Contoh Pembuatan Surat Penawaran Produk dalam Bahasa Inggris – Terkadang masalah dalam dunia bisnis tidak hanya perkara modal pinjaman melainkan juga masalah lain yang berkaitan dengan bahasa, tulis-menulis surat dan strategi marketing lainnya.

Oleh sebab itu, Anda juga harus memahami dengan benar berbagai masalah lain termasuk juga ketika Anda ingin menulis surat penawaran suatu produk tertentu kepada perusahaan lain dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris memang menjadi kendala tersendiri apalagi untuk urusan formal seperti surat penawaran.

Memang benar jika Bahasa Inggris boleh saja sudah familiar di telinga kita. Namun, ketika berhubungan dengan penulisan surat penawaran suatu produk tentu surat tersebut harus ditulis dengan Bahasa Inggris formal, terstruktur, gaya bahasa benar dan tentu ditulis dengan menggunakan konsep penulisan surat penawaran sesuai dengan prosedur.

Namun, sebelum Anda memulai membuat surat penawaran berdasarkan contoh di bawah ini, tentunya ada baiknya untuk mengenal pengertian surat penawaran.Ā Contoh Pembuatan Surat Penawaran Produk dalam Bahasa Inggris.

Pengertian danĀ Fungsi Surat Penawaran

Surat penawaran bisa didefinisikan sebagai surat yang berisi penawaran atas barang atau jasa dari perusahaan yang menawarkan dengan surat tersebut kepada perusahaan lain yang membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan. Jadi, surat ini berisi tentang permohonan menawarkan sesuatu barang atau jasa.

Memang, biasanya surat penawaran ini digunakan dengan Bahasa Indonesia. Hanya saja ada beberapa perusahaan yang mengharuskan surat penawaran tersebut dibuat dengan Bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, surat penawaran ini harus dibuat dengan benar sehingga bisa meyakinkan pihak yang ditawari produk tersebut. Hal ini dikarenakan surat penawaran memiliki beberapa fungsi seperti;

Syarat Pembuatan Surat Penawaran

Jika Anda perhatikan beberapa contoh surat penawaran dalam Bahasa Inggris, maka pada dasarnya syarat atau konten yang ada surat penawaran tersebut sama dengan surat penawaran pada umumnya yang berbahasa Indonesia.

Letak perbedaannya hanya ada pada penggunaan Bahasa Inggris-nya saja. Oleh sebab itu, dalam surat penawaran ada beberapa syarat yang harus diperhatikan;

1. Name, Address, and Contact Number

The upper column of the offering letter is filled up with name of the company that sends the letter to offer the products. Besides name, make sure to put the company address and contact number. For example:

PT. Maju Bersama

Jl. Bintang Lima no 21, (0274)

Yogyakarta

2. How to wirte place, date, month, and year

As with any other letters, make sure to put place where the letter is written, date, month, and year, after writing the name of offering company. For instance, Yogyakarta, April 13rd, 2016

3. Recipient Name and Address

The next column is filled up with the recipient. The letter may be sent to an officer responsible for the offer or name of the company. For instance:

General Manager of PT Sukatawa

Jln Pelangi no 10

Yogyakarta

4. Content

The content begins with brief introduction about the offering company and the products beingoffered. Then, the next column is filled with background of the offering letter, for instance, due to information that PT Sukatawa is in need of certain products. The next column is filled with some interesting offers and detailed information on the items and prices, which are put in the copy page of the letter.

5. Closing

This column is filled with closing statement and invitation for partnership. In addition, make sure to write your expectation that PT Sukatawa allocates certain time for your company to give detailed presentation.

6. Letter Maker

At the end of the letter, make sure to tell your gratitude, put the company name and name of the person who writes the offering letter, for instance:

Sincerely yours,

PT Maju Bersama

Tedjo Prasetjo

Marketing Manager


Akhir Kata

Nah, itulah contoh dalam membuat surat penawaran. Selanjutnya, tinggal kemampuan Bahasa Inggris Anda untuk bisa membuat surat penawaran ini dalam bahasa Inggris yang baik dan benar serta halus menurut susunan Bahasa Inggris.

Ada baiknya Anda meminta jasa seseorang yang bisa menulis surat penawaran dalam bahasa Inggris yang baik sehingga isi surat akan lebih mengena pada sasaran pasar dan akan meningkatkan jumlah penghasilan melebihi dari modal pinjaman yang sudah dipakai.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.