Mengenal Omnichannel Marketplace untuk Kelola Bisnis

Omnichannel marketplace untuk bisnis

Sebagai seorang pemilik bisnis, pastinya kamu harus memikirkan strategi atau cara mudah untuk mengatur operasional bisnismu, bukan? 

Terlebih lagi, jika kamu berjualan di berbagai channel penjualan, baik toko offline (fisik) ataupun toko online. Kalau dikelola secara manual tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga. 

Maka dari itu, hadir yang namanya platform omnichannel marketplace untuk membantumu mempermudah urus operasional bisnis. Tapi apa itu omnichannel marketplace? Dan apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakannya pada bisnis? 

Yuk! kita simak penjelasannya di artikel ini.

Apa Itu Omnichannel Marketplace?

Omnichannel marketplace adalah integrasi dan kolaborasi antara berbagai saluran yang digunakan oleh bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen. Adanya aplikasi ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang konsisten saat berinteraksi dengan brand.

Sistem omnichannel sendiri telah terintegrasi dengan berbagai channel penjualan mencakup toko fisik maupun toko online.  Dengan demikian, strategi ini diharapkan dapat menciptakan perjalanan konsumen yang nyaman dan sederhana sehingga harapan konsumen terpenuhi. Strategi pemasaran ini memberikan kemudahan bagi konsumen ketika berbelanja secara online maupun membeli produk secara online dan mengambilnya di toko offline secara langsung.

Paling penting, sudah tersedia berbagai macam fitur yang lengkap, mulai dari proses pesanan, manajemen stok barang, sampai membalas chat customer.

Keuntungan Platform Omnichannel Marketplace Pada Bisnis

Adapun beberapa keuntungan dari penerapan sistem omnichannel untuk bisnis, diantaranya:

  1. Meningkatkan Retensi pelanggan
  2. Meningkatkan Efisiensi Bisnis, karena sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan sehingga kamu bisa meningkatkan bisnis. Kemudahan dalam proses penjualan.
  3. Mengotomatisasi Sistem, secara mudah sinkronisasi stok barang, manajemen stok barang bisa dilakukan secara otomatis dan real-time.
  4. Meminimalisir Masalah Bisnis, Sebagai langkah untuk meminimalisir kendala yang terjadi, seperti salah pengiriman, pesanan yang tertinggal, pengembalian atau penukaran barang.
  5. Menawarkan Kemudahan dalam Pengiriman, tidak hanya proses pesanannya saja tetapi sistem omnichannel juga memberikan kemudahan untuk kirim barang sehingga lebih terorganisir.
  6. Analisis Bisnis Secara Efektif, telah tersedia laporan penjualan yang lengkap sehingga kamu bisa menganalisis bisnis. Selain itu, kamu juga bis pahami perilaku dari pelanggan yang berbelanja.

Fitur Wajib di Omnichannel Marketplace

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan satu sistem omnichannel untuk bisnismu, ada baiknya kamu simak dulu nih fitur penting omnichannel di bawah ini ya.

  1. Sudah Terintegrasi ke Seluruh Channel Penjualan

Kunci utama dari software omnichannel marketplace adalah sudah terhubung ke semua channel penjualan milikmu, mulai dari toko fisik atau toko online. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mengelola seluruh toko, karena hanya melalui satu dashboard saja tanpa perlu mengontrolnya satu persatu.

Sebab, jika dilakukan secara manual dapat  menghambat proses dan membuat efisiensi bisnis menurun. Dengan begitu, bisa menguras waktu dan tenaga kamu dalam menyiapkan strategi baru.  

  1. Adanya Fitur Upload Produk Secara Massal

Berikutnya, ada  fitur upload produk massal, khususnya bagi kamu yang terkadang merasa kesulitan saat harus mengupload produk di marketplace.

Umumnya, penjual akan memasukkan foto produk satu persatu di setiap toko mereka yang ada di marketplace. Apalagi ketentuan setiap marketplace berbeda-beda, misalnya ketentuan kategori produk hingga syarat unggah foto produk.  

Penggunaan sistem kelola toko online ini akan memudahkan kamu dalam memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace

  1. Fitur Sinkronisasi Stok Barang Otomatis

Fitur pengelolaan stok barang. Dimana, kamu harus mengontrol dan mengawasi persediaan stok barang agar kedepannya tidak berpengaruh langsung terhadap operasional bisnis. Apalagi berhubungan dengan menyinkronkan stok barang, kalau mereka memiliki banyak toko online di marketplace sehingga mereka mesti mengawasi stok di masing-masing marketplace dan harus sesuai dengan data fisik yang ada di gudang. 

Dan paling penting, kamu bisa tahu stok barang  secara real-time dan selalu up to date

  1. Manajemen Pesanan Dalam Satu Dashboard

Dengan fitur manajemen pesanan, kamu dapat proses orderan dari seluruh marketplace hanya melalui satu dashboard dibandingkan harus membuka banyak tab di desktop untuk memproses seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace. Mulai dari konfirmasi pesanan, cetak label pengiriman sampai tahap selesainya pesanan juga hanya lewat dashboard sistem manajemen toko online. 

  1. Tersedia Warehouse Management System

Kamu perlu tanyakan apakah pada software omnichannel menyediakan fitur warehouse management system (WMS) atau tidak. Adanya fitur satu ini pastinya akan membantu kamu, khususnya yang memiliki gudang. 

Mulai dari, proses picking, packing, hingga pengiriman barang. Bukan cuma itu aja, kamu juga bisa melakukan manajemen lokasi gudang (lokasi lantai, baris, kolom, hingga rak) sehingga memudahkan kamu dalam pengambilan barang.

Jika kamu berjualan makanan, alat kosmetik, ataupun obat (memiliki masa kadaluarsa) dengan sistem manajemen gudang, kamu dapat menggunakan metode FEFO (First Expired First Out).  Jadi, nggak perlu khawatir lagi saat proses keluar barang, karena akan mengikuti masa expired (kadaluarsa) barang.

Adanya sistem omnichannel marketplace ini tentunya memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap berjalannya bisnis, khususnya bagi kamu yang mempunyai banyak toko dan tidak hanya berjualan di satu marketplace saja. Platform omnichannel yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio Omnichannel yang menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk menunjang operasional bisnismu, baik bisnis online maupun bisnis offline. 

Mulai dari, fitur sync stock, manajemen pesanan, integrasi ke semua saluran penjualan, balas chat customer, sampai pengiriman barang ke pelanggan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.