Memahami Pengertian Pinjaman Serbaguna

Semakin tingginya kebutuhan hidup dan juga keperluan yang harus dipenuhi membuat banyak orang yang terpaksa meminjam uang ataupun harus meminjam dana guna menutupi kekurangan yang ada. Memiliki simpanan berupa tabungan atau deposito masih belum tentu bisa menjamin kebutuhan Anda. Seperti halnya kebutuhan akan tempat tinggal ataupun kendaraan bermotor yang bisa mendukung segala macam aktivitas, maka simpanan saja tak cukup untuk itu. Diperlukan dana berupa kredit yang bisa membantu Anda mewujudkannya. Pinjaman serbaguna sering menjadi pilihan banyak orang yang menginginkan dana tambahan dengan cepat dan juga tidak merasakan berat untuk melunasi pinjaman itu beserta bunganya.

 

Kredit multiguna ini biasanya identik dengan para pelaku usaha di dunia bisnis apapun karena pengertiannya adalah sebuah fasilitas pinjaman modal kerja yang diberikan kepada para pedagang khususnya bidang retail di wilayah tertentu. Tentunya pemberian pinjaman ini akan diberikan dalam bentuk agunan yang dijadikan aset penting seperti ruko, rukan, rumah, kendaraan operasional dan sebagainya untuk jaminan yang paling utama dan jaminan lain bila memang diperlukan. Jaminan otu nantinya akan diserahkan kepada pihak bank pilihan Anda yang akan memberikan kredit untuk Anda gunakan. Nilai dari pencairan dana pinjaman multiguna ini dapat mencapai sekitar 80% dari semua total jaminan yang telah Anda berikan kepada pihak bank selama melakukan peminjaman.

 

Jika barang jaminan yang diberikan berupa rumah atau bangunan sejenisnya, maka rumah tersebut harus memiliki status SHP, SHM, SHGB sekaligus mempunyai IMB atau ijin mendirikan bangunan. Bila berbicara mengenai fleksibilitas dari kredit multiguna disesuaikan dengan kebutuhan dari debitur sendiri dengan jangka waktu biasanya mulai dari satu hingga tiga tahun. Tapi memungkinkan juga pihak berwenang memberikan jangka waktu sampai 10 tahun dan untuk angka peminjamannya bisa mencapai dana maksimal hingga Rp 5 milyar. Uniknya untuk melakukan akad dari pinjaman jenis ini, maka harus dilakukan secara notariil melalui pihak notaris yang telah ditunjuk oleh pihak yang memberikan pinjaman karena berkaitan dengan jaminan berupa rumah dan bangunan sehingga tak terjadi kesalahan ataupun kesalahpahaman selama proses perjanjian atas peminjaman dana.

 

Manfaat dari kredit serbaguna ini sudah jelas dimana debitur akan memperoleh dana pinjaman sementara dengan mudah untuk memenuhi banyaknya kebutuhan yang lebih mendesak dan penting seperti peningkatan usaha. Selain untuk kebutuhan usaha, pinjaman juga bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya sesuai dengan selera konsumtif nasabah yang meminjamnya seperti biaya untuk rekreasi atau liburan, biaya pembelian furniture, ingin membeli barang elektronik, biaya perawatan kesehatan yang sangat mahal bila seseorang menderita penyakit keras, biaya pendidikan anak, biaya untuk merenovasi rumah, biaya pernikahan, ataupun sebagai modal kerja yang baru. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih kredit multiguna untuk memenuhi beberapa kebutuhan mendesak.

 

Namun untuk mendapatkan kredit ini tidak mudah karena diperlukan aset penting sebagai jaminan sehingga jika seseorang tidak memiliki aset atau jaminan seperti bangunan atau kendaraan bermotor, maka Anda tidak bisa mendapatkan dana melalui jenis kredit serbaguna. Akan tetapi banyak orang yang memang menyukai jenis kredit ini karena bunga pinjaman biasanya sangat rendah namun tenor tenggang waktunya sangat panjang bahkan hingga 25 tahun untuk beberapa kebijakan dari pihak yang meminjamkan dana. Bila dana kredit lainnya sangat terbatas, maka kredit multiguna bisa mencapai milyaran karena menyesuaikan dengan nilai aset yang dijaminkan. Semakin bagus nilai jaminan yang diberikan, maka jumlah dari dana pinjaman juga akan semakin bertambah dan tinggi.

 

Hanya saja proses pencairan dananya tidak bisa secepat jenis kredit lainnya karena pihak bank atau lembaga keuangan lainnya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada Anda mulai dari latar belakang, jaminan yang diserahkan dan juga pekerjaan Anda sehingga pihak bank bisa memutuskan apakah Anda layak untuk mendapatkan dana. Bila pihak bank merasa Anda tidak layak untuk mendapatkan kredit ini, maka permintaan Anda akan ditolak. Sebaliknya, jika memang dinilai layak, maka proses selanjutnya adalah melakukan akad di depan notaris bersangkutan. Dikarenakan sulit untuk menembus dana multiguna, maka banyak proses yang diperlukan serta syarat konkret yang harus dipenuhi.

 

Semoga informasi mengenai pengertian pinjaman serbaguna ini dapat membantu Anda untuk memahami jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.