Ini Perbedaan BI FAST & Real Time Online, Penting!

ketahui perbedaan bi fast dan realtime

Apa sih sebenarnya perbedaan antara layanan transfer BI FAST dan Real Time Online?

Bagi kamu yang yang aktif menggunakan transaksi secara online dan sering melakukan transfer antar bank, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “BI FAST” dan “Real Time Online”.

Kedua opsi ini biasa kamu temukan ketika akan melakukan transfer uang antar bank, terutama jika kamu menggunakan aplikasi internet banking atau mobile banking dari smartphone.

Lalu, apa saja perbedaan di antara kedua layanan transfer tersebut, dan apa keuntungan serta manfaatnya bagi kamu?

Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


Apa itu BI FAST?

Berdasarkan informasi dari Bank Indonesia, BI FAST adalah sebuah infrastruktur sistem pembayaran nasional yang dapat mengakomodir pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan siap selama 24 jam.

Sistem atau layanan transfer yang merupakan singkatan dari istilah “Bank Indonesia Fast Payment” ini merupakan sebuah pembaruan atau update dari layanan transfer yang sudah ada sebelumnya.

BI FAST resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia sejak Desember 2021, dan memang didesain sebagai sistem pembayaran yang lebih lengkap, lebih aman, serta lebih efisien (karena mampu menggunakan proxy address sebagai alternatif nomor rekening).


Keuntungan Menggunakan Layanan BI FAST

Nah, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat kamu melakukan transfer uang menggunakan layanan BI FAST.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Real-time

Sistem BI FAST yang didesain sebagai layanan transfer terbaru memiliki fitur real-time yang sama dengan Real Time Online, alias uang yang kamu transfer akan masuk ke rekening penerima saat itu juga, tanpa ada penundaan.

  • Lebih lengkap

Serupa dengan layanan Real Time Online, layanan BI FAST bisa kamu akses melalui internet banking dan mobile banking.

Ke depannya, Bank Indonesia pun merencanakan untuk mengembangkan sistem ini agar dapat digunakan melalui QRIS, ATM, dan EDC.

  • Lebih aman 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, layanan BI FAST dilengkapi dengan sistem keamanan yang bisa mendeteksi potensi terjadinya penipuan, sekaligus mengurangi potensi terjadinya tindakan-tindakan melanggar hukum lainnya.

Di samping itu, dengan aktif menggunakan layanan transfer ini, tentu saja kamu juga mengurangi potensi beredarnya uang tunai palsu di masyarakat.

  • Lebih efisien 

Dengan layanan BI FAST, kamu bisa lebih mudah mengingat tujuan transfer karena sistem ini memiliki fitur alternatif proxy address, di mana kamu bisa mengirim uang dengan hanya menggunakan nomor handphone atau alamat email penerima saja.

  • Biaya lebih murah 

Dibandingkan dengan layanan Real Time Online yang menerapkan biaya transfer Rp6.500,00, layanan BI FAST hanya mengenakan biaya sebesar Rp2.500,00 per transaksi kepada pengirim uang.

Layanan Transfer Real Time Online

Sementara itu, layanan transfer Real Time Online adalah layanan transfer uang secara online, yang bisa kamu lakukan kapan saja dan secara langsung, tanpa harus datang ke bank.

Sebelum layanan BI FAST hadir, layanan Real Time Online-lah yang biasa kamu gunakan.

Layanan ini sudah tersedia sejak bank konvensional menyediakan layanan mereka secara online, baik menggunakan perangkat laptop/desktop maupun melalui smartphone.

Fitur yang tersedia dari layanan Real Time Online ini tidak hanya untuk mengirim/menerima uang saja, namun bisa juga kamu gunakan untuk memantau riwayat transaksi, melihat jumlah saldo, serta mengunduh bukti transaksi.

Pada intinya, layanan Real Time Online memungkinkan kamu untuk mendapatkan beberapa layanan bank konvensional tanpa harus datang langsung ke bank. 


Perbedaan BI FAST vs Real Time Online

perbedaan bi fast dan real time online

Walaupun sama-sama bisa kamu gunakan dalam 24 jam sehari dalam seminggu, ada beberapa perbedaan mendasar mengenai kedua layanan ini.

  • Nominal transaksi

Melalui layanan BI FAST, kamu bisa mengirim uang mulai dari Rp1,00 hingga maksimal Rp250.000.000,00 per harinya.

Sementara itu, layanan Real Time Online memungkinkan kamu untuk melakukan transfer mulai dari Rp10.000,00 hingga maksimal Rp25.000.000,00 dalam satu hari.

  • Biaya transaksi

BI FAST menerapkan biaya layanan sebesar Rp2.500,00 per transaksi, sedangkan Real Time Online memiliki biaya layanan sebesar Rp6.500,00 per transaksi.

  • Fitur proxy address

Layanan BI FAST yang efisien ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan transfer menggunakan tujuan alternatif selain nomor rekening.

Contohnya seperti menggunakan nomor handphone atau alamat email. Fitur ini tidak bisa kamu temukan pada layanan Real Time Online.

  • Fitur fraud detection & anti money laundering/counter-terrorism financing

Layanan BI FAST memiliki sistem keamanan yang lebih mumpuni dari Real Time Online, terutama untuk mendeteksi potensi terjadinya tindakan yang melanggar hukum seperti penipuan, pencucian uang, serta kegiatan pendanaan untuk aksi terorisme.


Tabel Perbedaan BI Fast dan Real Time Online

Fitur BI Fast Real time online
Waktu penyelesaian transaksi 2 detik Maksimal 10 detik
Biaya transaksi Rp2.500 per transaksi Rp4.000 per transaksi
Batas transaksi Rp2 miliar per transaksi Rp10 miliar per transaksi
Jenis transaksi Transfer dana antar bank Transfer dana antar bank, pembayaran, dan kliring
Cakupan bank Semua bank di Indonesia Semua bank di Indonesia

Daftar Bank Penyedia BI FAST

Bank dan institusi keuangan apa saja yang saat ini telah menyediakan layanan BI FAST?

Menurut informasi yang dirilis oleh Bank Indonesia, saat ini sudah ada sekitar 106 bank yang menyediakan fitur BI FAST pada layanan mereka.

Beberapa di antaranya adalah:

  • Bank Central Asia (BCA)
  • Bank CIMB Niaga
  • Bank Danamon Indonesia
  • Bank Mandiri
  • Bank Mega
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank OCBC NISP
  • Bank Permata
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Syariah Indonesia
  • Bank Tabungan Negara
  • Bank UOB Indonesia
  • Allo Bank Indonesia
  • Bank HSBC Indonesia
  • Bank Jago
  • Bank BTPN
  • Maybank Indonesia
  • Bank Muamalat

Untuk daftar lengkapnya, bisa kamu baca di Daftar Peserta BI FAST yang telah dirilis oleh Bank Indonesia.


Layanan Transfer Apa yang Sering Kamu Gunakan?

Nah, itulah penjelasan mengenai beda layanan transfer BI FAST dan Real Time Online, serta manfaatnya.

Bagi kamu generasi cashless dan lumayan aktif melakukan transfer uang antar bank, tentu layanan BI FAST yang kini sudah banyak tersedia menjadi pilihan metode transfer yang cukup tepat.

Semoga bermanfaat!


Proses Kirim Uang Lebih Mudah dengan KoinWorks NEO

Bagi kamu generasi cashless yang juga aktif menjalankan bisnis kecil, KoinWorks punya sesuatu nih yang bisa mempermudah semua urusan keuangan bisnismu, yaitu KoinWorks NEO!

KoinWorks NEO didesain khusus untuk membantu para pebisnis menjalankan usaha mereka, terutama dalam aspek keuangan.

Sebagai contoh, KoinWorks NEO punya fitur Payment Link yang memungkinkan kamu untuk membuat sebuah tautan yang bisa kamu gunakan secara praktis untuk meminta/menerima pembayaran dari konsumen.

Selain itu, KoinWorks NEO juga punya fitur Send Money yang bisa kamu gunakan untuk mengirim uang dari akun NEO milikmu, ke rekening bank lain, tanpa fee sama sekali alias gratis.

Lebih mudah dan lebih hemat, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera unduh dan daftarkan dirimu di KoinWorks NEO! Kamu bisa pakai tautan di bawah ini, ya.

Download KoinWorks sekarang!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.