Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Strategi Analisis Market Bisnis Hijab untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Analisis Market Bisnis Hijab untuk Meningkatkan Penjualan

·
3 menit
Strategi Analisis Market Bisnis Hijab untuk Meningkatkan Penjualan

Ketika kamu hendak menjalankan bisnis, maka satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah melakukan analisis market atau pasar.

Hal ini menjadi penting karena dengan cara ini maka kamu bisa mengetahui apa yang sedang dibutuhkan pasar saat itu.

Tentunya, strategi analisis market bisnis hijab ini juga ada beberapa cara.

Ada banyak keuntungan ketika kamu melakukan analisis market bisnis hijab dengan baik. Keuntungan terbesarnya tentu saja kamu akan paham bagaimana kondisi pasar.


Strategi Analisis Market Bisnis Hijab

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan strategi analisis market bisnis hijab ini.

Dengan melakukan cara yang baik dan benar, maka hasil yang akan kamu dapat juga akan akurat. Beberapa cara dan strategi analisis market yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Gabung ke Komunitas

Cara paling mudah untuk melakukan strategi analisis market bisnis hijab adalah dengan bergabung ke komunitas yang anggotanya merupakan pengguna hijab.

Di situ kamu bisa memperhatikan seperti apa model hijab yang sedan tren, apa saja model yang mereka sukai, dan lainnya.

Dari komunitas ini juga kamu bisa mendapatkan berbagai gambaran tentang model seperti apa yang mereka butuhkan. Dengan bergabung ke komunitas ini juga selain bisa mendapatkan gambaran pasar yang kamu butuhkan, kamu juga bisa menjadikan komunitas ini sebagai tes pasar.

Kamu bisa menjual produk kamu dalam komunitas ini lalu melihat bagaimana respon mereka. Tentunya kamu akan mendapat banyak masukan yang akan membuat produk kamu lebih baik.

2. Mengikuti Grup atau Akun Media Sosial Tentang Hijab

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu strategi analisis market bisnis hijab kamu adalah dengan melihat perkembangan hijab itu sendiri di media sosial. Media sosial merupakan salah satu tempat untuk orang mengekspresikan penampilannya.

Dengan hal ini, tentunya kamu bisa melihat model seperti apa yang sedang banyak orang suka. Kamu bisa mem-follow akun-akun tentang hijab atau pengguna hijab.

Dari sana tentunya kamu akan dapat melihat model seperti apa yang mereka gunakan. Lalu kamu bisa menganalisis, apakah model seperti itu bisa kamu jual atau tidak.

Selain dengan memfollow akun tersebut, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas online tentang hijab.

Dari sini kamu bisa melihat pembahasan tentang hijab seperti apa yang sedang tren. Dari sini juga kamu bisa mendapat inspirasi dan juga gambaran tentang pasar hijab yang akan kamu hadapi.

3. Survey Langsung ke Lapangan

Strategi analisis market bisnis hijab lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan survey langsung ke lapangan. Di sini kamu akan langsung melihat model hijab seperti apa yang sedang banyak orang gunakan.

Selain melihat model yang sedang tren, dengan melakukan survey langsung ke lapangan kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

Kamu juga bisa mendapat banyak informasi lain, seperti masalah harga misalnya. Kamu bisa mencari tahu berapa harga pasaran dari model hijab yang sedang tren.

Kamu juga bisa mencari tahu tentang banyak hal lainnya. Misalnya tentang supplier, tempat bahan baku, atau informasi lain yang kamu butuhkan.

Dengan melakukan survey langsung ke lapangan juga kamu bisa sekalian melakukan tes pasar tentang produk kamu.

4. Analisis Lewat Marketplace

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan sebagai strategi analisis market bisnis hijab kamu adalah memantau marketplace. Dari sini kamu bisa melihat model seperti apa saja yang sedang laris.

Marketplace memiliki fitur pencarian berdasarkan barang apa yang paling laris. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara kamu untuk melihat barang apa yang banyak orang suka.

Bahkan kamu juga bisa melihat barang yang laku tersebut berdasarkan kota atau daerah. Sehingga kamu bisa menyesuaikan barang apa yang sedang laku di kota kamu berdasar data dari marketplace tersebut.

5. Analisis Lewat Majalah Fashion atau Hijab

Mungkin ini merupakan cara konvensional. Namun melakukan analisis market melalui majalah atau sejenisnya terbukti masih cukup efektif.

Majalah, tabloid, atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan fashion atau hijab masih merupakan salah satu rekomendasi yang perlu kamu coba.

Di sini kamu akan mendapatkan banyak inspirasi tentang model hijab yang bisa kamu jual. Kamu juga akan melihat model seperti apa yang sedang tren.

Majalah atau sejenisnya masih bisa kamu andalkan terutama ketika kamu mencari sesuatu yang beda daripada yang lain.


Salah satu cara untuk membuat bisnis hijab kamu berkembang adalah dengan memiliki strategi analisis market bisnis hijab dengan baik. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan banyak hal yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Kamu akan paham model seperti apa yang sedang tren, hijab seperti apa yang banyak orang butuhkan, berapa harga pasarannya, dan juga hal lainnya.

Dengan melakukan analisis market yang baik maka kamu juga akan sangat terbantu ketika sedang menjalankan bisnis kamu.

Cara melakukan strategi analisis market bisnis hijab ini juga cukup beragam.

Yang terpenting adalah kamu melakukannya dengan benar. Karena dengan melakukan hal tersebut dengan benar, maka data yang akan kamu dapatkan juga akan lebih akurat.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​