Home » Blog » Gaya Hidup » 5 Tips untuk Mempertajam Karier agar Tidak Stagnan

5 Tips untuk Mempertajam Karier agar Tidak Stagnan

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki - seni (22) - 5 Alasan Mengapa Belajar Lebih dari Satu Bahasa Itu Perlu

5 Tips untuk Mempertajam Karier agar Tidak Stagnan – Memiliki karier yang lebih baik akan membuka peluang untuk meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan Anda di masa depan.

Ternyata ada cara khusus yang bisa dilakukan hari ini untuk mendukung perkembangan karier di masa depan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda mengenai 5 tips untuk mempertajam karier agar tidak stagnan.

5 Tips untuk Mempertajam Karier agar Tidak Stagnan

Menemukan Seorang Mentor

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Seorang mentor tidak harus orang yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Anda tetap bisa mendapatkan seorang guru dimana saja di perkembangan teknologi seperti saat ini.

Anda bisa membaca biografi seseorang yang dikagumi, mendengarkan podcast yang mereka bawakan, dan menonton wawancara mereka.

Baca juga: Lakukan 7 Langkah Mencapai Tujuan yang Diinginkan

Jangan hanya bergantung pada satu orang mentor saja, belajarlah dari banyak guru agar Anda bisa mendapatkan banyak perspektif unik tentang karier dan pekerjaan.


Belajar Bahasa Asing

7 Alasan Mengapa Pengajuan Aplikasi Beasiswa Gagal, Jangan Berhenti Mencoba! (5) - Pintar Bahasa Inggris: Belajar Otodidak atau Ikut Kursus? - Manfaat Terus Belajar dan Cara Menjadi Pembelajar Hebat

Karyawan yang mampu berbahasa asing akan memiliki nilai tambah daripada mereka yang tidak memahami bahasa asing sama sekali.

Hal ini akan membuat Anda lebih berharga di pasar tenaga kerja dan akan membuka peluang yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Kemampuan bahasa asing yang lebih baik akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan mitra kerja, rekan kerja, atau klien asing.


Latihlah Keterampilan Berbicara di Depan Umum

4 Tips Membantu Anda Menjadi pembicara Luar Biasa - 4 Tips Sukses Menjadi Pembicara Profesional

Warren Buffett pernah berkata bahwa salah satu keterampilan yang paling penting untuk dipelajari adalah keterampilan berkomunikasi.

Keterampilan berkomunikasi akan sangat bermanfaat untuk memajukan karier dan menjadikan Anda berbeda dan memiliki nilai tambah.

Anda bisa mengasah keterampilan ini dengan cara mengikuti pelatihan dan pendidikan non-formal yang berkaitan dengan bidang public speaking.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Berhenti Memperluas Jaringan, Ayo Segera Terapkan!

Hanya saja Anda harus mempersiapkan biaya pendidikan yang diperlukan.

Lalu, bagaimana jika saat ini belum memiliki dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan tersebut?

Anda tidak perlu khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan. Pinjaman dana tersebut ditawarkan oleh KoinPintar untuk digunakan membiayai pendidikan formal atau non-formal.

Jangan khawatir dengan suku bunga yang tinggi, sebab KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang paling penting adalah pinjaman yang telah Anda ambil tersebut bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.


Membangun Jaringan yang Luas

Tidak Mau Meminta Bantuan? Ubah Cara Pandang Anda dan Dapatkan Pencapaian Lebih Tinggi

Banyak orang yang mencoba untuk memperluas jaringan yang dimiliki, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk memelihara jaringan tersebut.

Apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan jaringan?

Mulailah dengan membuat daftar dari 10 orang yang dikagumi dalam jaringan Anda dan orang-orang yang bisa membantu untuk memajukan karier di masa depan. B

erikan mereka hadiah, ajak mereka minum kopi di luar, dan terlibat dalam komunitas. Bangunlah sebuah hubungan yang berkualitas dengan seseorang yang berpotensi untuk memajukan karier dan pekerjaan Anda.


Kemampuan Mengelola Waktu yang Lebih Baik

Perhatikan jeda saat berbicara presentasi yang baik - Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini

Agar bisa melakukan berbagai hal yang telah kami sebutkan di atas, maka Anda harus bisa mengelola waktu dengan baik.

Setiap orang di dunia ini diberikan jumlah waktu yang sama dan hanya mereka yang mampu mengelola waktu dengan baik yang akan lebih produktif, belajar lebih banyak, dan mampu bertumbuh lebih cepat.

Anda bisa memperbaiki cara mengelola waktu dengan membaca buku tentang hal ini. Lalu, mulailah untuk membiasakan diri Anda mengelola waktu dengan baik dan menjalankan hari dengan lebih produktif.

Dengan menerapkan 5 hal dan prinsip di atas, maka akan memungkinkan Anda untuk mempertajam karier yang jauh lebih berkembang di masa depan.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah teruslah belajar dan mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan podcast yang bermanfaat, atau mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diminati.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​