Kelebihan dan Kelemahan Kredit Tanpa Agunan

Kebutuhan mendesak seringkali menjadi masalah bagi banyak orang karena datang dengan tiba-tiba atau tak terduga. Apalagi jika hal tersebut datang ketika seseorang tidak memiliki dana lebih untuk mengatasinya. Diperlukan dana pinjaman untuk mampu menutupi kekurangan yang harus diatasi karena belum tentu dana yang dimiliki kini cukup untuk menutupi kekurangan yang ada. KTA atau kredit tanpa agunan dinilai pilihan yang terbaik karena seseorang bisa mendapatkan suntikan dana dengan cepat tanpa harus memberikan jaminan apapun kepada pihak yang memberikan pinjaman dan dalam hal ini adalah lembaga keuangan. Hal ini sekaligus bisa membantu pihak yang tidak memiliki rumah ataupun mobil yang biasanya menjadi agunan atau jaminan.

 

Menggunakan KTA memberikan banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dengan mudah dan tanpa syarat apapun sebagai berikut:

 

  • Syarat yang lebih mduah dibandingkan kredit multiguna

Seperti yang telah diketahui jika KTA diberikan tanpa ada syarat yang menyuruh seseorang untuk menyertakan jaminan barang mewah yang bernilai dari pihak debitur kepada pihak kreditur sebagai penyedia dana. Hal ini tentu saja membantu bagi seseorang yang tidak atau belum punya rumah pribadi beserta kendaraan. Syarat yang hanya diminta oleh pihak kreditur biasanya adalah kartu keluarga, identitas diri lengkap seperti KTP, catatan dari pengeluaran kartu kredit bulan sebelumnya dan formulir yang perlu diisi. Bila diharuskan mengisi formulir lengkap, saat ini banyak pihak lembaga keuangan yang menyediakan formulir secara online melalui situs resmi yang bisa diunduh dengan mudah sehingga Anda hanya tinggal menunggu kabar melalui internet ataupun HP jika kredit Anda diluluskan.

  • Masa pencairan dana yang sangat cepat

Keunggulan lain yang bisa diperoleh dari KTA adalah proses pencairan dana yang sangat cepat bahkan bisa cair hanya dalam waktu sekitar dua hingga tiga hari. Oleh sebab itu, KTA sangat cocok untuk seseorang yang benar-benar membutuhkan dana mendesak dengan segera tanpa ribet. Dikarenakan tidak membutuhkan jaminan, maka pihak bank atau lembaga keuangan lainnya hanya bisa mengurusnya dengan cepat dan dana yang dibutuhkan bisa cair dalam waktu singkat. Meskipun tidak dibutuhkan jaminan apapun, namun persyaratan yang telah diajukan juga akan tetap diperiksa kelayakannya sebelum mencairkan proses dana. Semakin lengkap data yang Anda berikan, maka akan semakin cepat pula dana yang akan turun.

  • Hampir semua bank menawarkan KTA

Keuntungan berikutnya adalah Anda tidak perlu bingung dan juga repot dalam mencari bank atau lembaga keuangan lain yang menyediakan KTA karena hampir semua bank memiliki produk pinjaman ini dan sebagian diantarannya bahkan gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pangsa pasar sekaligus permintaan konsumen yang semakin meningkat. Oleh karena itu, hal yang harus Anda butuhkan hanyalah memikirkan jumlah dana yang diinginkan sesuai kebutuhan sekaligus membandingkan kredit dari beberapa bank berbeda sehingga menemukan yang terbaik.

 

Meskipun terdapat beberapa keuntungan dari KTA, namun masih ada kelemahan yang ditemukan dan perlu diketahui oleh mereka yang berencana menggunakan KTA sebagai jenis pinjaman yaitu:

 

  • Bunga yang relatif lebih tinggi

Kekurangan yang dimiliki oleh KTA adalah suku bunga yang sangat tinggi karena tidak adanya jaminan yang dipegang oleh pihak kreditur sehingga cara mendapatkan jaminan ataupun rasa aman adalah dengan menyertakan bunga tinggi. Tak sedikit nasabah yang akhirnya merasakan beban atau keberatan karena harus membayar bunga yang tinggi tersebut.

  • Wajib memiliki kartu kredit

Salah satu penyebab banyak orang yang gagal untuk mendapatkan kredit adalah karena tidak memiliki kartu kredit dan hal itu adalah syarat penting dan utama dari bank yang menawarkan KTA. Bahkan kepemilikan kartu kredit haruslah selama satu tahun. Jika seandainya Anda tidak menggunakan kartu kredit, maka Anda harus menjadi pengguna tetap dari layanan payroll bank terkait. Seringkai calon peminjam tidak mengetahui keberadaan syarat ini sehingga mereka sering ditolak setelah mengajukan permintaan peminjaman.

 

Semoga informasi mengenai kelebihan serta kelemahan kredit tanpa agunan bisa menjadi sebuah referensi untuk Anda dalam menentukan jenis pinjaman yang sesuai kebutuhan dan kondisi finansial.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.