Cara Mendapatkan Bunga Pinjaman Murah

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika semua orang membutuhkan uang diakrenakan semakin banyayk pula kebutuhan yang harus dipenuhi dan semua itu membutuhkan dana. Sebagai contoh membuat usaha, merenovasi rumah, membeli kebutuhan pokok, membeli alat transportasi, membayar pendidikan anak, dan membeli rumah. Meskipun ada istilah uang bukan segalanya, namun demi memenuhi semua kebutuhan itu, diperlukan uang. Tak sedikit orang yang mencari kredit dengan bunga pinjaman murah sehingga tidak merasa terbebani ketika akan membayar hutang itu kembali. Tidak bisa hanya dilakukan dengan bekerja keras untuk memperoleh penghasilan karena masih diperlukan pinjaman untuk menutupi kekurangan tersebut.

 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari pinjaman namun bunga rendah. Anda bisa memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang disediakan ataupun meminjam uang dari lembaga keuangan yang disediakan seperti bank atau pegadaian. Namun untuk mendapatkan pinjaman yang diinginkan, maka ada syarat yang harus dipenuhi berupa jaminan sehingga pihak lembaga keuangan akan mempercayai Anda dan memberikan pinjaman seperti yang diminta. Akan tetapi, prosesnya cukup rumit dan belum tentu dana yang diinginkan akan cair begitu saja. Proses yang lama ini mungkin membuat Anda yang membutuhkan dana cepat menjadi bingung dan tidak sabar mengingat kebutuhan yang mendesak. Oleh sebab itu, banyak yang lebih memanfaatkan fasilitas tunai dari akrtu kredit.

 

Namun perlu diketahui jika meminjam dari fasilitas apapun juga memiliki syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi apalagi sifatnya wajib. Peminjaman yang dilakukan melalui kartu kredit dapat menjadi kredit jangka panjang dimana Anda harus membayar cicilan atau tagihan yang diberikan dalam tempo waktu tertentu. Bila melewati batas waktu yang telah disiapkan, maka biasanya penagih akan memberikan peringatan dan jika masih belum bisa dipenuhi, maka beberapa barang pribadi milik Anda bisa disita. Tentunya hal ini juga menjadi kerugian mengingat Anda tidak mengetahui berapa kali kartu kredit yang digesek. Pastikan terlebih dahulu jika Anda memiliki dana yang sesuai untuk membayar cicilan kartu kredit sehingga keseimbangan perhitungan dana menjadi lebih baik.

 

Oleh sebab itu, memang lebih baik jika melakukan pinjaman melalui lembaga keuangan karena terjamin dan berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan kredit dengan bunga yang rendah:

 

  • Memperhatikan rate suku bunga

Apabila Anda berencana untuk mengambil kredit melalui bank seperti ingin membeli rumah, maka ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu rate suku bunga yang telah ditetapkan oleh bank utama dan disini adalah Bank Indonesia ketika melakukan penandatanganan surat-surat perjanjian kredit di bank yang menjadi pilihan Anda. Di dalam salah satu surat perjanjian kredit tersebut pasti berisi suku bunga dari kredit yang akan berlaku adalah suku bunga ketika Anda melakukan pengajuan peminjaman dan harus ditandatangani oleh kedua belah pihak yaitu nasabah dan pihak dari bank terkait. Hal ini bertujuan meskipun Bank Indonesia akan menurunkan atau menaikkan suku bunga, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh untuk Anda karena rate yang berlaku adalah untuk ketika Anda menyetujui perjanjian. Sebaiknya ajukan peminjaman ketika BI sedang menurunkannya sehingga Anda memiliki pinjaman yang rendah bunganya.

  • Membandingkan suku bunga dari setiap bank

Bila ingin mengajukan pinjaman, maka hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah membandingkan rate suku bunga dari setiap bank yang ada sehingga bisa menemukan bank mana yang suku bunganya paling rendah untuk Anda. Seringkali menjelang tutup tahun atau semester kedua, beberapa bank terlibat perang suku bunga sehingga mampu menarik minat dan perhatian banyak nasabah guna melakukan pinjaman yang disediakan. Ada bank-bank yang menawarkan KPR atau KPM dengan suku bunga antara 7 hingga 10 persen yang memiliki batas waktu tertentu. Ada pula bank yang memberikan suku bunga paling rendah dengan waktu dari satu hingga tiga tahun. Jika dilihat dari segi kalkulasi, tentunya hal ini menguntungkan bagi Anda karena bisa menikmati bunga rendah dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Dengan mengetahui cara mendapatkan kredit yang memiliki bunga pinjaman rendah, maka diharapkan Anda mampu menerapkannya dengan baik untuk memperoleh dana yang dibutuhkan tanpa harus merasa terbebani ketika melunasinya.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.