Home » Media » Dorong Literasi Keuangan, KoinWorks Kampanyekan Investasi Aman dengan SR017 di Balikpapan

Dorong Literasi Keuangan, KoinWorks Kampanyekan Investasi Aman dengan SR017 di Balikpapan

·
2 menit
Dorong Literasi Keuangan, KoinWorks Kampanyekan Investasi Aman dengan SR017 di Balikpapan

Balikpapan, 2 September 2022 — Sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), KoinWorks sebagai Super Financial App penyedia layanan keuangan, yang juga merupakan salah satu Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Negara (SBN), kembali memasarkan Sukuk Ritel (SR) 017 mulai 19 Agustus hingga 14 September 2022.

Sejalan dengan hal tersebut, KoinWorks mengadakan acara Financial Diary Talk di Balikpapan yang salah satunya bertujuan untuk mensosialisasikan “Investasi Sukuk Ritel (SR) 017 Pilihan Berharga, Kuatkan Bangsa” bersama Kemenkeu RI. Melalui acara ini, KoinWorks dan Kemenkeu RI ingin mengenalkan sekaligus mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi pada SR017. Turut hadir pada acara tersebut adalah M. Iqbal Balative selaku Kepala Seksi Perencanaan Transaksi dan Pengembangan Instrumen SBSN Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu RI.

Sebagai salah satu jenis SBN, hasil investasi SR017 akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia. 

Lebih jauh tentang SR017, M. Iqbal Balative, menyatakan bahwa SR017 merupakan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. “Imbal hasil 5,9 persen per tahun dengan tipe kupon fixed rate yang ditawarkan pada SR017 ini terbilang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata suku bunga deposito bank di Indonesia.” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal juga menjelaskan bahwa investasi SR017 ini cocok untuk semua profil risiko. Investor dengan profil risiko konservatif akan cocok karena SR017 tidak mempunyai risiko yang tinggi, sementara investor dengan profil risiko moderat dan agresif membutuhkan diversifikasi untuk mengurangi risiko investasi.

Selain sebagai wadah edukasi, acara sosialisasi ini juga merupakan wujud komitmen KoinWorks untuk meningkatkan literasi keuangan guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38,03% menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan pada 2019, sementara literasi keuangan syariah hanya mencapai 20,1% menurut laporan Bank Indonesia pada 2021. 

Tentu hal ini harus menjadi perhatian bersama untuk ekonomi Indonesia yang lebih maju, sehingga acara seperti ini menjadi semakin penting. Terlebih lagi, seiring dengan perekonomian global yang semakin membaik, kondisi ekonomi Indonesia juga semakin menguat.

Pemerintah menargetkan inflasi turun sebesar 3,3% dan pertumbuhan ekonomi naik sebesar 5,3% pada tahun 2023. Dengan target tersebut, pemerintah tentunya akan melakukan berbagai inisiatif yang perlu didukung. Ketika literasi keuangan sudah baik, perekonomian akan semakin tangguh dan perputaran uang akan semakin baik sehingga mendukung kemajuan ekonomi.

“Sebagai salah satu midis, kami mengajak existing lender KoinWorks maupun general public untuk hadir dalam acara ini dan berkenalan dengan SR017. Kami harap masyarakat semakin aware tentang investasi SBN, khususnya Sukuk Ritel, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif instrumen investasi menuju financial independence.” ujar Mega Anjasmoro, selaku Wealth Product Marketing Manager KoinWorks.

“Sekarang, masyarakat yang berada di berbagai kota dapat memesan SR017 dengan mudah secara online melalui midis Kemenkeu RI, salah satunya KoinWorks. Cukup download aplikasi KoinWorks di PlayStore maupun AppStore, registrasi di akun personal KoinWorks, kemudian pilih menu KoinBond dan klik ‘Register Now’, masyarakat sudah bisa memesan SR017. Pembayarannya pun bisa melalui Tokopedia dan BukaLapak. Dengan 1 juta rupiah, masyarakat dapat berinvestasi sekaligus berkontribusi untuk negara.” jelas Mega menambahkan.

Sebagai upaya untuk mendukung partisipasi masyarakat dalam berinvestasi, KoinWorks menyediakan promo cashback cash hingga Rp 3 juta dan cashback KOIN sebesar 20% bagi yang membeli SR017 melalui produk KoinBond di aplikasi KoinWorks. 

Selain itu, bekerjasama dengan Tokopedia, untuk setiap pembayaran SR017 melalui platform tersebut, KoinWorks dan Tokopedia menyediakan cashback Gopay KOIN sebesar Rp 10.000. Dengan menghadirkan acara Financial Diary Talk di Balikpapan dan berbagai promo menarik ini, KoinWorks berharap dapat membantu meningkatkan pertumbuhan jumlah investor muda di Balikpapan dan di seluruh Kalimantan Timur.

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​