Home » Bantuan » pengguna lama user umum? » Apa saja perubahan Syarat Penggunaan KoinP2P?

Apa saja perubahan Syarat Penggunaan KoinP2P?

Apa yang berubah dari Syarat Penggunaan KoinP2P pada KoinWorks?

Perubahan terjadi pada point ke-4 mengenai Syarat dan Ketentuan Dana Provisi.

Kapan kebijakan baru tersebut diberlakukan?

Kebijakan tersebut mulai berlaku per 1 Agustus 2022

Apa perbedaan kebijakan baru dan kebijakan lama?

Ada beberapa point yang berubah. 

  • Status gagal bayar pinjaman. Pada kebijakan lama, peminjam yang tidak melakukan pembayaran selama 90 hari berturut-turut akan dinyatakan Gagal Bayar atau pinjaman tersebut dianggap Non Performing Loan (NPL). Sementara pada kebijakan baru, peminjam yang dinyatakan Gagal Bayar atau NPL adalah yang tidak melakukan pembayaran selama 180 hari berturut-turut.
  • Upaya penagihan KoinWorks terhadap peminjam. Untuk mendapatkan kembali pembayaran dari peminjam, pada kebijakan sebelumnya, KoinWorks hanya menerapkan Collection Effort atau upaya penagihan kepada peminjam. Namun pada kebijakan baru ini, KoinWorks tidak hanya melakukan Collection Effort, tetapi juga Recovery Effort, yang merupakan upaya KoinWorks mendapatkan pengembalian pinjaman melalui beberapa cara sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dengan 2 upaya ini, KoinWorks berusaha semaksimal mungkin agar dana yang dipinjam oleh peminjam dapat dikembalikan sesuai dengan Perjanjian Kredit.
  • Pencairan Dana Provisi. Pada peraturan lama, setelah 90 hari berturut-turut peminjam tidak melakukan pembayaran, maka pendana akan menerima pencairan Dana Provisi. Pada kebijakan baru, setelah 180 hari berturut-turut peminjam tidak melakukan pembayaran, maka KoinWorks akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi Pendana sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Apa tujuan KoinWorks melakukan Collection Effort dan Recovery Effort?

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kolektibilitas pinjaman di KoinWorks, supaya peminjam lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya, dan supaya KoinWorks terus bisa memberikan produk yang berkualitas kepada pendana.

Apa pengaruh hal ini terhadap pendana?

Jika produk pinjaman yang kamu danai mengalami macet, maka proses ini akan berpengaruh terhadap repayment yang akan kamu terima. Ada beberapa tipe dampak yang akan kamu rasakan saat produk pinjaman yang kamu danai macet.

  • Jika peminjam terlambat melakukan pembayaran, maka pendana tetap akan mendapatkan late-fee,
  • Jika peminjam mengalami restrukturisasi pinjaman, maka pendana akan menerima partial payment, dan periode maksimal untuk restrukturisasi pinjaman adalah 24 (dua puluh empat) bulan,
  • Jika peminjam dinyatakan Gagal Bayar atau NPL, maka KoinWorks akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi Pendana sesuai dengan persyaratan yang berlaku

Kapan pendana akan mendapatkan informasi bahwa produk pinjamannya mengalami gagal bayar?

Pada aplikasi KoinWorks, kamu dapat melihat pergerakan status produk KoinP2P yang kamu danai. Jika terjadi Gagal Bayar, KoinWorks akan mengirimkan informasi peminjam yang dinyatakan Gagal Bayar setiap bulan di tanggal 25.

Kapan pendana akan menerima Dana Provisi?

Apabila pinjaman dinyatakan Gagal Bayar pada periode tanggal 1-20 bulan berjalan, maka pendana akan mendapat pencairan provision fund pada tanggal 25 di bulan yang sama. Namun jika pinjaman dikatakan Gagal bayar pada periode 21-31 bulan berjalan, maka pendana akan mendapatkan pencairan provision fund pada tanggal 25 di bulan berikutnya.

Apakah kebijakan ini berlaku untuk produk KoinRobo juga?

Betul. Meski demikian, hingga 31 Juli 2022, KoinRobo belum memiliki produk pinjaman yang mengalami Gagal Bayar.

Apakah itu berarti KoinRobo lebih aman dibanding KoinP2P?

Setiap produk investasi maupun produk pendanaan tentu tetap memiliki risikonya masing-masing.

Dimana saya bisa membaca lebih lengkap mengenai informasi perubahan Syarat Penggunaan maupun kebijakan baru tentang Dana Provisi?

Silahkan pelajari di sini.

Jika ada pertanyaan lanjutan, siapa yang bisa saya hubungi?

Silahkan hubungi KoinCare melalui line berikut:

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​