8+ Fitur Penting yang Wajib Dimiliki Sistem Toko Online

Punya toko online di banyak marketplace? Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan untuk mengurusnya nih!

Mulai dari, upload produk, manajemen stok barang, balas chat customer, sampai urusan pengiriman barang ke pelanggan.

Memang terlihat mudah tetapi kenyataannya sangatlah sulit kalau semuanya harus kamu urus secara manual. Maka dari itu, ada yang namanya sistem toko online untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola operasional bisnis agar lebih mudah.

Tapi, kamu juga tidak boleh sembarangan memilih software omni channel dan harus memastikan fitur yang tersedia lengkap. Berikut ini, beberapa fitur penting  di sistem kelola toko online.

Sudah Terintegrasi ke Banyak Channel Penjualan

Fitur sistem omnichannel pertama adalah bisa terintegrasi dengan seluruh channel penjualan online sehingga dapat memudahkan para pebisnis yang memiliki banyak toko di berbagai marketplace. 

Dari yang sebelumnya kamu mesti mengurusnya satu persatu toko, sekarang kamu udah bisa mengelola seluruh toko online baik yang ada di marketplace, social commerce, dan website toko online hanya di satu dashboard saja.

E-commerce adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Fitur Sync Stock Otomatis

Salah satu kendala yang mungkin sering dialami oleh seller online adalah manajemen stok barang. Terkadang ketika ada penjualan barang di satu toko, mau tidak mau kamu mesti mengubah stoknya di setiap marketplace agar sesuai dengan ketersediaan stok fisik.

Nah, supaya kamu nggak perlu lagi mengeceknya secara manual, kamu dapat menggunakan fitur sinkronisasi stok (sync stock) yang disediakan oleh platform omnichannel. Karena, nantinya semua akan berkurang otomatis.

Contohnya, kamu berjualan produk tisu di Shopee, Tokopedia, BliBli, dan Lazada total stok barangnya ada 50pcs. Kemudian ada penjualan dari Tokopedia 5pcs sehingga sisa stoknya tinggal 45pcs yang secara otomatis berkurang juga di Shopee, BliBli, dan Lazada tidak hanya berkurang di Tokopedia saja.

Mudahnya Proses Seluruh Pesanan

Kalau kamu ditempatkan sebagai seorang customer, tentunya mau barang yang kita pesan bisa cepat diproses dan dikirim. Maka itu, sistem toko online juga harus menyediakan fitur proses pesanan otomatis untuk memudahkan pemrosesan orderan dari berbagai channel penjualan di satu dashboard. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan proses pesanan secara manual, yaitu membuka masing-masing toko di marketplace untuk memenuhi pesanan sehingga bisa dilakukan lebih cepat dan praktis.

Upload Produk Massal ke Toko Online

Menambahkan gambar di toko marketplace menjadi suatu hal yang sangat penting, apalagi kalau kamu jualannya hanya secara online. Karena foto produk dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produkmu, lho! Jadi, jangan sampai kamu nggak memasukkannya.

Sayangnya, untuk memasukkan produk ke marketplace akan membutuhkan waktu dan tenaga jika harus menguploadnya satu per satu. Oleh karena itu, sistem toko online biasanya menawarkan fitur mass upload produk agar tidak perlu upload manual. Mulai dari, pemetaan kategori, deskripsi produk, penambahan variasi produk, dan lainnya.

Cuma satu kali klik, otomatis produk kamu udah terupload ke seluruh toko di marketplace, deh! Mudah banget, kan?

4 Cara Jitu Membuat Website untuk Kembangkan Bisnismu

Terintegrasi Dengan Aplikasi Balas Chat Customer

Balas chat pelanggan di toko sekarang tidak perlu secara manual! 

Sebab, kamu udah bisa membalas semua pesan dari berbagai marketplace lewat satu dashboard saja. Jadi, pelanggan tidak menunggu lama jawaban dari chat mereka. Keberadaan sistem omni channel yang terintegrasi dengan aplikasi chat commerce akan memudahkanmu  membalas pesan pelanggan di ecommerce. 

Umumnya, kamu mesti membuka setiap marketplace untuk membalas chat pelanggan, sekarang lewat satu platform udah balas semua pesan dan meminimalisir chat yang terlewat.

Fitur Sistem Manajemen Gudang

Fitur manajemen gudang dapat membantumu dalam mengelola gudang lebih mudah dengan sistem yang sudah terintegrasi. Buat kamu yang mempunyai gudang dan persediaan stok yang sangat banyak, kamu bisa memanfaatkan fitur Warehouse Management System atau sistem manajemen gudang  untuk pengelolaan gudang yang efektif dan efisien.

Karena, kamu akan mendapatkan visibilitas dan kontrol penuh di dalam gudang.

Mulai dari, pencarian barang di gudang, meminimalisir salah pengambilan barang dan kesalahan dalam pengiriman barang.

Laporan Keuangan Usaha

Bukan cuma fitur yang dapat menunjang operasional bisnis saja yang ditawarkan oleh sistem omni channel, melainkan kamu bisa mendapatkan laporan lengkap keuangan usaha. 

Lantaran pembukuan ini sudah terintegrasi dan otomatis sehingga kamu tinggal mengaksesnya dari satu tempat.Mulai dari, transaksi penjualan, pembelian, sampai pengeluaran yang otomatis tercatat oleh sistem pembukuan.

Tersedia Laporan Bisnis yang Lengkap

Fitur terakhir dan paling penting ialah software omnichannel dilengkapi dengan laporan bisnis untuk membantu kamu dalam pengambilan keputusan pada bisnis. Dari laporan ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan toko yang memiliki penjualan terbaik, promosi yang efektif, daftar loyal customer, sampai lokasi paling banyak pengunjungnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasi supply dan demand secara akurat berdasarkan data penjualan dan pergerakan persediaan. Begitu pun, laporan terkait laba kotor, laba operasional, laba bersih, dan lainnya bisa kamu dapatkan di sistem kelola toko online.

Itu dia penjelasan mengenai omnichannel yang perlu kamu ketahui beserta fitur-fitur utama yang harus dipertimbangkan ketika kamu ingin menggunakan software toko online.

Jadi, pastikan semua fitur yang disediakan dapat mengoptimalkan berjalannya bisnismu, ya!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.