Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Mengajukan pinjaman bukan untuk digunakan sebagai hura-hura ataupun membeli barang-barang yang dianggap tidak penting. Masyarakat yang meminjam dana tersebut seringkali menggunakannya untuk kebutuhan penting yang sifatnya mendesak dan juga berbarengan dengan kebutuhan lain sehingga dana yang tersedia tidak mencukupi. Berbagai kebutuhan itu bisa jadi membayar keperluan sekolah anak yang bertambah dengan adanya kegiatan-kegiatan lain, sakit parah, kendaraan yang rusak dan butuh perbaikan serta berbagai macam hal penting lainnya. Hanya saja, masyarakat masih enggan untuk meminjam dana dari bank maupun lembaga keuangan lain dan memilih untuk mencari pinjaman tanpa jaminan non bank sehingga lebih mudah untuk melakukan pelunasan tanpa harus dikejar-kejar oleh pihak bank dengan batas waktu jatuh tempo yang telah ditetapkan.

 

Namun, berbicara mengenai hal itu bukanlah hal yang mudah apalagi masyarakat pasti berpikir dimana meminjam uang tanpa perlu memberikan agunan apapun dan tak perlu melalui lembaga keuangan. Keluarga adalah jawabannya. Bila Anda telah bekerja dan masih memiliki orang tua namun ternyata ada sesuatu hal mendesak yang tidak bisa diatasi hanya dengan mengandalkan gaji sekaligus tabungan yang dimiliki, maka orang tua adalah orang pertama yang akan membantu anak-anaknya tanpa perlu balasan jasa apapun. Orang tua akan segera memberikan pinjaman tanpa perlu agunan apapun. Keuntungan dari meminjam uang kepada keluarga khususnya orang tua adalah mereka tidak akan menuntut bunga apapun sekaligus tak menuntut adanya pembayaran tambahan seperti administrasi dan sebagainya.

 

Selain itu, orang tua juga tidak akan memberikan batasan waktu atau tenor tertentu bagi Anda yang ingin meminjam uang melalui mereka sehingga Anda bisa bebas mengembalikannya. Jumlah dari besaran dana cicilannya pun bisa disesuaikan oleh diri Anda sendiri sehingga jika Anda hanya memiliki sedikit uang untuk bulan tersebut, maka berikanlah itu sebagai cicilan. Hal yang paling penting adalah, tidak dibutuhkan syarat apapun untuk mengajukan pinjaman seperti KTP ataupun slip gaji karen orang tua telah mengenal kepribadian Anda dengan baik. Cara lainnya jika orang tua tidak memiliki dana lebih adalah meminjam melalui keluarga dekat atau saudara. Dikarenakan mereka masih termasuk keluarga inti dengan Anda, maka mereka juga biasanya akan membantu selama Anda memiliki alasan yang cukup kuat mengapa Anda harus meminjam uang dari mereka.

 

Namun terdapat kelemahan dari peminjaman melalui keluarga ini karena belum tentu dana yang Anda inginkan tersedia mengingat mereka mungkin memiliki keluarga sendiri sehingga tidak mungkin mengorbankan semua uangnya untuk Anda. Selain itu, kemungkinan juga mereka sebenarnya memiliki dana yang dibutuhkan hanya saja sengaja mengatakan tidak punya karena uang selalu menjadi permasalahan utama bagi keluarga. Meskipun keluarga, namun belum tentu mereka percaya kepada Anda sepenuhnya sehingga mungkin tidak ingin jika harus merugi. Faktor sungkan dalam menagih sering menajdi alasan bagi seseorang tidak mau mengorbankan uangnya. Mereka takut jika Anda akan melupakan waktu pembayaran hutang dan karena keluarga, maka Anda beralasan jika bisa mengembalikannya kapanpun. Hal inilah yang menyebabkan saudara seringkali enggan untuk mengorbankan uangnya demi Anda.

 

Selain itu, uang bisa menjadi sumber bencana bagi perpecahan keluarga sehingga tidak sedikit keluarga yang akhirnya memutuskan silaturahmi karena adanya masalah tentang uang. Sahabat atau rekan kerja bisa dijadikan sebagai tempat Anda meminjam dana juga meskipun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai jaminan bahwa mereka akan memberikannya untuk Anda. Seberapa dekatnya Anda, jika masalah tentang uang keluar, maka mereka cenderung akan menjauh dan lebih memilih untuk tidak membahas akan hal tersebut. Mereka tidak ingin mengeluarkan uang apalagi untuk orang asing seperti Anda meskipun masih terbilang teman dekat. Bila ada sahabat atau teman yang mau membantu, maka kepercayaan akan menjadi sebuah pertaruhan disini mengingat teman tidak akan memberikan jaminan ataupun tenggat waktu apapun.

 

Mereka cenderung akan percaya pada Anda sekaligus sedikit sungkan untuk menagih hutang yang Anda miliki sehingga satu-satunya hal penting yang harus diingat adalah bagaimana cara Anda untuk menjaga kepercayaan tersebut sebaik mungkin dan membayar tepat waktu meskipun dalam bentuk cicilan sehingga kepercayaan mereka tak akan menurun.

 

Semoga informasi mengenai pinjaman tanpa jaminan non bank ini akan membantu Anda untuk lebih memahami karakter seseorang dan menjaga kepercayaan yang mereka berikan kepada Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.