Cara Pinjam Uang Di Bank

Selain sebagai tempat menyimpan uang, fungsi dasar bank juga sebagai lembaga yang menyediakan fasilitas peminjaman dana. Tetapi sebelumnya nasabah sudah harus mempunyai rekening pada bank incarannya tersebut. Bermacam-macam alasan orang untuk mengajukan kredit pada bank, seperti merintis usaha, menambah modal usaha, hingga alasan keperluan mendadak seperti pengobatan atau pendidikan. Bagi Anda yang juga mengalami hal-hal di atas dan berniat untuk mengajukan peminjaman dana pada bank, inilah cara pinjam uang di bank yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

 

Sesungguhnya persyaratan peminjaman uang pada bank sangat sederhana bila Anda mengetahui caranya. Kebijakan ini pada tiap-tiap bank memang berbeda-beda tetapi secara umum hampir serupa. Inilah informasinya bagi Anda.

 

  • Fotokopi KTP

Inilah syarat pertama yang harus Anda penuhi bila ingin mengajukan pinjaman pada bank. Apabila Anda sudah menikah dibutuhkan KTP pasangan untuk meyakinkan bahwa kredit yang diajukan memang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Alamat rumah yang ditinggali harus sesuai dengan keterangan pada KTP. Bila berbeda Anda bisa meminta surat keterangan tempat tinggal pada kelurahan daerah domisili Anda.

  • Fotokopi akta nikah

Diperlukan kopi akta nikah untuk mengetahui apakah barang atau jasa yang dipergunakan sebagai agunan merupakan harta bersama atau bukan. Inilah sebabnya pengajuan pinjaman harus disetujui oleh suami dan istri.

  • Fotokopi Kartu Keluarga

Syarat yang ketiga ini dibutuhkan untuk mengetahui berapa anak atau anggota keluarga yang menjadi tanggungan dari calon peminjam selain pasangannya.

  • Buku Tabungan

Buku tabungan diperlukan sebagai data yang menggambarkan kemampuan keuangan calon peminjam pada umumnya data selama 3 bulan terakhir. Data tersebut akan menjadi pertimbangan  pihak bank untuk mengabulkan atau tidak permohonan kredit dari nasabahnya.

  • Fotokopi slip gaji

Syarat ini tidak mutlak untuk dipenuhi, tetapi bila Anda bekerja pada perusahaan swasta atau instansi pemerintah sebaiknya menyertakan foto kopi slip gaji.

  • Jaminan/agunan

Syarat keenam ini adalah yang paling penting yaitu agunan atau jaminan. Pada umumnya persyaratan benda yang dapat dijadikan agunan adalah yang mempunyai nilai jual lebih tinggi daripada besarnya jumlah pinjaman yang diajukan oleh nasabah. Bila tak mempunyai jenis jaminan semacam ini maka Anda bisa menambahkan jaminan lain sehingga jumlah totalnya dapat mencapai batas minimal. Biasanya yang sering dijadikan agunan pinjaman adalah rumah, tanah, BPKB kendaraan, serta barang-barang lainnya.

 

Teknis peminjaman uang pada bank

 

Panduan berikut ini penting untuk diperhatikan bila ini adalah pengalaman pertama Anda dalam mengajukan pinjaman pada bank.

  1. Sebelum berangkat ke bank sebaiknya Anda memastikan bahwa tak ada dokumen yang tertinggal dan semua berkas yang dibutuhkan telah tersedia.
  2. Setelah tiba di bank, ambil nomor antrian pada bagian customer service atau layanan nasabah dan bukan pada antrian teller yang memberikan layanan tabungan atau penarikan tabungan.
  3. Saat tiba waktunya untuk dilayani, sampaikan kepada petugas bahwa Anda hendak mengajukan permohonan pinjaman atau kredit. Serahkan seluruh berkas syarat pengajuan kredit dan nantinya Anda akan diberi pengarahan tentang ketentuan lainnya. Biasanya Anda harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan keputusan apakah pengajuan Anda diterima atau tidak. Nah, tak sulit, bukan.

 

Mengajukan permohonan peminjaman uang memang tak sulit, tetapi pengembaliannya kadang menjadi masalah bagi beberapa orang. Inilah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar pinjaman dana tak justru melahirkan kesulitan keuangan bagi Anda.

 

  1. Jangan berlebihan

Dalam mengajukan pinjaman jangan sampai jumlahnya melebihi kebutuhan Anda walaupun memang menggiurkan. Anda harus ingat bahwa nantinya Anda berkewajiban untuk mengembalikannya karena dana tersebut bukanlah milik Anda.

 

  1. Merencanakan pengembalian

Hal yang paling penting dalam mengajukan pinjaman adalah merencanakan bagaimana nanti Anda hendak membayarnya. Pertimbangkan sumber dana untuk membayar pinjaman, sistem pembayarannya, dan sebagainya.

 

  1. Bunga yang wajar

Lakukan survey terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman pada beberapa lembaga penyedia layanan. Pilihlan lembaga atau bank dengan bunga yang paling masuk akal atau sanggup Anda tanggung. Pada umumnya bunga kredit pada bank adalah pada kisaran 10% sampai 14%.

 

Nah, demikianlah beberapa hal tentang cara pinjam uang di bank yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.