4 Solusi Mengatasi Gagal Bayar KTA Dengan Mudah

·
3 menit
default npl gagal bayar pinjaman investasi - koinworks

Kredit Tanpa Agunan memang menguntungkan pihak debitur untuk mendapatkan suntikan dana besar dalam waktu cepat tanpa perlu mengajukan dana apapun. Namun sudah bukan rahasia lagi jika suku bunga KTA tinggi sehingga banyak orang yang mengalami kegagalan. Terdapat beberapa solusi mengatasi gagal bayar KTA yang bisa diterapkan supaya hutang bisa lunas dalam waktu cepat sekaligus kondisi finansial Anda tetap membaik.

Apa Saja Solusi Mengatasi Gagal Bayar KTA?

Agar hidup Anda menjadi tenang dari kejaran debt collector, maka lakukanlah solusi mengatasi gagal bayar KTA berikut ini:

  • Mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial Anda

Satu hal penting yang harus diingat jika tidak ingin mengalami kegagalan pada saat mengangsur hutang atau yang disebut kredit macet adalah pinjamlah dana sesuai dengan kondisi finansial Anda. Sebuah pinjaman harus berdampingan dan memiliki rasio yang sesuai dengan penghasilan Anda sehingga rasio tersebut nantinya tidak akan melewati atau melebihi penghasilan yang diperoleh. Untuk terhindar dari berbagai macam masalah akibat terlilit hutang, Anda harus membuat pengalokasian anggaran dari finansial Anda dengan total pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya agar berbagai macam kebutuhan lain bisa terpenuhi dan pelunasan hutang bisa dipenuhi. Dengan adanya anggaran, maka kebutuhan akan pelunasan suku bunga hutang beserta dengan kebutuhan pribadi atau keluarga bisa sejalan. Jika Anda sadar kebutuhan hidup yang harus dipenuhi besar apalagi bila harus membayar hutang pokok beserta bunganya, maka pastikan untuk tidak mengajukan batasan atau plafon tinggi yang harus dibayar setiap bulannya. Pastikan hutang tidak akan membuat Anda sengsara.

  • Menghindari pinjaman untuk kebutuhan konsumtif

Mengajukan sebuah pinjaman memang merupakan sebuah hak individu dan tidak ada yang bisa melarangnya. Namun Anda harus memastikan jika pinjaman yang Anda buat itu bermanfaat untuk masa depan dan benar-benar dibutuhkan untuk menutupi kekurangan. Mengajukan pinjaman bukan untuk gaya konsumtif dan tidak untuk berfoya-foya karena masih ada tanggung jawab di belakangnya yang harus Anda penuhi yaitu membayar cicilan hutang KTA yang jangka waktunya sangat pendek sekaligus suku bunga yang tinggi sebab tidak adanya jaminan. Penggunaan dana pinjaman untuk sekedar bergaya atau memenuhi kebutuhan hidup yang tidak berguna akan menyebabkan Anda terlilit hutang yang akan membebani Anda dalam melunasinya. Disini sikap bijaksana Anda dalam mengajukan hutang harus menjadi prioritas dan ajukan pinjaman jika benar-benar dibutuhkan dan bila ada kebutuhan yang mendesak seperti sakit mendadak, biaya pendidikan, ataupun berbagai macam kebutuhan mendesak lainnya.

  • Jangan menunda mengangsur cicilan

Kewajiban para pemilik hutang setelah mendapatkan dana cair adalah membayarnya kembali setiap bulan. Seringkali banyak orang yang menunda-nunda untuk membayar atau membayar dana sekaligus dalam beberapa bulan. Namun perlu diketahui jika terlalu sering menunda cicilan akan membuat Anda menjadi lebih terbebani dalam mengangsurnya sekaligus hutang semakin menumpuk lebih banyak lagi. Penundaan pembayaran sering disebabkan karena dana yang digunakan untuk mencicil ternyata dipakai terlebih dahulu untuk membayar berbagai macam kebutuhan lainnya. Perlu diketahui jika membayar hutang terlambat akan semakin menambah jumlah hutang karena adanya denda dari pihak bank. Bila kondisi seperti ini terus berlanjut, maka hanya tinggal menunggu waktu saja jika kebiasaan menunda cicilan akan menjadi petaka untuk Anda yang akan ditagih oleh debt collector. Selalu sisihkan dana di awal terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk kebutuhan lain agar Anda tidak merasa terbebani.

  • Membuat rescheduling

Jika Anda belum mampu melunasi hutang karena suatu kebutuhan lainnya, maka Anda bisa berunding dengan pihak bank atau lembaga keuangan terkait untuk melakukan penjadwalan ulang akan pelunasan hutang Anda yang disebut dengan rescheduling. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari kredit macet yang berujung pada penyitaan barang-barang karena tidak mampu melunasinya. Sebagai contoh misalnya Anda memiliki kredit kendaraan yang harus dilunasi dalam waktu hanya satu tahun saja namun ternyata macet di tengah jalan karena sesuatu hal. Guna menghindari kerugian, maka pihak bank akan melakukan reschedule ulang tenor pinjaman menjadi tiga tahun sehingga Anda bisa melakukan penyicilan kembali dengan nominal yang tentunya lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Semoga informasi mengenai solusi mengatasi gagal bayar KTA akan membuat Anda lebih bijak dalam melakukan pengajuan pinjaman KTA guna menghindari masalah finansial lainnya.

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​