Anton Rifco: Makin Dekat Gapai Mimpi karena Konsisten Investasi

·
2 menit
Anton Rifco: Makin Dekat Gapai Mimpi karena Konsisten Investasi

Tak seperti sebagian anak muda yang merasa perlu menghabiskan banyak uang untuk memiliki gaya hidup bergengsi, Anton Rifco memiliki pandangan hidup yang berbeda.

Menurut Anton, ada hal yang jauh lebih penting daripada gaya hidup bergengsi yang sifatnya sementara, yaitu masa depan yang stabil, yang bisa dicapai apabila kita memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Oleh karena itu, Anton selalu membiasakan dirinya untuk menghabiskan uang secukupnya dan sebisa mungkin mengadaptasi konsep frugal living atau hidup hemat.

Meski belum sepenuhnya menganut gaya hidup tersebut dan sesekali masih mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan, Anton merasa hal itu telah membantunya menemukan pedoman hidup yang baik.

“Misalnya, ketika kita mau beli barang bermerek yang harganya mahal, sebenarnya selalu ada kok barang-barang alternatif yang kualitasnya bagus tapi harganya tidak se-mahal itu. Yang bikin beda, ya, gengsinya, bukan utility-nya,” kata Anton kepada KoinWorks.

“Bukan berarti kita jadi hidup susah. Melainkan hidup secukupnya, tapi tetap bisa menikmatinya.”


Sadar akan Pentingnya Investasi dan Diversifikasi

Sebagai anak muda yang telah lama bekerja di industri yang bergerak di bidang teknologi, Anton sering terpapar informasi mengenai teknologi finansial (fintech).

Pada saat itulah ia mulai mempelajari mengenai pentingnya investasi, yang juga bisa membantunya mewujudkan tujuan keuangan jangka panjangnya.

“Saya sudah mulai investasi sejak awal  bekerja 10 tahun lalu. Jumlah awalnya masih sedikit. Saat itu saya berpikir, daripada ditaruh di bank aja, lama-lama tergerus inflasi, lebih baik investasi. Sekarang, saya sudah merasakan manfaatnya,” ujar Anton yang kini tengah fokus menjalankan sebuah startup digital marketing yang didirikannya pada 2021 lalu.

Kita hidup pasti punya rencana. Ketika kita punya banyak tabungan dan investasi, kita jadi punya lebih banyak opsi dalam hidup dan mau menjalankan rencana yang mana,” tambahnya.


Rasakan Manfaat P2P Lending KoinWorks untuk Diversifikasi dan Pengembangan Aset

Semula, Anton cenderung menggemari instrumen investasi berisiko tinggi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, seperti  saham dan reksadana saham.

Namun, saat pandemi COVID-19 melanda, harga-harga saham menurun drastis dan mengakibatkan investasi Anton mengalami keterpurukan.

Anton akhirnya memutar otak untuk tetap menjaga kestabilan keuangan dan investasi.

Ia mulai mempelajari pentingnya diversifikasi investasi, atau berinvestasi di lebih dari satu instrumen untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Anton pun menyadari bahwa ia harus memperbaiki strategi investasinya selama ini.

Akhirnya, ia memutuskan untuk mulai mendiversifikasikan asetnya ke dalam beberapa instrumen, seperti reksadana, deposito, emas, cryptocurrency, hingga P2P Lending KoinWorks.

Konsep (investasi) yang paling aman itu sebenarnya deposito. Tapi, return-nya sangat rendah. Akhirnya saya berusaha mencari dan mempelajari investasi apa yang aman tapi return-nya besar. Di situlah saya menemukan KoinWorks yang selama pandemi pun ternyata tetap konsisten memberikan keuntungan bagi para investornya.”

”Selama hampir tiga tahun saya jadi pengguna KoinWorks, return-nya tinggi dan investasinya aman. Saya sempat coba P2P Lending lain, tapi sejauh ini yang paling menguntungkan itu KoinWorks,” tambah Anton.


Thank you for sharing, Anton!

Semoga selalu semangat buat investasi dan ngejar cuan, ya!

Selma Kirana
Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​