Home » Media » Bank Mandiri Gandeng KoinWorks dan Amartha untuk Pendanaan UMKM

Bank Mandiri Gandeng KoinWorks dan Amartha untuk Pendanaan UMKM

·
2 menit
Bank Mandiri menggandeng KoinWorks dan Amartha

Bank Mandiri Gandeng KoinWorks dan Amartha untuk Pendanaan UMKM – Bank Mandiri membentuk kerjasama dengan KoinWorks dan Amartha, dua perusahaan peer-to-peer lending, untuk memperkuat pendanaan dan ekspansi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan online seller.

Melalui kerjasama ini, harapannya terbangun sinergi antara lembaga perbankan konvensional dan fintech untuk memberi akses modal bagi mereka.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Amartha dan KoinWorks untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha yang masih belum bisa dijangkau atau unbanked karena struktur usaha dan arus kas yang masih belum memenuhi syarat bank konvensional,” ujar Pejabat Eksekutif Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh SVP Micro Banking Bank Mandiri Wawan Setiawan dan SVP SME Banking Bank Mandiri Anton Herdianto serta Vice President of Product Amartha Aria Widyanto dan CEO KoinWorks Benedicto Haryono di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 27 Agustus 2018, kemarin.

Dalam kerjasama ini, nantinya KoinWorks dan Amartha akan mereferensikan mitra UMKM mana yang sesuai dengan kriteria kepada bank plat merah ini. Setelahnya, Bank Mandiri akan menentukan UMKM mana yang akan memperoleh fasilitas kredit.

Dengan bantuan tersebut, harapannya Bank Mandiri dapat meminimalisir risiko terjadinya non-performing loan di kemudian hari.

Baca Juga:  Bersama Sleekr dan Moka, KoinWorks Meluncurkan Komunitas Bertajuk ‘Pahlawan UKM’

Lebih lanjut, Bank Mandiri juga ingin memastikan agar bisa menjangkau pasar lebih luas, sehingga bisa membuka akses UMKM terhadap ketersediaan modal.

CEO sekaligus Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono, menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengatakan kolaborasi ini akan membuat perusahaan fintech seperti KoinWorks memiliki kapasitas modal yang lebih sehingga bisa menguntungkan masyarakat.

“Bank Mandiri diharapkan dapat menjadi institusional investor yang dapat memperluas pemberian modal kerja bagi UMKM yang berjualan secara online yang semakin menjadi primadona dalam perkembangan ekonomi di Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Ben ini.

Hal yang sama dituturkan oleh Direktur Amartha, Aria Widyanto. Ia mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri, yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia.

Syamsul Bahri
Content Writer of KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​