5 Tanda Anda Tidak Cocok Menjadi Seorang Salesperson

5 Tanda Anda Tidak Cocok Menjadi Tenaga Penjual

5 Tanda Anda Tidak Cocok Menjadi Salesperson – Banyak orang yang memilih untuk menjadi seorang tenaga penjualankarena menawarkan fleksibilitas pekerjaan dan potensi untuk mendapatkan komisi yang tidak terbatas.

Masalahnya adalah tidak semua orang cocok untuk bekerja sebagai sales. Setidaknya, Anda harus memiliki kualitas pribadi yang mampu membuat Anda berkembang dalam pekerjaan ini.

Namun, jika Anda memiliki 5 buah tanda di bawah ini, itu artinya Anda tidak cocok untuk bekerja sebagai tenaga penjualan.

5 Tanda Anda Tidak Cocok Menjadi Salesperson

Takut dengan Penolakan

visi bisnis - hal yang paling disesali pebisnis saat menjalankan usaha - risiko yang dihadapi pebisnis - 5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan - gagal - takut - sedih - 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda takut dengan penolakan dari berbagai pihak, maka inilah kenyataan yang harus dihadapi sebagai seorang tenaga penjual. Salesperson adalah orang yang bisa cepat pulih saat mereka menghadapi penolakan dari banyak pihak.

Jika Anda takut mendengar penolakan, maka hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan Anda untuk menemukan klien baru yang potensial. Anda harus bisa menangani penolakan sebagai bagian dari pekerjaan dan tidak bisa menghindarinya.


Anda Tidak Termotivasi dengan Uang

pengelolaan arus kas yang baik - keuangan menjelang liburan - Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan dengan Bijak

Tenaga penjual terbaik adalah mereka yang termotivasi untuk mendapatkan komisi sebanyak mungkin dengan cara mengejar target penjualan.  

Meskipun demikian, faktor uang bukanlah alasan yang utama, mereka mampu bersikap realistis karena uang diperlukan bagi kehidupan. Tanpa adanya motivasi seperti ini, Anda tidak akan memiliki alasan untuk bekerja dengan keras.


Memiliki Sikap Pesimis

visi bisnis - hal yang paling disesali pebisnis saat menjalankan usaha - risiko yang dihadapi pebisnis - 5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan - gagal - takut - sedih

Saat berhadapan dengan klien, seorang sales harus mempertahankan sikap yang positif. Orang yang memiliki sikap optimis dapat menangani masalah penjualan yang terjadi.

Jangan sampai target penjualan yang tidak tercapai atau kehilangan klien potensial memberikan dampak negatif dalam pekerjaan Anda.


Anda Suka Menunda Pekerjaan yang Harus Dilakukan

Jika Anda bisa membuat panggilan telepon hari ini untuk mendapatkan prospek baru, maka untuk apa menunggu sampai besok pagi. Seorang sales person tidak boleh menunda pekerjaan, sebab akibatnya mereka bisa sulit membangun hubungan dengan klien baru dan mendapatkan penjualan.

Jika Anda masih memiliki pola pikir seperti ini, maka bersiaplah akan ada kompetitor yang mencuri kesempatan dan potensi pelanggan yang seharusnya Anda dapatkan.


Anda Terlalu Sensitif

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor - melamar kerja kandidat kerja

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa tenaga penjualan pasti akan menerima penolakan dari klien potensial.

Anda harus memahami dengan baik bahwa penolakan tersebut tidak bersifat pribadi dan Anda tidak perlu terlalu sensitif dengan masalah tersebut.

Saat klien mengatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk bergabung, mungkin saja itu karena alasan bisnis yang lain dan bukan karena klien tidak suka dengan Anda.

Seorang tenaga penjualan yang sukses adalah mereka yang mampu memisahkan bisnis dengan kehidupan pribadi mereka.

Tidak hanya itu, untuk sukses diperlukan keterampilan dan keahlian yang terus berkembang. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga penjualan adalah keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Anda bisa melatih keterampilan di atas melalui pelatihan dan kursus di lembaga pendidikan non-formal yang kredibel. Hanya saja masih ada sebagian tenaga penjual yang tidak bersedia menggunakan langkah ini, karena berpikir bahwa biaya pendidikan cukup mahal untuk diikuti.

Padahal saat ini, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana untuk mengikuti pendidikan dan kursus di bidang tertentu lewat KoinPintar.

Ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh KoinWorks untuk Anda yang berencana untuk melanjutkan pendidikan, baik formal maupun non-formal.

Suku bunga rendah yang ditawarkan KoinPintar sangat rendah, yakni mulai dari 0,75% per bulan saja. Pembayaran pendidikan Anda nantinya bisa dicicil hingga 12 bulan ke depan.

Itulah 5 buah tanda yang menunjukkan bahwa Anda tidak cocok untuk bekerja sebagai tenaga penjual. Segera perbaiki diri menjadi lebih baik, jika Anda menemukan salah satu tanda yang telah disebutkan di atas.

Jika biaya masih menjadi pertimbangan utama Anda, mengapa tidak mencoba untuk mengajukan dana pendidikan dari KoinPintar?

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.