Cara Menghitung Pinjaman Melalui Simulasi KTA

Kredit tanpa agunan semakin banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan mudah untuk mendapatkan dana sekaligus tidak perlu adanya jaminan sehingga masyarakat yang mungkin perekonomiannya tidak sebaik orang-orang di kelas atas tetap bisa mendapatkan pinjaman yang akan dipergunakan untuk berbagai kebutuhan hidup maupun kondisi mendesak yang sifatnya harus cepat diselesaikan. Namun sebelum mengajukan kredit, akan lebih baik jika Anda telah mengetahui perhitungan dana yang diinginkan sekaligus mengenai berapa banyak cicilan yang harus dibayar setiap bulannya jika Anda mengajukan dana yang diinginkan melalui simulasi KTA. Dengan mengetahuinya terlebih dahulu, maka Anda tak perlu repot untuk melakukan perhitungan bersama dengan pihak bank dan langsung mencoba untuk mengajukannya.

 

Anda menjadi lebih tahu berapa kebutuhan dan angsuran hutang yang harus dibayar sehingga secara tidak langsung turut mengetahui apakah kemampuan finansial miliki Anda mampu untuk membayar cicilan hutang pokok plus bunga setiap bulannya dalam kurun waktu yang sempit. Namun hal yang paling penting adalah mengetahui untuk apa sebenarnya Anda meminjam dana tersebut. Jika hanya digunakan untuk hal tidak penting, maka sebaiknya menunggu gaji setiap bulannya turun. Akan tetapi jika memang ada kondisi mendesak namun Anda tidak memiliki cukup dana pada saat yang bersamaan, maka pinjaman KTA menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, perlu juga dipikirkan apakah Anda mampu untuk mencicilnya setiap bulan dan bagaimanakah caranya. Bukan berarti hanya karena Anda bekerja, maka hutang bisa diselesaikan.

 

Ingatlah jika Anda masih memiliki kebutuhan yang harus dilakukan sehingga Anda harus sanggup untuk mengatur keuangan serta menyeimbangkannya dan jangan membuat hutang baru guna menutupi hutang KTA karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi lebih susah. Biasanya KTA ditujukan untuk hal yang produktif dan kepentingan yang sangat mendesak seperti membeli alat rumah tangga, elektronik, dan juga merenovasi rumah. Meskipun tanpa jaminan, namun perlu diingat jika KTA tetaplah hutang yang harus dibayar karena jika tidak, maka debt collector akan mengujungi Anda dan menyita barang-barang senilai dengan hutang yang dimiliki. Seandainya tidak begitu, maka Anda akan dibawa menuju jalur hukum atau pengadilan guna menindaklanjuti kasus tersebut. Oleh sebab itu, simulasi bisa membantu Anda untuk menentukan jumlah dari pinjaman yang diinginkan.

 

Jenis bunga yang digunakan oleh KTA biasanya berbentuk flat atau datar yanga rtinya bunga memiliki nuilai tetap dan tidak berubah-ubah. Dengan kata lain, prinsip cicilan pokok dan bunga tidak akan pernah berubah meskipun BI sedang menaikkan atau menurunkan suku bunga. Sebagai contoh Anda mengajukan pinjaman KTA dengan nilai Rp 12 juta dan diberikan waktu melunasinya dalam 24 bulan dan bank memberikan bunga sebesar 10 persen per tahunnya. Maka angsuran yang ahrus dibayar adalah Rp 12 juta dibagi dengan 24 bulan sehingga diperoleh dana Rp 500 ribu. Sementara perhitungan bunganya adalah Rp 12 juta dikalikan dengan 10 persen dan dibagi lagi 12 bulan karena setahun hanya ada 12 bulan, maka diperoleh nilai Rp 100 ribu. Selanjutnya cicilan pokok yang Rp 500 ribu tadi akan ditambahkan dengan bunga Rp 100 ribu sehingga menjadi Rp 600 ribu. Maka angsuran yang ahrus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp 600 ribu selama 24 bulan tersebut.

 

Jumlah cicilan KTA mungkin terbilang besar karena tidak memiliki jaminan apapun sehingga bank tidak ingin merasa dirugikan pula. Hanay saja keuntungannya bunga lebih tetap dan tidak akan berubah sehingga Anda tidak perlu was-was. Jumlah cicilan pun harus tetap diperhitungkan supaya nantinya tidak membebani keuangan keluarga Anda setiap bulannya. Hal yang perlu diketahui adalah bank BI akan terus mencatat data kredit dari setiap ansabah bank terkait sehingga mereka mengetahui apakah bank mau mengucurkan dana pinjaman atau tidak pada nasabah dengan melihat rekor dari pelunasan setiap kreditnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apakah kredit tersebut mampu dilunasi atau tidak. Jika memang merasa belum mampu, maka Anda bisa mencari pinjaman lainnya melalui non bank seperti rekan-rekan atau keluarga sehingga Anda juga bisa lebih tenang dalam mengembalikan dana dan tidak terburu-buru.

 

Semoga informasi mengenai simulasi KTA ini dapat membantu Anda untuk menentukan jumlah pinjaman yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.