10 Program Beasiswa dari Perusahaan Swasta yang Wajib Kamu Tahu

beasiswa dari perusahaan swasta

Setiap orang tentu memiliki cita-cita. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang terpaksa mengubur cita-cita karena biaya, salah satunya cita-cita untuk melanjutkan studi. Tapi tenang, mendaftar program beasiswa dari perusahaan swasta bisa jadi solusinya, lho. 

Yap. Tidak hanya pemerintah saja yang memberikan beasiswa, saat ini banyak perusahaan swasta yang memberikan program beasiswa untuk para calon mahasiswa

Setiap perusahaan tentunya memiliki syarat pendaftaran serta memberikan keuntungan yang berbeda-beda. 

Misalnya, perusahaan A memberikan program beasiswa full dari awal semester hingga lulus. Sementara perusahaan B hanya memberikan beasiswa selama 1 tahun.

Perusahaan mana saja yang menawarkan program beasiswa? Dan apa saja keuntungan yang diberikan?

Simak ulasan lengkapnya, yuk!


10 Program Beasiswa dari Perusahaan Swasta

1. Bank Central Asia (BCA)

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA seolah tidak mau ketinggalan untuk berkontribusi aktif mendukung pendidikan Indonesia.

Sejak tahun 1996, Bank BCA telah berkomitmen untuk mendukung pendidikan Indonesia melalui dua program beasiswa bagi lulusan SMA/sederajat yang ditawarkan, yaitu Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). 

Menariknya, kegiatan pendidikan dari dua program tersebut diselenggarakan langsung oleh BCA, lho. 

Tak hanya itu, beasiswa ini juga memberikan manfaat berupa pembebasan biaya kuliah, uang saku bulanan, buku pelajaran dan laptop, asrama, shuttle bus, makan siang, hingga kesempatan magang dan bekerja di BCA, lho. 

Tertarik untuk bergabung? Cari tahu info selengkapnya di laman Beasiswa BCA.


2. BCA Finance Peduli

BCA Finance merupakan perusahaan leasing di Indonesia sekaligus anak perusahaan BCA.

Berbeda dengan beasiswa di atas, program beasiswa dari perusahaan swasta yang satu ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang telah memasuki semester empat dan berkuliah di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp3,5 juta per semester hingga semester 8. 

Cukup memiliki IPK minimal 3.20 untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri dan minimal 3.40 untuk perguruan tinggi swasta, kamu sudah bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari penerima beasiswa BCA Finance Peduli, lho. 

Informasi lengkap terkait beasiswa ini bisa kamu cari tahu dengan mengunjungi laman resmi BCA Finance Peduli, ya.


3. Sampoerna

Beasiswa dari perusahaan yang kedua datang dari Sampoerna atau lengkapnya PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk yang merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. 

Melalui Sampoerna Foundation, Sampoerna membuka dua program beasiswa bagi lulusan SMA/sederajat untuk berkuliah di Sampoerna University, yaitu:

  • SPARK Presidential Scholarship (SPS), yaitu program beasiswa yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang berprestasi dan jiwa kepemimpinan. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembiayaan kuliah selama 4 tahun kuliah. Namun, program ini hanya terbuka bagi calon mahasiswa yang mendaftar Program Dua Gelar (Two Degree Program).
  • Sampoerna University Merit Award (SUMA), yaitu program beasiswa dari perusahaan swasta yang hanya memberikan pembiayaan kuliah penuh di dua tahun pertama kuliah saja. Untuk mendaftar beasiswa ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus mempertahankan IPK 2,75. Meski hanya men-cover dua tahun pertama saja, di tahun ketiga dan keempat mahasiswa bisa mengajukan kembali beasiswa Dean’s List Scholarship, kok. Untuk mendapat pembiayaan 25% kamu harus memiliki rata-rata IPK 3,00. Sementara untuk mendapatkan pembiayaan 50% kamu harus memiliki rata-rata IPK 3,50. 

Informasi selengkapnya bisa kamu cari tahu di laman resmi Beasiswa Sampoerna.


4. CIMB Niaga

Berbeda dari dua beasiswa dari perusahaan swasta sebelumnya, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif yang sedang menjalani studi di semester 5. 

CIMB Niaga sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia telah berkomitmen mendukung pendidikan Indonesia sejak tahun 2006 melalui beasiswa yang bertajuk Kejar Mimpi.

Terdapat beberapa keuntungan yang akan diberikan kepada penerima beasiswa, mulai dari biaya pendidikan, fasilitas penunjang, pelatihan pengembangan diri, hingga mentoring dan coaching. 

Selain itu, lulusan dari beasiswa ini juga akan diprioritaskan untuk seleksi rekrutmen karyawan CIMB Niaga, lho. 

Cocok banget bagi kamu yang ingin berkarier di dunia perbankan. 

Kunjungi laman resminya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Kejar Mimpi dari CIMB Niaga, ya. 


5. PT Cloud Hosting Indonesia

PT Cloud Hosting Indonesia adalah perusahaan web hosting provider di Indonesia. 

Untuk mewujudkan cita-cita pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi namun terkendala biaya, IDCloudhost juga menyediakan program beasiswa. 

Program beasiswa dari perusahaan swasta yang satu ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Telkom University. 

Setelah diterima program ini, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti tunjangan pendidikan gratis hingga lulus kuliah, hingga fasilitas asrama gratis selama satu tahun. 

Tertarik? Cari tahu info selengkapnya di laman Beasiswa IDCloudhost.


6.  Royal Golden Eagle

Royal Golden Eagle merupakan grup perusahaan manufaktur yang menaungi Tanoto Foundation. 

Melalui program beasiswa yang bertajuk beasiswa TELADAN, yayasan ini memberikan beasiswa bagi mahasiswa aktif yang sedang menjalani semester pertama dan berprestasi. 

Secara keseluruhan, ketika kamu sudah berstatus sebagai penerima beasiswa maka Tanoto Foundation akan menanggung biaya kuliah selama 3,5 tahun hingga semester 8 yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi mitra yayasan. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tunjangan bulanan, lho. 

Untuk mengetahui daftar perguruan tinggi yang telah bermitra dengan Tanoto Foundation serta syarat pendaftarannya, segera kunjungi laman resmi Beasiswa Teladan by Tanoto Foundation, ya.


7. Lazada

Siapa, sih, yang tak familiar dengan e-commerce yang satu ini? 

Sejak tahun 2021, Lazada memiliki program beasiswa yang diberi nama program Lazada Forward Scholarship yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif minimal semester 4 khususnya yang memiliki minat karier di industri e-commerce. 

Berbeda dari beasiswa yang telah disebutkan di atas, Lazada memberikan beasiswa kepada penerimanya berupa uang tunai sebesar Rp35 juta, Sobat KoinWorks. 

Selain itu, penerima beasiswa juga berkesempatan untuk magang di Lazada, mendapatkan berbagai pembinaan strategis, dan networking, lho. 

Hingga kini, belum ada informasi resmi mengenai pembukaan pendaftaran program beasiswa untuk tahun 2023. 

Supaya kamu tidak ketinggalan informasi, jangan lupa pantengin laman Lazada Forward Scholarship, ya!


8. Djarum

Selain Sampoerna, perusahaan rokok terkemuka, Djarum juga memberikan program beasiswa, lho. 

Beasiswa yang dikenal dengan nama Djarum Beasiswa Plus ini telah bermitra dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. 

Untuk menjadi bagian dari penerima beasiswa ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti:

  • Mahasiswa dari disiplin ilmu apa saya yang sedang menempuh pendidikan S1/D4 di semester IV.
  • IPK minimum 3.20 pada semester III (harus mampu mempertahankannya hingga akhir semester IV).
  • Aktif berorganisasi baik di dalam maupun luar kampus.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. 
  • Kuliah di mitra Perguruan Tinggi Program Djarum Beasiswa Plus

Mahasiswa yang lolos seleksi Program Djarum Beasiswa Plus akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp1 juta per bulan selama satu tahun serta pembekalan soft skills. 

Informasi selengkapnya bisa kamu cari tahu di laman resmi Program Djarum Beasiswa Plus, ya.


9. Astra

Program beasiswa dari perusahaan swasta yang selanjutnya datang dari PT Astra Internasional Tbk. 

Secara umum, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 2 jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, ataupun Statistika di perguruan tinggi Pulau Jawa. 

Penerima beasiswa berhak mendapatkan hingga Rp5 juta per semester sampai satu tahun program, berpartisipasi dalam program pendampingan komprehensif untuk meningkatkan kompetensi teknis dan non-teknis, magang di Astra Group, kesempatan mengerjakan proyek anak perusahaan Astra Group, serta kesempatan untuk memperoleh dana proyek Astra Group.


10. Karya Salemba Empat

Terakhir, program beasiswa dari perusahaan swasta yang wajib kamu tahu adalah beasiswa Karya Salemba Empat (KSE).

Melansir dari laman resmi KSE, di tahun 2022-2023 beasiswa ini telah bermitra dengan 35 donatur untuk memberikan tunjangan pendidikan, lho. 

Mulai dari Give2Asia, Paragon Corp, Bank BTN, Panin Bank, Kitabisa.com, Cimory, dan masih banyak lagi. 

Secara umum, beasiswa KSE merupakan beasiswa berupa tunjangan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa S1 minimal semester 2 yang tersebar di 29 PTN yang menjadi mitra KSE. 

Secara rinci, beasiswa yang diberikan berupa tunjangan biaya hidup sebesar Rp750 ribu per bulan, serta pelatihan soft skills kepada penerima beasiswa. 

Tertarik dengan beasiswa yang satu ini? Cari tahu informasi selengkapnya di laman resmi KSE.


Gimana, Sobat KoinWorks? Tertarik untuk mendaftar beasiswa dari perusahaan swasta yang mana, nih?

Bagi kamu si tipe mahasiswa sambil menyelam minum air alias menikmati masa kuliah sambil berbisnis mengajukan pinjaman modal usaha di KoinBisnis bisa jadi solusi kamu, lho. 

Soal bunga kamu tak perlu khawatir karena bunga cicilan di KoinBisnis mulai dari 0,75%-1,67% aja per bulan. 

Yuk, gabung KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.