Pinjaman Rekening Koran

Saat ini terdapat banyak sekali ragam produk kredit yang disediakan oleh bank dan tentu saja dalam sistem peminjaman tersebut debitur atau peminjam uang juga harus dibebani oleh bunga dengan nilai yang tidak menentu. Seiring dengan semakin meningkatnya nilai mata uang maka nominal bunga tersebut berpotensi menjadi lebih tinggi atau bertambah. Dengan demikian beban peminjam akan semakin berat. Untuk itu dalam menemukan solusi yang paling tepat Anda harus sangat cermat dalam memilih produk kredit yang paling sesuai bagi Anda seperti misalnya pinjaman rekening koran.

 

Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, kredit rekening koran ini adalah pinjaman dengan tenor berjangka pendek serta jumlah bunga yang berbeda. Yang dibebankan bunga tersebut adalah pada nominal yang digunakan oleh debitur.

 

Demikian adalah ilustrasinya:

 

Jika Anda memerlukan modal pada sebuah instansi sebesar 50 juta maka pinjaman tersebut harus dilunasi dalam waktu paling lambat selama 12 bulan. Sementara bila Anda menginginkan tenor pinjaman dalam jangka waktu yang lebih lama maka Anda diperbolehkan untuk melanjutkan dengan pengajuan pinjaman yang sebelumnya.

 

Seandainya dalam jangka waktu yang disebutkan itu dana yang terpakai hanya 20 juta dan masih tersisa 30 juta, maka yang dikenakan beban bunga adalah sejumlah 20 juta tersebut sementara sisanya hanya dikembalikan tanpa beban bunga. Keuntungan produk pinjaman ini bagi debitur adalah tarif bunga yang menjadi beban peminjam hanyalah pada nominal yang digunakan saja. Untuk mendapatkan informasi tentang jumlah dana yang terpakai dan tak terpakai digunakan beberapa sistem monitoring. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar kedua belah pihak tak ada yang merencanakan kecurangan dalam sistem kredit rekening koran ini.

 

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karakter dari kredit rekening koran adalah fasilitas pinjaman yang diperuntukkan untuk membiayai modal usaha yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi modal kerja yang terpakai dalam siklus dengan jangka waktu maksimal setahun. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa bentuk sistem kredit ini adalah rekening koran, penarikan dimungkinkan untuk dilakukan setiap saat, penarikan dana bisa menggunakan cek/BG, perhitungan beban bunga untuk debitur dihitung dari dana yang terpakai, pembayaran pinjaman bisa dilakukan ketika jatuh tempo.

 

Seandainya seluruh nominal pinjaman terpakai seluruhnya maka beban bunga yang harus ditanggung peminjam pun akan tetap ringan. Inilah beberapa keunggulan lain yang juga dipunyai oleh sistem kredit ini, antara lain, adalah:

  • Jangka waktu pinjaman yang singkat dengan jumlah kredit yang maksimal.
  • Debitur diperbolahkan mengajukan perpanjangan bila tenor yang sebelumnya disepakati masih kurang dalam melunasi pinjaman.
  • Meski salah satu persyaratan pinjaman adalah dengan agunan tetapi syarat serta ketentuan kredit rekening koran masih tergolong ringan dan mudah.

 

Beberapa keunggulan produk kredit tersebut sebagaimana yang telah diulas di atas memang menguntungkan bagi semua pihak yang menjadi debitur. Hal ini terutama bagi Anda yang berniat untuk memperoleh berbagai manfaat serta kelebihan dalam sistem pinjaman ini. Daripada mengajukan pinjaman kredit konvensional kredit rekening koran adalah alternatif finansial yang layak dipertimbangkan.

 

Selain itu, untuk tingkat bunga yang wajib dibayarkan serta besarnya agunan disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di beberapa lembaga peminjaman tersebut atau bank. Pada instansi yang berbeda, meskipun program kredit yang ditawarkan sama tetapi sistem pelaksanaannya berlainan. Untuk mendapatkan produk kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu untuk memperoleh instansi yang tepat serta sistem kredit yang benar-benar bisa membantu Anda.

 

Dalam pinjaman rekening koran ini debitur mempunyai keleluasaan dalam mengatur sekaligus memprediksi budget yang diperlukan. Tentu saja untuk memperoleh hasil dari permohonan pinjaman tersebut Anda tetap diwajibkan untuk mempersiapkan berbagai persyaratan serta ketentuan yang diberlakukan. Hal ini bisa mempengaruhi kecepatan cairnya pinjaman dana yang Anda ajukan serta menjadi perisai keuangan untuk keperluan usaha serta kebutuhan lainnya.

 

Nah, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan sekaligus menjadi referensi yang berharga bagi Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha atau pun keperluan lainnya.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.