Sudah tidak dapat diragukan lagi jika bisnis merupakan salah satu bentuk instrumen investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang bahkan dapat diwariskan untuk keturunan berikutnya di generasi mendatang sehingga mereka tak perlu kesulitan lagi menemukan pekerjaan. Namun guna mempertahankan bisnis yang Anda miliki sebagai bisnis keluarga, maka Anda harus mampu mengembangkannya lebih baik lagi dan membuatnya tahan menghadapi arus bisnis yang begitu berkembang pesat. Salah satu cara meningkatkan potensi bisnis Anda adalah dengan menggunakan sistem analisa Big Data. Sebenarnya, Big Data hanya sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan data set yang sifatnya sangat besar mencakup Structured, Semi-Structured dan juga Unstructured. Namun definisi yang sebenarnya dari Big Data ada tiga macam yang sering disebut dengan 3V yaitu Volume, Velocity dan Variety. Yang dimaksud dengan Volume adalah data yang disimpan dengan jumlah yang besar.

Sementara Velocity merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk mengakses seluruh data besar dengan sangat cepat dan terakhir adalah Variety yang berarti seluruh format data kini sudah sangat bervariasi. Dengan demikian, Big Data dapat didefinisikan sebagai sebagai sebuah proses untuk meneliti kemusian mengolah data besar guna mengetahui berbagai macam pola tersembunyi, adanya korelasi yang sebelumnya tidak diketahui, tren terkini dalam pasar, preferensi pelanggan beserta dengan informasi bisnis yang sangat berguna. Banyak sekali pengusaha maupun masyarakat awam yang akhirnya terjun ke dalam bisnis sering bertanya apakah pentingnya menggunakan analisa ini dan apa keuntungannya? Awalnya banyak orang yang berpikir jika melakukan bisnis itu mudah karena hanya perlu menjual jasa atau produk pada konsumen dan mereka pun akan memperoleh keuntungan seperti beberapa pengusaha yang sukses di acara TV. Namun perlu diketahui jika mereka memiliki berbagai macam cara untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Banyak sekali analisa yang harus dilakukan sebelum benar-benar meluncurkan produknya.

Anda tidak akan mungkin mengetahuinya sebab mereka juga tidak akan mungkin menunjukkan usahanya kepada Anda. Analisis ini akan membantu Anda untuk melakukan pengorganisasian dengan memanfaatkan data kemudian menggunakannya sendiri guna mengidentifikasi adanya peluang-peluang baru dimana akan mampu menyebabkan bisnis bisa bergerak dengan cepat dan berkembang baik karena adanya pendukung operasional yang jauh lebih efektif serta efisien. Dengan cara ini, maka keuntungan pun akan datang lebih tinggi dan konsumen yang menjadi pelanggan Anda juga akan lebih senang. Menurut Tom Davenport yang merupakan Direktur Riset IIA, dirinya mengatakan jika ada banyak manfaat penting yang dapat diperoleh dengan menggunakan teknik Big Data antara lain adalah pemilik bisnis bisa lebih menghemat dana. Teknologi dalam Big Data seperti Hadoop dengan analisis yang berbasis Cloud akan membawa damapak positif sehingga terjadi pengurangan biaya yang sangat signifikan dibandingkan sebelum menggunakan Big Data.

Biaya ini akan berkurang sebab pengusaha tahu bagaimana cara yang benar untuk menyimpan data apalagi dalam jumlah yang sangat besar bahkan menemukan atau melakukan identifikasi cara yang lebih efisien lagi ketika melakukan bisnis. Anda juga akan lebih baik dan cepat dalam mengambil keputusan karena menggunakan teknologi yang ada, maka analisis serta kombinasi dari kemampuan Anda dalam mengidentifikasi data baru akan membuat informasi yang dihasilkan jauh lebih cepat namun hasilnya tetap akurat sehingga sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Menggunakan teknologi Big Data artinya Anda juga akan menciptakan sekaligus melahirkan pelayanan maupun produk baru dengan menggunakan kemampuan untuk mengukur kepuasan serta kebutuhan pelanggan. Apalagi pelanggan selalu meminta dan menuntut sesuatu yang baru sehingga kebutuhan mereka akan terus terpenuhi. Cara ini juga akan memudahkan pihak personalia untuk untuk lebih mengenal karyawan atau calon pegawai secara komprehensif dimana pihak personalia bisa memprediksi perilaku para karyawannya sekaligus mampu menekan pengeluaran.

Tentu saja pengeluaran akan lebih banyak apabila perusahaan mempekerjakan pegawai yang tidak komprehensif. Lebih baik perusahaan memilih pegawai yang jauh lebih profesional meskipun tenaga kerjanya tidak banyak sebab mereka sudah mampu mengerjakan berbagai macam tugas dalam waktu yang sama. Dengan demikian, perusahaan Anda akan semakin berjalan dengan lancar dan bisnis menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan bahkan sebelum Anda berpikir untuk melakukan investasi lainnya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.