  5. Dengan mengajukan pinjaman ke Bank anda juga bisa mengajukan dana pinjaman yang cukup besar. Dana yang cukup besar tersebut tentu disesuaikan dengan jaminan yang anda miliki dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Bank tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda rasakan jika melakukan pinjaman ke Bank. Jika anda ingin mengajukan pinjaman dengan persyaratan yang lebih mudah, anda bisa memilih Bank Swasta yang terpercaya. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan, kebanyakan bank swasta biasanya memberikan bunga yang lebih tinggi. Oleh karena itu pilihlah Bank yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda agar anda tidak akan mengalami kesulitan saat waktu pembayaran pinjaman. Selain itu, jika anda ingin terbebas dari resiko riba dari bank-bank konvensional, anda bisa memilih alternatif lain dengan mengajukan pinjaman ke bank dengan sistem syariah. Demikianlah pemaparan singkat mengenai pengertian pinjaman Bank beserta manfaat yang bisa anda dapatkan. Semoga Bermanfaat.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.