Syarat-Syarat Pinjaman Pribadi Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

Saat ini kondisi perekonomian tanah air sedang tidak menentu dan tidak stabil dimana harga kebutuhan semakin meningkat sehingga membuat masyarakat merasa kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Akhirnya, jalan keluar satu-satunya adalah mencari pinjaman pribadi tanpa agunan yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menutupi kekurangan dama memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi jika kebutuhan itu sangat mendesak ketika Anda tidak memiliki jaminan apapun untuk dijadikan sebagai agunan. Meskipun KTA memiliki bunga tinggi namun jumlahnya tetap stabil yang artinya bunga Anda tidak akan berubah selama melunasinya. Tidak akan ada beban dalam jangka waktu panjang dikarenakan tenor atau jangka waktu sangat pendek. Seringkali masalah yang timbul dari KTA adalah tidak banyak orang yang memiliki kartu kredit.

 

Kartu kredit adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin meminta pinjaman modal dari lembaga keuangan tertentu. Namun tidak banyak orang yang mempunyai kartu kredit atau bahkan menggunakannya sebagai alat pembayaran utama karena hal ini tentu saja menjadi sebuah kendala apalagi jika seseorang tersebut tergolong bukanlah orang dengan status sosial tinggi yang harus bergaya dengan menggunakan kartu kredit. Alasan lain mengapa seseorang tidak mau menggunakan kartu kredit adalah karena mereka belum tentu bisa mengontrol pengeluaran sehingga tagihan bisa membengkak di belakang. Hal ini disebabkan karena belanja akan lebih mudah jika Anda hanya tinggal menggeseknya saja tanpa menyadari jika hutang terus menumpuk. Ketika tiba giliran membayar, maka mereka tidak mempunyai dana yang cukup.

 

Karena maasalah itulah banyak orang yang gagal mendapatkan pinjaman melalui KTA sehingga banyak bank yang mulai membuka syarat lainnya untuk nasabah yang menginginkan pinjaman sebagai berikut:

 

  • Harus warga Indonesia

Syarat paling penting dan harus dimiliki oleh setiap nasabah adalah KTP yang menunjukkan jika mereka adalah warga negara Indonesia. Data diri tersebut haruslah menunjukkan identitas sebenarnya. Bila memang warga asing yang tinggal di Indonesia, maka wajib pula untuk mempunyai KTP apabila telah berpindah kewarganegaraan.

  • Ada batasan usia

Pemberlakuan dalam memberikan dana pinjaman harus sesuai dengan umur karena tidak semua golongan umur bisa memperoleh jaminan pinjaman. Jika ingin mengajukan kredit, maka usia Anda harus diantara minimal 21 hingga 60 tahun meskipun ada pula beberapa lembaga keuangan yang memberikan kelonggaran bagi anak yang berusia di bawah 21 tahun untuk apply. Namun akan lebih baik jika tidak melakukan apply seeblum usia menginjak angka 21. Hal ini lebih mengarah menuju tingkat kematangan dari pola pikir seseorang dimana seseorang yang telah menginjak usia 21 dianggap lebih dewasa daripada remaja berusia 18 tahun yang mungkin belum mengetahui tujuan hidupnya dengan menggunakan uang pinjaman tersebut. Anda akan lebih memahami semua prosedur sekaligus persyaratan dengan baik sekaligus konsekuensi yang Anda dapatkan ketika dalam periode mengangsur. Namun jika Anda berusi lebih dari 60 tahun, maka sebaiknya tidak perlu mengajukan dana pinjaman karena sudah dapat dipastikan jika pengajuan Anda ditolak karena dinilai tak lagi prduktif.

  • Batas penghasilan

Setiap lembaga keuangan pasti memiliki kebijakan masing-masing terkait dengan adanya batasan minimal dari penghasilan yang diperoleh seseorang setiap bulannya. Selain kebijakan internal, kondisi sebuah perekonomian daerah juga turut mempengaruhi batasan minimal seseorang boleh mengajukan dana pinjaman. Apabila gaji seseorang di atas UMR daerah masing-masing, maka pengajuan dana akan lebih mudah disetujui. Akan tetapi jika dana ternyata di bawah UMR yang berlaku, maka hal ini akan menjadi masalah karena belum tentu pihak bank akan dengan mudah menyetujuinya. Asumsinya adalah gaji di bawah UMR mungkin masih sulit untuk memenuhi kebutuhan seahri-hari apalagi untuk mengangsur pinjaman.

  • Slip gaji

Sebenaranya pinjaman sangat cocok untuk pekerja yang mempunyai gaji tetap setiap bulannya namun tidak semua pekerja memang memiliki kartu kredit ataupun jaminan lain yang dapat diberikan kepada pihak bank. Jika Anda merupakan pekerja di sebuah perusahaan, maka Anda bisa melampirkan surat keterangan kerja sekaligus slip gaji yang telah ditandatangani dan distempel cap perusahaan. Hal ini dapat dikatakan sebagai cara lain untuk mengetahui gaji Anda sebenarnya dan juga sebagai pengganti dari kartu kredit.

 

Semoga informasi mengenai syarat pinjaman pribadi tanpa agunan dapat dijadikan sebagai referensi guna memilih jenis kredit tepat pilihan Anda yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus kemampuan finansial.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.