Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Sepatu di Marketplace

 

Meta Deskripsi: omzet dan keuntungan bisnis sepatu milikmu menurun? Yuk simak tips untuk menaikkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu melalui marketplace disini! 

Malvestida Magazine

Saat ini ada banyak sekali platform marketplace yang dapat kamu pilih untuk tempat berjualan online. Masing-masing platform mempunyai pasar dan ciri khasnya tersendiri. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara untuk menaikkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu milik kamu melalui marketplace.

Karena sekarang ini sebagian besar orang lebih memilih berbelanja pada platform marketplace yang menawarkan banyak promo. Selain itu, varian produknya juga sangat beragam

Hal ini membuat para pemilik bisnis tertarik untuk berjualan di platform marketplace. Mulai dari bisnis kecil sampai brand yang sudah besar. Hal ini disebabkan kemudahan dari platform marketplace dalam hal pembuatan toko online dengan modal kuota internet saja.

Tips Meningkatkan Omzet dan Keuntungan Bisnis Sepatu Melalui Marketplace

Berbagai keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan oleh marketplace, membuat jumlah toko online pada platform tersebut juga semakin banyak. Sehingga, kamu membutuhkan tips khusus untuk meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu milik kamu. Mari simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Melengkapi Profil Toko

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melengkapi profil toko sepatu online milik kamu. Mulai dari nama toko, deskripsi toko, link ke media sosial dan website toko online, display picture, jam operasional, dan lain-lain.

Buatlah profil toko sepatu online kamu semenarik mungkin, supaya mudah diingat dan lebih menonjol dari toko sepatu online milik kompetitor. Profil toko online yang lengkap juga akan membuat lapak kamu terlihat aktif dan profesional. Sehingga customer tidak akan ragu untuk melakukan transaksi pembelian sepatu.

2. Tawarkan Beragam Pilihan Jasa Pengiriman

Tips meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu yang kedua adalah dengan menawarkan beragam pilihan jasa pengiriman. Pilihan jasa pengiriman yang beragam akan membuat customer lebih leluasa untuk menentukan waktu penerimaan produk sepatu sesuai kebutuhan mereka.

Selain itu, biasanya ongkos pengiriman juga berbeda-beda antara jasa pengiriman A dengan jasa pengiriman B. Ada yang lebih murah dan ada juga yang lebih mahal. Ketika kamu menyediakan pilihan jasa pengiriman yang bervariasi, customer akan lebih fleksibel saat berbelanja.

3. Memberikan Promo Secara Rutin

Tips selanjutnya untuk meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu adalah dengan rutin memberikan promo kepada pelanggan toko sepatu kamu. Promo dapat berupa cashback, potongan harga, voucher gratis ongkir, dan lain-lain.

Kamu juga dapat membuat beragam program promo yang berbeda. Contohnya promo untuk pembelian pertama, promo untuk paket bundling, potongan harga khusus pembelian selanjutnya, dan lain-lain. Khusus paket bundling, kamu bisa menawarkan paket sepatu dan kaos kaki dengan harga miring daripada harus beli terpisah.

Cara lain yang dapat kamu lakukan seperti berpartisipasi dalam berbagai festival yang diadakan oleh pihak marketplace tempat kamu berjualan. Hal ini bisa berpeluang besar untuk lapak kamu akan dilihat oleh banyak orang.

4. Manfaatkan Fitur-Fitur Marketplace

Tips berikutnya untuk menaikkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu kamu, yaitu dengan memanfaatkan sejumlah fitur yang ada pada platform marketplace. Umumnya setiap platform marketplace mempunyai beberapa fitur tertentu yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan toko.

Pelajari beberapa fitur tersebut, kemudian pilih fitur yang menurut kamu dapat bermanfaat untuk mendukung produk jualan online milik kamu. Contohnya seperti fitur premium seller yang biasanya tersedia di berbagai marketplace.

Di Shopee namanya Star Seller, di Tokopedia namanya Power Merchant, sedangkan di Bukalapak namanya adalah Super Seller. Ketika kamu meng-upgrade toko sepatu online milikmu, biasanya toko kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Misalnya muncul di halaman khusus atau berbagai manfaat lainnya.

Meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu melalui fitur premium seller biasanya ada sejumlah syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Selain itu, umumnya toko premium seller juga akan dikenakan biaya layanan. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah membaca dan memahami terlebih dahulu persyaratannya sebelum meng-upgrade toko sepatu online milikmu di marketplace.

5. Foto dan Deskripsi Produk

Hal lain yang juga harus kamu lengkapi, yaitu foto dan deskripsi produk. Berikan informasi produk secara jelas mulai dari warna, material, spesifikasi, ukuran, stok, dan lain-lain. Gunakan foto produk yang berkualitas dan jelas. Sehingga customer bisa tertarik dengan produk sepatu kamu dan mencari tahu lebih lanjut tentang produk tersebut. 

Informasi produk sangat penting, supaya calon pembeli tidak perlu membuang waktu untuk menanyakan informasi produk kepada kamu. Informasi produk yang lengkap akan lebih mempermudah pengalaman berbelanja customer di toko sepatu online milikmu.

6. Harga Terjangkau

Tips selanjutnya untuk menaikkan angka omzet dan keuntungan bisnis sepatu kamu adalah dengan menawarkan harga sepatu yang terjangkau. Karena sebagian besar orang memilih berbelanja di marketplace salah satu alasannya adalah harga produk yang cenderung terjangkau.

Pada platform marketplace, customer bisa dengan mudah untuk membandingkan harga produk antara satu lapak dengan lapak lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan riset harga pasar terlebih dahulu sebelum menetapkan harga sepatu. Sehingga, harga sepatu kamu dapat bersaing dengan kompetitor sejenis.

7. Promosikan Produk dan Lapak Sepatu Kamu

Mempromosikan produk dan lapak online bisnis sepatu kamu adalah cara selanjutnya untuk meningkatkan omzet dan keuntungan melalui marketplace. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis sepatu kamu. 

Di platform marketplace, kamu dapat memanfaatkan beragam fitur ads yang sudah tersedia. Jika kamu tidak mau mengeluarkan biaya, kamu bisa melakukan promosi melalui feed marketplace secara gratis.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan dan mempromosikan toko online kamu dengan web jualan dan akun media sosial bisnis milikmu. Melalui cara ini, membuat semakin banyak orang mengetahui tentang toko sepatu online milikmu. Sehingga, jangkauan target customer kamu akan menjadi lebih luas.

8. Layani Pelanggan Dengan Baik

Tips terakhir untuk meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu kamu di marketplace, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jawablah pertanyaan dan balas chat customer dengan sopan dan ramah. Usahakan selalu membalas chat customer dengan cepat.

Sebagian platform marketplace mempunyai waktu dan persentase chat dibalas. Semakin tinggi persentase toko online milikmu, maka akan semakin bagus. Tetapi, jika kamu tidak membalas atau membalas chat dalam waktu lama, pasti calon pembeli akan kabur ke lapak kompetitor.

Jika kamu bisa memberikan pelayanan terbaik, pasti review dan rating dari pelanggan juga akan lebih bagus. Sehingga, toko sepatu online kamu semakin banyak diminati oleh calon pembeli.

Tertarik Untuk Meningkatkan Omzet dan keuntungan Bisnis Sepatu Melalui Marketplace?

Setelah menyimak beberapa tips meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu melalui platform marketplace, apakah kamu semakin tertarik untuk melakukannya? Karena di era digital seperti saat ini, platform marketplace sedang sangat populer di kalangan masyarakat.

Hanya dengan klik-klik saja dari rumah, maka produk sepatu kamu sudah sampai di tangan pelanggan. Platform marketplace pastinya akan mampu untuk menaikkan omzet dan keuntungan bisnis sepatu kamu asalkan kamu menerapkan semua tips di atas.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Selma Kirana

Selma Kirana

Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.