Apa Itu Pinjaman Modal Kerja?

Bila kita adalah seorang pengusaha dan berniat untuk memperbesar bisnis kita tetapi terkendala oleh permodalan maka pinjaman modal kerja bisa menjadi salah satu alternatif solusi yang bisa menjadi rekomendasi terbaik. Secara umum pinjaman atau kredit modal kerja tersebut merupakan fasilitas kredit dalam tenor yang pendek dan bisa diberikan dalam valuta asing atau pun mata uang dalam negeri. Kredit modal kerja ini sesuai dengan namanya memang peruntukannya adalah untuk mendanai modal kerja yang terpakai dalam satu siklus bisnis dengan durasi waktu maksimal satu tahun.

 

Dari ringkasan singkat di atas bisa disimpulkan bahwa kredit modal kerja adalah kredit yang diperuntukkan secara perorangan atau pun  bagi badan usaha yang digunakan sebagai tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang telah beroperasi minimal selama satu tahun serta mempunyai perijinan usaha seperti TDP, SIUP, NPWP, dan SITU. Fokus utama program pinjaman ini adalah menunjang kesuksesan bisnis nasabah yang pada umumnya merupakan pengusaha kecil serta menengah.

 

Kredit modal kerja ini disebut juga kredit investasi yang bisa digunakan untuk mendanai barang-barang modal misalnya dalam kegiatan rehabilitasi, perluasan sarta pendirian proyek baru, atau modernisasi. Program pengembangan usaha ini bisa dilakukan dengan renovasi bangunan pabrik sehingga lebih luas, pembelian mesin-mesin baru, atau yang lainnya. Program ini diupayakan semaksimal mungkin untuk menguntungkan kedua belah pihak.

 

Nilai pencairan dana pinjaman maksimal sebesar 70% dari keseluruhan kebutuhan modal kerja dengan agunan jaminan bisnis itu sendiri dan diberikan untuk jangka waktu paling lama setahun. Hanya pada kasus-kasus tertentu jaminan tambahan disertakan walaupun pada tiap-tiap lembaga pemberi pinjaman ini berlaku kebijakan yang tak selalu sama. Sementara keunggulan dari kredit modal kerja bila dibandingkan dengan program pinjaman yang lain adalah,

 

(1). Penarikan dana bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai dengan keperluan usaha. (2). Dana yang belum ditarik tak dikenakan beban bunga. (3). Seluruh transaksi keuangan disalurkan dengan sarana rekening kredit. (4). Pinjaman ini bisa menjadi solusi bila dibutuhkan pengeluaran dana secara tak terduga.

 

Manfaat kredit modal kerja

Setelah mengetahui kelebihan jenis kredit ini, berikut ini adalah manfaat dari kredit modal kerja

  1. Sebagai permodalan awal untuk merintis suatu bisnis yang benar-benar dari nol. Modal awal ini akan membantu debitur untuk mendanai seluruh keperluan demi membuka suatu bisnis.
  2. Modal dari kredit ini bisa disimpan sehingga ketika dibutuhkan sewaktu-waktu bisa digunakan misalnya saat terjadi krisis. Modal simpanan ini bisa menjamin kelangsungan bisnis seorang pengusaha.
  3. Besarnya pembayaran kredit akan dapat diatur karena bunga kredit hanya dibebankan pada dana yang telah ditarik.
  4. Beban debitur akan menjadi lebih ringan karena pembayaran pinjaman dilakukan secara bertahap dengan jangka waktu pelunasan telah ditetapkan serta tercantum pada surat perjanjian.
  5. Pembayaran kredit ini tergolong ringan asalkan dilunasi sebelum tiba jatuh temponya. Pembayaran yang dilakukan setelah masa jatuh tempo akan dikenakan denda sesuai surat kontrak yang telah disepakati.
  6. Surat perjanjian juga akan membantu peminjam untuk mengetahui besarnya bunga yang harus ia bayar. Ini untuk  mengantisipasi adanya keluhan kenaikan bunga kredit tanpa pemberitahuan.

 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jumlah pengusaha kecil dan menengah di tanah air ini sangat banyak sehingga cukup potensial bagi kemajuan perkembangan perekonomian negara kita. Fokus program pengadaan kredit modal kerja ini memang berkonsentrasi untuk menunjang kesuksesan bisnis para pengusaha kecil dan menengah. Di sisi lain keberhasilan para nasabah yang merupakan para pengusaha ini tentu menjadi kepuasan serta kebanggaan tersendiri bagi para krediturnya.

 

Walaupun persyaratan kredit modal kerja ini memang lebih ringan daripada jenis produk pinjaman konvensional tetapi peminjam juga hendaknya bijaksana dalam memanfaatkannya. Cermati kebutuhan pada usaha Anda, kalkulasikan dana yang Anda butuhkan agar tak sampai berlebihan dalam mengajukan jumlah dana pinjaman, buatlah perencanaan matang untuk melunasi pinjaman Anda, dan gunakan dana tersebut memang hanya untuk mengembangkan bisnis Anda dan bukan untuk kebutuhan konsumtif yang tak ada hubungannya dengan bisnis.

 

Nah, bagi Anda yang seorang pengusaha kecil atau menengah, produk kredit yang merupakan pinjaman modal kerja ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.