Kelebihan dan Kekurangan Kredit Multiguna

Pinjaman terkadang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia meskipun tidak semuanya pernah meminjam uang dalam jumlah yang banyak. Bukan berarti jika meminjam uang artinya adalah tidak mampu hanya saja kebutuhan seseorang di saat itu mungkin sedang berbarengan dan tidak pengeluaran juga lebih tidak terkontrol. Mungkin KTA menjadi pilihan bagi banyak orang yang menginginkan dana cepat tanpa adanya jaminan apapun. Namun bunga yang tinggi membuat mereka lebih berpikir untuk memilih kredit multiguna yang mempunyai bunga jauh lebih rendah meskipun harus membuat perjanjian berupa pemberian jaminan agunan. Salah satu alasan mengapa kredit jenis ini sangat disukai adalah karena seseorang dapat memperoleh uang yang banyak dalam jumlah besar sekaligus dibandingkan dengan KTA.

 

Sebagai contohnya Anda sedang membutuhkan dana sekitar Rp 1 milyar guna keperluan bisnis dan rumah adalah lahan penghasilan dari semua masalah tersebut. Jika berbicara mengenai rumah, maka hanya ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama adalah menjual rumah untuk memperoleh dana hanya saja resikonya adalah Anda kehilangan rumah kecuali jika memiliki rumah lainnya. Kedua adalah menjadikannya jaminan kemudian melunasinya kembali perlahan sehingga rumah akan menjadi milik Anda kembali. Jika dipertimbangkan dengan baik, Anda cenderung lebih memilih cara kedua yang dinilai lebih aman karena tidak perlu harus kehilangan rumah dan jika tidak mampu melunasinya, maka hal tersebut adalah perkara lain karena semua tergantung Anda sebagai debitur.

Bila berbicara mengenai kelebihannya, maka kredit ini mempunyai lebih dari cukup hal yang membuat Anda akan lebih memilh menggunakannya sebagai berikut:

  • Dana pemakaiannya lebih fleksibel

Keunggulan dari kredit ini bila dibadningkan dengan KTA adalah dananya lebih fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Jika KTA hanya bisa digunakan untuk satu tujuan saja kemudian dana bisa langsung habis seperti tujuan konsumtif, maka multiguna berbeda. Sesuai dengan namanya yaitu multiguna sehingga dana yang diberikan bisa untuk dialokasikan guna berbagai kebutuhan seperti bisnis, pernikahan, kesehatan, pendidikan dan bila terdapat sisa, mungkin dapat digunakan sebagai liburan. Menilik dari keunggulan ini, tak heran bila banyak orang lebih memilih pinjaman serbaguna.

  • Jangka waktu yang lebih panjang

Tenor dari limit kredit serbaguna sangat linggi dan cukup lama sehingga Anda memiliki kesemapatan dan banyak waktu untuk membayar hutang lebih lama sehingga bisa membagi dana dan mengatur keseimbangan finansial lebih baik. Melihat dari hal itu, maka banyak bank yang juga berlomba untuk memperoleh nasabah yang ingin melakukan kredit dengan memberikan tenor hingga 10 tahun bahkan ada pula yang lebih sehingga mampu memberikan waktu lebih lengang kepada nasabah supaya mereka tidak merasakan berat dalam membayar pinjaman. Tentu saja keunggulan seperti ini tidak dimiliki oleh KTA yang hanya mempunyai tenor waktu hanya sekitar tiga tahun saja.

  • Limit pinjaman yang tinggi

Keunggulan lainnya dari simpanan multiguna adalah limit atau plafon pinjaman yang tinggi. Mengapa demikian? Karena aset yang dijaminkan juga mempunyai nilai tinggi seperti rumah atau kendaraan bermotor. Dengan demikian, resiko bank yang dapat merugi akibat ketidakmampuan nasabah membayar hutang juga akan lebih kecil dibandingkan KTA yang tidak memiliki jaminan.

 

Meski mempunyai beberapa keunggulan utama, namun setiap jenis kredit pun memiliki sedikit kelemahan sebagai berikut:

 

  • Aset akan hilang bila tidak bisa mengangsur hutang

Kekurangan dari kredit ini adalah aset Anda mungkin akan hilang apabila tidak mampu membayar hutang tepat waktu atau terlalu banyak menumpuk hutang. Pihak bank yang terkait akan menyita aset tersebut bila mengalami kredit macet. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka sebaiknya aturlah dana dengan baik sehingga mampu untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dengan angsuran hutang.

  • Proses pengajuannya lebih lama

Dikarenakan kredit ini membutuhkan rumah ataupun mobil sebagai jaminan, maka proses pengurusannya pun lebih lama daripada KTA yang hanya dua hingga tiga hari saja sebelum daan cair. Hal ini dikarenakan jika pihak bank terkait membutuhkan waktu demi menilai apakah aset yang telah diajukan tersebut sudah memenuhi syarat dari pihak bank dan nilainya sama dengan jumlah pinjaman.

 

Semoga dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan kredit multiguna akan membuat Anda lebih baik dan bijak dalam menentukan jenis kredit yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.