Mengenal Pengertian Pinjaman Pribadi Aman

Ada kalanya seseorang membutuhkan pinjaman dana namun tidak diperlukan agunan atau sebuah jaminan yang memberatkan untuk pihak debitur sebagai peminjam dana. Itulah yang disebut dengan pinjaman pribadi aman dimana saat ini sedang menjadi populer bagi banyak orang karena mereka bisa dengan mudah untuk meminjam dana namun tidak membutuhkan syarat berlebihan. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang memiliki agunan yang bisa dijaminkan namun kebutuhan mendesak ada di depan mata. Meskipun tidak membutuhkan agunan atau jaminan apapun, namun kredit pribadi ini bukan berarti bisa digunakan dengan sembarangan dan tidak bisa menyalahgunakan fasilitas bank tersebut. Anda harus mengetahui dengan benar tingkat kebutuhan apa yang diinginkan sekaligus dibutuhkan walaupun pinjaman bank itu sangat menguntungkan untuk Anda.

 

Akan tetapi, pinjaman yang sifatnya pribadi ini juga bisa menjadi sangat beresiko untuk peminjamnya karena suku bunga yang ditetapkan bisa lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman lain yang membutuhkan agunan karena tidak ada barang yang bisa dijaminkan. Namun proses pencairan dana juga lebih cepat karena tidak membutuhkan jaminan khusus. Walaupun tergolong aman, namun resikonya perlu diketahui dan diwaspadai karena bisa saja pihak bank yang merasa ditugikan akibat adanya kredit macet bsia membawa urusan ini menuju jalur hukum sehingga set yang Anda miliki mungkin bisa disita oleh pihak bank atau diri Anda yang dijebloskan menuju penjara. Bila hal ini terjadi, maka nama Anda akan masuk daftar hitam bank yang membuat Anda akan ditolak jika mengajukan permohonan untuk meminjam kembali. Bank akan langsung menolak karena mengetahui riwayat Anda terdahulunya.

 

Oleh sebab itu, Anda sebagai peminjam sebaiknya mengetahui dengan beanr jumlah pinjaman yang diinginkan, untuk kebutuhan apa, dan apakah Anda bisa mengembalikan dana tersebut. Selalu melakukan pelunasan tepat waktu dan jangan menumpuknya karena hal itu akan membuat Anda semakin berat untuk melunasinya. Ada baiknya sebelum melakukan pengajuan pinjaman, sebaiknya selalu melihat dan memperhatikan dengan baik persyaratan sekaligus ketentuan yang diberikan oleh pihak bank secara detail. Kebanyakan orang tidak pernah memperhatikan hal ini dan lebih cenderung untuk menyetujui segalanya atau lebih senang jika langsung mendapatkan penjelasan dari pihak bank. Padahal belum tentu apa yang dijelaskan oleh petugas bank semuanya telah lengkap dan tercatat di dalam surat perjanjian. Sebaiknya Anda harus membacanya secara menyeluruh dan tanyakan jika ada poin-poin tertentu yang tidak dimengerti.

 

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan perencana keuangan supaya Anda bisa mendapatkan pencerahan ataupun rekomendasi terbaik mengenai dana pinjaman ini sekaligus mengetahui bank apa yang memang tepat dalam menyediakan kredit pribadi dengan syarat yang mudah. Perencana keuangan juga bisa memberikan rekomendasi mengenai dana yang bisa Anda pinjam sesuai dengan kondisi finansial Anda saat itu. Hal ini bertujuan agar Anda mampu mengatur dana finansial yang dimiliki tanpa harus merasa terbebani dan kebutuhan lainnya juga bisa berjalan seperti biasanya dan tidak ada defiist dana apapun. Namun, jauh sebelum Anda berkonsultasi dengan pihak perencana keuangan, akan lebih baik bila Anda melakukan konsultasi atau diskusi kecil dengan keluarga sehingga mendapatkan dukungan dan terhindar dari masalah.

 

Seringkali hal ini tidak dilakukan padahal sangat penting karena belum tentu semua kepala di dalam rumah Anda setuju bila Anda melakukan sebuah peminjaman karena bisa mengganggu pengeluaran lainnya yang digunakan untuk melakukan pelunasan dan sebagainya. Oleh sebab itu, bila ingin pengajuan pinjaman lebih lancar, maka Anda harus bisa berkomunikasi terlebih dahulu melalui keluarga agar mendapatkan semua persetujuan. Bila ada yang belum setuju, maka Anda bisa mengatakan inti dari peminjaman yang Anda lakukan dan untuk tujuan apa dana tersebut akan dialokasikan. Hal yang paling penting dan harus diingat adalah Anda harus sanggup untuk membayar bunga yang disediakan bila memang akan melakukan pengajuan kredit pribadi. Karena telah diketahui seeblumnya jika bunga dari jenis pinjaman ini lebih tinggi dari pada yang menggunakan agunan. Jika memang tidak bisa membayarnya, maka carilah jenis pinjaman lainnya.

 

 

Semoga informasi mengenai pengertian pinjaman pribadi aman bisa menjadi sebuah inspirasi dan pengetahuan untuk Anda yang kebetulan juga sedang memilih dan mencari jenis kredit yang tepat.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.