Home » Media » Merah Putih Fund Diluncurkan, KoinWorks Melihat Pertumbuhan Eksponensial Startup Indonesia

Merah Putih Fund Diluncurkan, KoinWorks Melihat Pertumbuhan Eksponensial Startup Indonesia

·
2 menit
KoinWorks Press Release

Jakarta, 10 Januari 2022 – Startup fintech Indonesia, Koinworks mengapresiasi peluncuran Merah Putih Fund, program pendanaan senilai Rp 4,3 triliun yang diprakarsai oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan didukung oleh 5 Badan Usaha Milik Negara besar antara lain Telkom Group, Bank Mandiri, dan Bank BRI.

Merah Putih Fund bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan mengakselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn. Menurut perusahaan riset Tracxn, sekitar 20 startup Indonesia diperkirakan akan menjadi unicorn.

KoinWorks sebagai startup fintech untuk UKM telah menerima serangkaian pendanaan dari investor asing dan domestik. Berawal dari seed round funding pada tahun 2016, KoinWorks berhasil menjangkau ribuan peminjam dari kerjasama dengan merchant e-commerce. Investasi selanjutnya secara perlahan membantu mencatatkan KoinWorks sebagai pemimpin pemain P2P lending di pasar UKM Indonesia dan sekarang menjadi UKM digital. Beberapa perusahaan investasi domestik telah berkontribusi pada pertumbuhan KoinWorks, antara lain Mandiri Capital, Gunung Sewu, dan Convergence Capital.

Setelah menutup pendanaan seri B pada tahun 2019, KoinWorks memperkuat pengembangan sistemnya untuk menyediakan layanan keuangan dalam satu platform, menjadi pelopor aplikasi keuangan super di Indonesia (super financial apps) yang lebih dari sekadar platform pinjaman peer-to-peer (P2P).

Saat ini, pengguna KoinWorks telah mencapai lebih dari 1 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan penggunanya terus bertambah karena inovasi dan layanannya. Pencapaian KoinWorks ini menunjukkan bahwa dukungan dan pendanaan menjadi kunci kemajuan ekosistem startup lokal.

Selama masa pandemi covid, banyak bisnis yang mengharuskan peralihan ke digital seluruhnya, yang juga memerlukan akses ke keuangan digital melalui teknologi finansial atau tekfin. Melihat kondisi tersebut, KoinWorks melihat Merah Putih Fund lahir di waktu yang tepat untuk memberikan dampak positif bagi perkembangan fintech lokal.

Dukungan dana ini akan memungkinkan para pemain fintech untuk menciptakan inovasi keuangan digital yang akan mendukung proyeksi Kementerian Perdagangan Indonesia bahwa sektor keuangan digital akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030.

Jonathan Bryan, Chief Marketing Officer KoinWorks, menyambut baik inisiatif ini. “Merah Putih Fund akan membantu startup lokal untuk meningkatkan skala perusahaannya, yang tentunya dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar internasional. Dukungan Pemerintah juga akan memacu para pelaku startup fintech untuk berinovasi seiring semakin banyaknya bisnis yang beralih ke digital,” kata Jonathan.

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​