Mengenal Keuntungan Pinjaman Dana Tunai Syariah

Semakin mudahnya para masyarakat untuk memperoleh dana pinjaman dengan mudah membuat KTA kini semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Selain karena syarat yang mudah serta tidak adanya jaminan, proses dalam pengajuannya pun cepat. Hanya saja terkadang masih banyak pula orang yang memperdebatkan masalah mengenai haram atau halalkah melakukan pinjaman kepada bank baik dengan jaminan maupun tidak. Seperti layaknya asuransi konvensional yang masih menjadi perdebatan hingga kini, maka pinjaman pun juga mengalaminya. Dikarenakan banyak orang yang takut bila prinsip-prinsip pengelolaan uang tidak baik, maka dibuatlah pinjaman dana tunai syariah yang mengacu pada prinsip syariah agama dengan pengelolaan yang juga telah mengikuti adanya prinsip agama yang berlaku sehingga lebih aman.

 

Hampir sama dengan sistem pinjaman konvensional dimana seseorang yang membutuhkan dana bisa mengajukannya di bank yang telah dipilih dan memenuhi persyaratannya. Walaupun sistematisnya sama, namun dapat dikatakan jika keuntungan yang diberikan lebih besar atau ekstra dibandingkan dengan sistem konvensional. Apabila Anda seorang muslim, tentu saja tidak akan was-was lagi mengajukan pinjaman dalam bank syariah karena kejujuran menjadi modal nomor satu dalam pelayanan yang diberikan. Apalagi konsep yang digunakan hingga bagian pelayanannya pun mungkin telah menjadi bagian dari syariat agama yang tidak akan ditinggalkan sehingga Anda akan merasa lebih yakin lagi untuk meminjam modal dalam bank syariah sekaligus menikmati manfaat yang belum tentu diperoleh dari bank konvensional.

 

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan meminjam dana syariah anatara lain:

 

  • Adanya sistem bagi hasil

Sistem bagi hasil sebenarnya memiliki pengertian jika keuntungan yang diperoleh akan dibagikan bagi kedua belah pihak yang terlibat perjanjian keuangan dimana jika sistem konvesionalnya, bank yang akan mengambil semua keuntungan yang ada. Dalam peminjaman modal, sisitem ini tidak akan didasarkan pada adanya perhitungan suku bunga melainkan adanya nisbah atau revenue sharing yang mana peminjam akan membagikan hasil usaha yang diperolehnya dengan pihak bank sebagai tempat yang memberikan dana peminjaman untuk Anda. Oleh sebab itu, tidak ada yang namanya pembayaran bunga apapun sehingga peminjam tidak akan membayarnya. Hal ini jelas menguntungkan apalagi untuk pengusaha kecil yang keuntungannya pun belum tentu stabil setiap bulannya.

  • Kesepakatan bersama dalam membuat keputusan

Biasanya dalam peminjaman modal, bank lah yang memiliki wewenang atau kuasa penuh untuk menentukan segala sesuatunya baik dalam waktu pembayaran dan sebagainya. Namun dalam sistem bagi hasil yang diterapkan oleh lembaga keuangan syariah, aturan dalam sistem ini tidak secara kaku dan juga wajib ditetapkan oleh pihak bank saja melainkan nasabah juga akan diikutsertakan untuk memikirkan serta memutuskan mengenai sistem bagi hasil yang akan diterapkan setiap bulannya. Perencanaan ini harus dilakukan oleh kedua belah pihak kemudian hingga menemukan kesepakatan remsi sehingga tidak ada yang merasa dirugikan karenanya.

  • Adanya sistem penggantian kerugian

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari meminjam modal syariah adalah adanya sebuah sitem yang disebut dengan Al Mudharabah yang artinya adalah penggantian kerugian dari pihak bank hanya dengan syarat jika kerugian tersebut memang murni dilakukan akibat kesalahan dari pihak bank dan bukan karena kesalahan nasabah sehingga nantinya nasabah bisa mengurangi atau meminimalisir resiko yang terjadi.

  • Adanya sistem penyerahan modal secara tunai

Bentuk pinjaman berupa syariah memiliki sifat bukan hutang karena diberikan langsung secara tunai dan jika memang bukan berupa uang, maka bentuknya mungkin seeprti barang yang memiliki nilai serupa dan sama sesuai nilai yang diminta.

  • Kartu kredit tanpa bunga

Apabila memilih layanan menggunakan kartu kredit yang lebih mudah dibandingkan dengan sistem uang tunai, maka Anda bisa lebih memanfaatkan keuntungannya secara maksimal karena tidak ada bunga seperti bank melainkan Anda hanya perlu membayar uang jasa. Akan tetapi, ketika tagihan telah muncul, maka Anda harus segera melunasi semua pembayaran hutang tanpa adanya angsuran apapun.

 

Semoga informasi mengenai keuntungan pinjaman dana tunai syariah ini dapat membantu Anda untuk memutuskan manakah jenis kredit yang sesuai dengan Anda, apakah konvensional atau syariah.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.