7 Cara Menghitung Bunga Pegadaian Emas yang Mudah

Cara menghitung bunga Pegadaian emas merupakan salah satu topik yang saat ini banyak dicari oleh masyarakat.

Pasalnya, ternyata masih cukup banyak orang yang belum paham terkait cara penghitungan bunga di Pegadaian emas.

Dalam menggadaikan emas, tentu sangat penting untuk mengetahui besaran dari bunga yang ditetapkan.

Jangan sampai asal gadai dan membuat kamu rugi pada akhirnya karena tidak mengetahui besaran bunga dari Pegadaian emas tersebut.

Untuk itu, agar tidak keliru mari simak informasi berikut ini.

Pegadaian adalah salah satu lembaga keuangan yang menawarkan layanan gadai emas. Layanan ini cukup populer di Indonesia karena banyak masyarakat yang memiliki perhiasan emas sebagai investasi atau aset.

Dalam layanan gadai emas Pegadaian, terdapat bunga yang harus dibayarkan oleh nasabah. 

Cara menghitung bunga pada gadai emas cukup sederhana.

Pegadaian akan memberikan uang tunai dengan jumlah tertentu berdasarkan berat dan nilai emas yang diberikan.

Kemudian kamu akan diminta untuk membayar bunga setiap bulannya. 

Bunga gadai emas dihitung berdasarkan suku bunga flat, yang berarti bunga yang dikenakan pada pokok pinjaman tetap selama jangka waktu pinjaman.

Berikut adalah cara menghitung bunga saat menggadaikan emas di Pegadaian:

Tentukan Jangka Waktu Gadai Emas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jangka waktu gadai emas yang diinginkan. Jangka waktu gadai emas yang tersedia di Pegadaian bervariasi, mulai dari 15 hingga 120 hari. Semakin lama jangka waktu gadai emas, semakin tinggi persentase bunga yang harus dibayarkan.

Pilihan jangka waktu ini biasanya bisa kamu lihat pada brosur yang diberikan oleh pihak Pegadaian. Selain itu, bisa juga mengeceknya langsung di situs resmi Pegadaian yang dituju.

  • Tentukan Jenis Produk Gadai Emas

Setelah menentukan jangka waktu gadai emas, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis produk gadai emas yang diinginkan. Pegadaian menawarkan beberapa jenis produk gadai emas, termasuk emas batangan, perhiasan emas, dan lain sebagainya. Persentase bunga yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung pada jenis produk yang dipilih.

Selain itu, masing-masing produk gadai emas ini pun biasanya memiliki besaran bunga dan jangka waktu yang berbeda. Oleh karena itu, simak baik-baik setiap jenis produk yang ditampilkan agar tidak salah pilih. 

  • Tentukan Berat Emas 

Langkah selanjutnya dalam menghitung bunga Pegadaian emas adalah menentukan berat emas yang akan digadaikan. Nasabah harus mengetahui berat emas dalam satuan gram. Pegadaian akan menimbang emas yang akan digadaikan dan menetapkan nilai jaminan sesuai dengan berat tersebut.

Umumnya, berat emas yang akan digadaikan tentu bisa mempengaruhi nilai uang yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu berapa emas yang ingin digadaikan dan perkirakan akan mencapai nominal yang diinginkan atau tidak.

  • Cek Suku Bunga

Setiap cabang Pegadaian memiliki suku bunga yang berbeda. Oleh karena itu, nasabah harus mengecek suku bunga yang berlaku di cabang Pegadaian tempat emas akan digadaikan. Suku bunga yang berlaku dapat dilihat di situs resmi Pegadaian atau langsung bertanya ke petugas di cabang.

Bila perlu, kamu bisa melakukan pengecekan ke beberapa instansi Pegadaian agar bisa mengetahui lembaga mana yang memiliki suku bunga paling cocok denganmu.

  • Tentukan Persentase Bunga

Setelah menentukan jangka waktu, jenis produk gadai emas, dan mengecek suku bunga, langkah selanjutnya adalah menentukan persentase bunga yang harus dibayarkan. Persentase bunga ini dapat dilihat pada tabel yang disediakan oleh Pegadaian untuk setiap jenis produk dan jangka waktu gadai emas. 

Pemilihan persentase bunga ini bisa dipertimbangkan dengan jangka waktu dan besaran nominal yang akan didapat. Pastikan memilih produk dengan persentased bunga yang tepat agar kamu tidak kewalahan nantinya.

  • Hitung Bunga

Setelah menentukan persentase bunga, langkah terakhir adalah menghitung besarnya bunga yang harus dibayarkan. Besarnya bunga dapat dihitung dengan cara mengalikan nilai gadai emas dengan persentase bunga dari jangka waktu gadai emas yang ditentukan.

Perlu diketahui bahwa biasanya Pegadaian memiliki besaran bunga tersendiri pada masing-masing produk gadai emasnya dengan pilihan tenor yang berbeda pula. Oleh karena itu, sebelum menghitung bunganya, sangat penting untuk melihat terlebih dahulu brosur produk Pegadaian tersebut. 

Misalnya, jika kamu menggadaikan emas batangan dan mendapat nilai Rp10.000.000 dengan persentase bunga 1% selama 90 hari, maka besarnya bunga yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

Bunga = Nilai gadai emas x Persentase bunga

Bunga = Rp10.000.000 x 1%

Bunga = Rp100.000

Dalam contoh di atas, dapat diketahui bahwa besarnya bunga yang harus dibayarkan adalah Rp100.000. Namun, nilai di atas hanyalah sebagai contoh perhitungan saja. Kamu bisa menyesuaikan angka-angkanya dengan produk dari Pegadaian yang dituju.

  • Bayar Bunga

Setelah menghitung besarnya bunga, nasabah harus membayar bunga tersebut untuk mendapatkan kembali barang jaminan. Nasabah dapat membayar bunga dalam bentuk uang atau emas. Jika membayar dalam bentuk uang, nasabah harus menghitung nilai rupiah yang sesuai dengan besarnya bunga dalam gram emas.

Demikian informasi lengkap mengenai cara menghitung bunga Pegadaian emas yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk memilih produk Pegadaian yang paling sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.