Cara Pinjam Uang di Bank dengan Syarat Tertentu

Telah diketahui oleh banyak orang jika lembaga simpan pinjam tidak hanya sebuah koperasi melainkan bank yang dinilai jauh lebih aman dibandingkan lembaga keuangan lainnya. Fungsinya sudah jelas sebagai wadah masyarakat untuk menabung atau menyimpan uangnya sekaligus menjadi sebuah tempat bagi mereka yang sedang membutuhkan dana guna memenuhi kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Jika seseorang ingin meminjam uang dari bank, maka disebut dengan kredit. Cara pinjam uang di bank pada dasarnya sama hanya saja setiap bank juga memiliki kebijakan yang berbeda satu dengan lainnya. Banyak alasan seseorang memilih untuk meminjam dana seperti pendidikan ataupun biaya perawatan rumah sakit. Jika ditelusuri lebih lanjut, maka syarat dan juga cara untuk mendapatkan pinjaman lebih mudah dari yang terbayangkan.

 

Untuk dapat memperoleh dana kredit yang diinginkan, maka seseorang harus mempersiapkan berbagai macam kelengkapan dokumen sebagai berikut:

 

  • Identitas

Sudah dipastikan jika identitas yang dimaksud adalah KTP yang menunjukkan jika Anda adalah warga negara Indonesia yang terdaftar. Apabila Anda telah berstatus menikah, maka fotokopi identitas yang harus dibawa adalah KTP suami dan istri. Hal ini berfungsi untuk meyakinkan pihak bank jika Anda benar-benar memiliki status telah menikah dan tinggal seatap dengan pasangan secara sah. Saat ini KTP juga telah menggunakan sistem elektrik sehingga memudahkan Anda pihak bank untuk mengetahui alamat Anda. Jika KTP yang dimiliki masih belum elektrik, maka sebaiknya pastikan jika alamat yang Anda tuliskan dalam formulir nanti sesuai dengan KTP karena pihak bank tidak akan mau menerima jika rumah yang ditinggali sekarang bukanlah tempat tinggal asli. Bilaman tempat tinggal Anda berbeda, maka sebaiknya mintalah surat keterangan domisili dari kelurahan yang tinggal di daerah Anda.

  • Fotokopi akta nikah

Syarat yang kedua untuk bisa meminjam uang dari bank adalah membawa fotokopi akta pernikahan Anda apabila Anda memang telah berstatus menikah. Hal ini berfungsi untuk mengetahui apakah harta yang nantinya akan dijadikan sebagai jaminan merupakan harta milik bersama atau bukan. Bila memang milik bersama, maka pengajuan pinjaman ini harus diektahui dan telah disepakati oleh kedua belah pihak baik istri maupun suami sehingga tidak timbul salah paham.

  • Kartu keluarga atau KK

Syarat lainnya untuk mengajukan kredit di bank adalah menyerahkan fotokopi KK atau kartu keluarga. Fungsi dari KK ini adalah untuk mengetahui jumlah tanggungan dalam satu keluarga baik orang dewasa maupun anak-anak sehingga nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak bank untuk menentukan apakah Anda dipercaya atau tidak untuk diberi beban membayar cicilan hutang nantinya.

  • Buku tabungan

Syarat berikutnya yang perlu Anda bawa adalah buku tabungan. Namun bukan berarti jika Anda akan membawa yang asli karena biasanya pihak bank akan meminta fotokopi tiga bulan terakhir dari buku tabungan Anda. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kemampuan finansial Anda yang akan mengajukan pinjaman sehingga nantinya pihak bank akan menjadikan rekening koran tabungan Anda sebagai bahan pertimbangan pula apakah nantinya mereka akan menyetujui permintaan itu atau tidak.

  • Slip gaji

Hal yang selanjutnya harus diserahkan adalah fotokopi slip gaji. Apabila Adna kebetulan bekerja dalam sebuah perusahaan swasta maupun negeri, maka Anda otomatis akan diminta menyerahkan slip gaji guan mengetahui berapa gaji sekaligus tunjangan yang Anda peroleh selama satu bulan. Namun ada kalanya jika Anda tidak bekerja di tempat seperti itu sehingga hal ini tidak perlu dipenuhi.

  • Jaminan atau agunan

Jaminan merupakan hal wajib yang harus disertakan ketika Anda ingin meminjam dana dari bank. Tidak semua harta benda yang Anda miliki bisa dijadikan sebagai jaminan mengingat agunan yang dimiliki haruslah mempunyai indikasi jika harga jualnya juga lebih tinggi. Bahkan harta yang dimiliki haruslah mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah dana yang diminta. Jika satu jaminan nilainya masih belum lebih tinggi dibandingkan dengan dana yang diminta, maka Anda dapat menggabungannya dengan barang lain hingga memenuhi target yang diinginkan pihak bank. Jaminan yang sering digunakan adalah BPKB kendaraan bermotor dan surat sertifikat kepemilikan tanah atau rumah.

 

Semoga informasi mengenai syarat cara pinjam uang di bank dapat Anda terapkan lebih dahulu sebelumnya sehingga semua dokumen akan lengkap.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.