Berikut penjelasan cara pembayaran kredit multiguna yang mungkin bermanfaat untuk dijadikan gambaran sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan jenis pinjaman ini. Kredit multiguna merupakan jenis pinjaman yang kini semakin banyak diminati oleh masyarakat. Sesuai dengan namanya, kredit multiguna memiliki kegunaan yang sangat beragam. Anda bisa menggunakan jenis pinjaman ini untuk memenuhi segala macam keperluan Anda asalkan Anda memiliki barang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan, jenis jaminan yang biasanya digunakan untuk jenis pinjaman ini adalah jaminan berupa tanah atau bangunan.

Secara umum persyaratan kredit multiguna tidak jauh berbeda dengan jenis kredit bank dan lembaga keuangan lainnya, yaitu peminjam harus melengkapi dokumen-dokumen seperti KTP, Akta Nikah (jika sudah menikah) Kartu Keluarga, Slip Gaji, Rekening Tabungan Bank, foto, NPWP, surat penyerahan agunan, dan surat permohonan kredit. Di Indonesia sendiri terdapat dua lembaga penyedia layanan kredit multiguna, yaitu bank dan multifinance. Kedua lembaga keuangan ini memberikan fasilitas pinjaman untuk masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan ketetapan syarat dan ketentuan produk kredit multiguna yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Pinjaman kredit multiguna biasanya membutuhkan proses yang lebih lama jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya. Pihak bank atau lembaga multifinance biasanya akan memberikan kabar minimal 2 minggu untuk menyetujui aplikasi pinjaman yang Anda ajukan. Hal itu dikarenakan pihak pemberi pinjaman tersebut harus memeriksa secara seksama apakah agunan yang Anda berikan layak diterima atau tidak. Dengan begitu sifat pinjaman ini tidak bisa digunakan untuk memenuhi keperluan yang sangat mendesak. Kredit multiguna biasanya digunakan oleh anggota masyarakat untuk membuka usaha profesional, membiayai pendidikan dan keperluan investasi dalam jumlah yang cukup besar. Untuk pembebanan suku bunga kepada peminjamnya, kredit multiguna menggunakan tiga jenis pembebanan suku bunga, yaitu suku bunga efektif, suku bunga bunga flat, dan suku bunga floating. Lalu bagaimanakah cara pembayaran kredit multiguna ini? Apakah cara pembayarannya sama dengan produk pinjaman lainnya?

Pihak bank atau lembaga multifinance yang menyediakan layanan pinjaman kredit multiguna ini selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabahnya. Pihak bank atau lembaga multifinance akan memberikan kemudahan kepada para peminjam untuk melakukan pembayaran angsuran pinjaman setiap bulannya. Pembayaran angsuran pinjaman kredit multiguna bisa dibayarkan dengan cara transfer layanan antar bank via ATM, melakukan penyetoran secara langsung ke teller, atau melalui auto debet dari rekening debitur. Untuk nasabah yang sudah memiliki tabungan pada bank yang memberikan dana kredit maka bank tersebut akan memberlakukan auto debet sesuai dengan persetujuan yang telah disepakati bersama.

Auto debet sendiri merupakan pembayaran elektronik yang dibuat langsung dari rekening bank. Jenis pembayaran ini memungkinkan pihak bank untuk menarik sejumlah dana dari rekening peminjam guna pembayaran tagihan angsuran. Jenis pembayaran melalui auto debet ini dinilai lebih praktis dan mudah, karena sudah tersistem secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir terlambat melakukan pembayaran angsuran pinjaman karena lupa atau dikarenakan kendala lainnya. Selain memberikan fasilitas pembayaran angsuran pinjaman, auto debet juga bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran lainnya, seperti cicilan pembelian barang, pembayaran telepon, listrik dan lain-lain

Satu hal yang perlu Anda ingat saat periode pembayaran angsuran pinjaman kredit multiguna adalah bahwa jenis suku bunga yang diberlakukan oleh jenis kredit multiguna ini tidak selalu menggunakan suku bunga flat atau tetap. Sehingga besaran angsuran yang harus dibayarkan di tahun pertama bisa saja memiliki perbedaan dengan besaran angsuran yang harus dibayarkan pada tahun-tahun berikutnya. Sedangkan untuk waktu jatuh temponya sendiri, pembayaran angsuran pinjaman biasanya akan ditentukan pada tanggal yang sama dengan saat Anda melakukan pembayaran angsuran pertama kali. Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan pembayaran kredit multiguna yang bisa Anda jadikan gambaran sebelum mengajukan pinjaman ini. Pastikan agar Anda mengetahui tanggal jatuh tempo dan memahami cara pembayaran angsuran pinjaman kredit multiguna secara jelas untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada saat periode pembayaran angsuran pinjaman tersebut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.