5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Pekerjaan Baru

kantor kerja meeting 9 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial - 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Pekerjaan Baru

5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Pekerjaan Baru – Saat masuk bekerja untuk yang pertama kalinya pasti Anda ingin membiarkan semua orang mengetahui bahwa Anda adalah seorang profesional dan ingin bersikap ramah dengan semua rekan di kantor.

Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua orang memiliki pengetahuan untuk melakukan hal yang benar dalam karier.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang beberapa hal penting yang perlu dilakukan saat memulai pekerjaan baru.

Simak pembahasannya di bawah ini.

5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Pekerjaan Baru

Perbarui Lemari Pakaian Agar Terlihat Profesional

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Meskipun penampilan tidak bisa menunjukkan kapasitas seseorang, faktanya adalah hampir semua orang menilai dari penampilan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan pakaian yang pantas dan terlihat profesional. Anda bisa saja ingin terlihat lebih santai, tetapi tetap perlu mengikuti pedoman dasar dalam berpakaian kerja.


Menggunakan Perangkat yang Menunjang Produktivitas

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Perangkat sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan dan tugas seorang profesional. Setidaknya, Anda memerlukan ponsel cerdas untuk mengirim email di mana saja, menggunakan aplikasi manajemen tim, dan mengakses informasi dan data di cloud.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu meng-install beberapa aplikasi yang berguna dan akan dimanfaatkan dalam pekerjaan sehari-hari.


Pahami Budaya dan Aturan Perusahaan Anda

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

Diperlukan waktu untuk bisa mengenal semua orang di kantor, memahami cara kerja perusahaan, dan budaya yang ada di dalamnya.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memahami hal tersebut adalah melalui website perusahaan atau mengajukan pertanyaan selama wawancara akhir.

Baca juga: Jawab 5 Pertanyaan Berikut Sebelum Memilih Karier yang Tepat

Setelah Anda mulai bekerja, jangan lupa untuk bertanya kepada rekan kerja tentang apa saja yang tidak dipahami di kantor.

Memahami aspek sosial dan psikologis di sebuah lingkungan baru sama pentingnya seperti menguasai keterampilan untuk melakukan pekerjaan dengan benar.


Buatlah Jurnal untuk Melacak Setiap Tugas yang Dilakukan

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Hal yang penting untuk dilakukan selanjutnya adalah mencatat saat Anda memulai pekerjaan dan kapan waktunya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan. Jangan lupa juga untuk mencatat instruksi yang diberikan atasan atau rekan kerja.

Melakukan hal ini akan membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang benar dalam setiap tugas yang diberikan. Tidak hanya itu saja, catatan yang dimiliki juga bisa melindungi Anda saat terjadi perselisihan di kantor.

Baca juga: 5 Bahasa yang Banyak Dikuasai Para Pemimpin Hebat di Dunia

Hal ini dapat terjadi karena Anda bisa menunjukkan apa saja yang telah dilakukan dan instruksi yang diberikan.

Meskipun hal ini akan membuat Anda kerepotan pada awalnya, namun yakinlah cara seperti ini akan sangat membantu dalam jangka panjang.


Terus Meningkatkan Keterampilan Diri

online-kerja-karyawan - 7 Tugas Menantang yang Dapat Melipatgandakan Kesempatan Anda untuk Sukses

Salah satu faktor yang akan dipertimbangkan atasan untuk meningkatkan posisi seorang karyawan adalah kinerja dan keterampilan yang mereka miliki.

Oleh karena itu, berinvestasi pada pelatihan dan pendidikan sangat diperlukan sejak Anda masuk ke dalam perusahaan.

Mulailah mencari tahu apa saja keterampilan yang diperlukan agar Anda bisa berkembang dalam pekerjaan tersebut. Selanjutnya, temukan lembaga pendidikan yang terpercaya untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang ada di dalamnya.

Baca juga: 7 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Sukses Mencapai Tujuan

Hanya saja, banyak karyawan yang tidak mau menerapkan langkah di atas karena terkendala dengan biaya pendidikan yang cukup mahal dan menguras pendapatan.

Lalu, adakah cara alternatif untuk mengatasinya? Ya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang diberikan KoinPintar.

Dengan menggunakan KoinPintar, Anda bisa menggeluti pendidikan impian dengan mencicil biayanya hingga 12 bulan. Bunga yang dikenakan mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Manfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh KoinPintar dengan sebaik-baiknya. Mulailah mengikuti beberapa pelatihan atau kursus di bidang keterampilan tertentu yang akan mendukung perkembangan karier dan pekerjaan Anda.

Jangan pernah berhenti belajar, meskipun Anda telah menempuh pendidikan formal yang tinggi. Ilmu pengetahuan akan terus berkembang dan Anda akan tertinggal jika memilih untuk berhenti belajar.

Semoga bermanfaat!

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih