[TUTORIAL] Cara Mengetahui Pinjaman NPL dan Kapan Dana Proteksi Dicairkan

Cara Mengetahui Pinjaman NPL dan Kapan Dana Proteksi Dicairkan – Apakah kamu masih sering merasa kebingungan terkait bagaimana cara untuk mengidentifikasi pinjaman yang terkena NPL?

Serta bagaimana cara untuk mengetahui kapan dana proteksimu akan dicairkan?

Supaya tidak bingung lagi, kamu bisa ikuti panduan berikut ini:


Cara Mengetahui Pinjaman NPL

  • Masuk ke akun KoinWorks kamu
  • Akses halaman “Portofolio” KoinP2P
  • Dari halaman ini kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi pinjaman kamu yang NPL atau gagal bayar. Pinjaman kamu akan dinyatakan sebagai NPL ketika Peminjam gagal melunasi pinjamannya selama 90 hari berturut-turut. Kamu dapat melihat badge “NPL” dan progress bar berwarna merah, menunjukkan bulan pertama terkena NPL dan bulan yang tersisa.

  • Kamu juga dapat mengakses informasi secara rinci mengenai jadwal pembayaran yang terkena dampak NPL dengan mengklik “View Schedule”.

  • Untuk mengetahui alasan mengapa pinjaman kamu dinyatakan NPL, kamu dapat mengklik bulan yang terkena dampak gagal bayar dan kamu akan diarahkan langsung ke halaman “Summary”. Dari halaman ini kamu dapat mengklik badge “NPL” untuk mengetahui alasan mengapa pinjaman dinyatakan gagal bayar.


  • Saat pinjaman kamu dinyatakan NPL, kamu akan segera mendapatkan Dana Proteksi dari KoinWorks. Kamu dapat mengetahui bahwa Dana Proteksi kamu dicairkan ketika badge NPL berubah  menjadi badge Dana Proteksi di halaman “Portofolio” KoinP2P.


Kapan Dana Proteksi Dicairkan?

  • Kamu dapat klik pinjaman untuk mendapatkan informasi rinci tentang berapa banyak Dana Proteksi yang kamu dapatkan dan juga dari bulan apa Dana Proteksi tersebut dicakup.


Ada kemungkinan dimana danamu sudah dibayarkan sebagian oleh KoinWorks di bulan kamu terkena NPL.

Bila kamu termasuk dalam kondisi tersebut maka kamu dapat melihat rincian pembayaran yang kamu terima untuk pembayaran sebagian (partial payment) dan pembayaran dana proteksi seperti gambar di bawah berikut:

Additional NPL

Gimana?

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi, kan?

Yuk, cek status pinjamanmu sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Panduan KoinP2P lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.