Melakukan Pinjaman Cepat Lewat KTA

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit untuk mengtasi kebutuhan mendesak dengan keterbatasan dana yang dimiliki. Pinjaman menajdi sebuah jalan tepat untuk menyelesaikannya namun meminjam kepada keluarga belum tentu jalan terbaik karena dana yang dibutuhkan mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan dan kelaurga juga belum bisa dipastikan dapat membantu Anda. Satu-satunya jalan adalah meminjam melalui lembaga keuangan seperti bank yang sudah pasti akan memberikan dana kredit. Hanya saja prosesnya lama sehingga banyak orang merasa jenuh untuk menunggu apalagi jika kebutuhannya mendesak. Pinjaman cepat KTA atau kredit tanpa agunan mungkin pilihan yang tepat dikarenakan prosesnya yang cukup cepat tanpa perlu syarat khususn berupa jaminan.

 

Hanya saja faktor terburu-buru membuat sebagian dari masyarakat yang mengajukan kredit ini sering melupakan faktor yang dapat mempengaruhi pelunasan dari KTA tersebut. Apabila faktor itu terlupakan, maka hal yang terjasi adalah keuangan Anda menjadi buruk karena tidak bisa menyeimbangkan antara kebutuhan hidup lainnya dan pelunasan hutang karena KTA cenderung mempunyai bunga yang sangat tinggi. Perlu beberapa hal yang diperhatikan sebelum apply atau mendaftar pengajuan KTA. Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang paling tepat dan terpercaya jika ingin mengajukan hutang berupa pinjaman. Selain itu, hampir semua bank-bank terkenal yang tersebar di berbagai daerah memiliki fasilitas layanan kredit tanpa agunan ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah fasilitas yang ditawarkan oleh setiap bank sehingga Anda mampu menemukan yang terbaik sekaligus merasakan manfaat yang didapat nasabah sebagai hak.

 

Selain bank mungkin masih ada lembaga keuangan lain yang turut menyediakan layanana KTA hanya saja perlu diperhatikan jika lembaga keuangan itu haruslah mempunyai landasan hukum karena jika tidak memiliki ijin khusus dari lembaga yang mengawasi, maka Anda mungkin akan terlibat kasus hukum yang berat. Mungkin jalan pintas yang sering diambil adalah melalui rentenir atau lintah darat. Mereka akan memberikan pinjaman dana dengan cepat tanpa adanya syarat khusus, namun pemberian bunganya sangat tinggi bahkan melebihi lembaga keuangan yang ada. Selain itu, bunga juga akan terus bertambah dalam kurun waktu yang tidak bsia ditentukan sehingga lintah darat harus dihindari apalagi mereka bergerak tanpa adanya landasan hukum apapun. Jika cicilan hutang sedikit macet, maka mereka tidak akan segan menggunakan cara kekerasan demi memperoleh uangnya kembali.

 

Tidaklah sulit untuk mengajukan kredit cepat dari KTA jarena tidak memerlukan jaminan apapun sehingga lebih mudah dicairkan dan cepat prosesnya daripada jenis kredit lainnya. Hal yang paling penting adalah melengkapi dokumen yang diminta sesuai dengan syarat serta ketentuan. Bila Anda adalah karyawan, maka diperlukan NPWP atau SPT pajak tahunan. Selain itu slip gaji karyawan juga perlu sehingga pihak kreditur merasa yakin untuk mengeluarkan dana demi memenuhi pinjaman Anda. Walaupun sifatnya mendesak dan terburu-buru, namun seseorang yang mengajukan Kredit Tanpa Agunan ini tidak boleh memaksa sehingga permohonan akan terkabul karena hal itu justru akan membuat pihak bank merasa tidak yakin dengan Anda. Tetaplah tenang dan tidak perlu ngotot untuk meminta pinjaman karena meskipun KTA sistemnya cepat, namun masih ada proses yang dilakukan.

 

Setiap bank pun memiliki batas maksimum  dari pinjaman yang akan dilakukan. Meskipun memiliki batas maksimal yang cukup besar, namun bukan berarti Anda bisa meminjamnya hingga mencapai batask maksimum tersebut. Anda harus menyeimbangkan sissi finansial yang dimiliki baik dari segi kebutuhan hidup sehari-hari, dana simpanan untuk tabungan serta jumlah cicilan hutang KTA yang harus dibayarkan sehingga keuangan keluarga tidak terganggu sedikitpun dan Anda bisa membayar cicilan pinjaman tanpa beban. Lagipula, hjika bank melihat bahwa pinjama yang diajukan ternyata berbanding terbalik dengan gaji, maka mereka pasti akan menolaknya.  Selain itu, pastikan pula HP Anda selalu dalam kondisi aktif karena sewaktu-waktu pihak bank mungkin akan menghubungi Anda terkait permohonan pinjaman.

 

Semoga informasi mengenai pinjaman cepat KTA bisa mmeberikan Anda referensi untuk menentukan total jumlah pinjaman yang diinginkan sesuai kebutuhan Anda sehingga keperluan mendesak bisa diatasi dengan mudah.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.