Home » Blog » Bisnis & UKM » Wajib Tahu! 3 Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) untuk Bisnismu 

Wajib Tahu! 3 Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) untuk Bisnismu 

·
2 menit

Sudah tahu apa itu Point of Sale?

Point of Sale atau POS adalah sistem kasir digital (biasanya berbentuk software atau aplikasi) yang digunakan untuk mengatur dan mempermudah segala kebutuhan bisnis agar menjadi lebih efisien dan terintegrasi di dalam satu sistem secara otomatis.

Aplikasi POS membantu pengusaha mengoperasionalkan segala kebutuhan bisnis, dari mulai pengaturan stok, penjualan, sampai pemesanan. 

Bukan hanya itu, POS juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membantu pengusaha mengembangkan bisnisnya dengan go-digital.

Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini!


  1. Menyederhanakan Seluruh Proses Penjualan

Aplikasi POS disertai dengan berbagai fitur yang dibutuhkan pengusaha untuk menjalankan segala urusan bisnis, dari mulai persiapan, eksekusi, sampai pembelian.

Itu semua akan diintegrasikan secara otomatis sehingga pebisnis tidak perlu menginput data ataupun mengoperasionalkan setiap kebutuhan secara manual dan satu per-satu.

Selain membantu penginputan data, aplikasi POS juga membantu pebisnis melakukan analisis penjualan, aktivitas toko, hingga bisa memberikan laporan keuangan secara otomatis. 

Aplikasi POS umumnya dilengkapi dengan beberapa fitur lain, di antaranya:

  1. Pencatatan transaksi 
  2. Penjualan dan retur penjualan toko, serta pencatatan struk/faktur penjualan
  3. Pencatatan transaksi dan pergerakan barang masuk atau ke luar toko
  4. Pencatatan biaya-biaya lain 
  5. Pencatatan performa dari tim sales toko
  6. Pembuatan laporan-laporan otomatis secara langsung dapat tersedia untuk membantu analisis aktivitas toko, dimulai dari laporan penjualan, stok barang, keuntungan kotor per-barang, biaya-biaya toko, sampai untung dan rugi bersih toko.

2. Meminimalisir dan Mencegah Kesalahan Administrasi 

Karena POS membantu pengusaha mengoperasionalkan bisnisnya secara otomatis dan terintegrasi, berbagai kemungkinan kesalahan input ataupun kesalahan administratif lainnya bisa diminimalisir.

Hal itu bisa memperlancar jalannya bisnis, karena kesalahan sedikit saja bisa mengganggu data yang masuk untuk kebutuhan analisis dan laporan keuangan.

3. Membuat Proses Transaksi menjadi Lebih Terstruktur  

Hasil kerja sistem POS akan melahirkan laporan-laporan keuangan otomatis tanpa perlu dibuat secara manual oleh pengusaha.

Laporan tersebut kemudian akan dianalisis sehingga hasilnya bisa membantu pengusaha membuat strategi dan eksekusi yang tepat untuk mengoptimalkan penjualan.

Sementara itu, aspek bisnis yang kurang optimal, seperti stok yang bergerak lambat (kurang laku), bisa diidentifikasi untuk menjadi masukan dalam strategi di masa depan.

Sudah tahu, apa saja manfaat POS untuk bisnismu? Bisa membantu kamu beradaptasi di era digital, kan?

Masih banyak kelebihan dan manfaat lain yang bisa kamu dapatkan, apalagi dengan berlangganan POS di Olsera.

Olsera lebih dari sekadar POS biasa, karena Olsera menawarkan fitur POS yang sudah terintegrasi dengan toko online, mobile app, pesan online, pencatatan transaksi, CRM, promosi, absensi karyawan, analisis laporan, dan masih banyak lagi!

Semua kebutuhan bisnismu kini bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat satu klik saja. 

Pakai layanan Olsera, belinya di KoinWorks Business Marketplace aja! Bisa lebih hemat jutaan rupiah, plus berhadiah menarik setiap transaksinya. 

Klik di sini dan dapatkan POS pilihanmu dengan harga lebih murah!

Selma Kirana
A passionate digital marketer with strong background in communication and journalism.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​