Alasan Masyarakat Memilih Pinjaman Perorangan Tanpa Jaminan

Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan tentang dana apalagi jika terdapat masalah-masalah mendesak yang sifatnya harus segera diselesaikan. Belum tentu mereka memiliki cukup dana untuk mengatasinya dan belum tentu juga pinjaman melalui keluarga selalu berhasil karena keterbatasan dana yang mungkin dimiliki ataupun masalah faktor kepercayaan yang membuat tidak semua orang mampu memberikan dana yang diinginkan. Lembaga keuangan seperti bank mampu memberikan pinjaman perorangan tanpa jaminan yang diinginkan dengan mudah dan juga cepat meskipun resikonya adalah suku bunga tinggi yang harus dibayarkan. Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing sehingga tujuan penggunaan kredit pun berbeda-beda. Mungkin kelebihan KTA sangat baik daripada kredit multifungsi maupun juga jenis lainnya sehingga populer di kalangan masyarakat.

 

Banyak alasan yang menjadi latar belakang bagi seseorang lenbih memilih KTA dibandingkan jenis kredit lainnya sebagai berikut:

 

  • Dokumen yang dibutuhkan tidak banyak

Biasanya banyak orang yang membutuhkan daan cepat hanya saja cukup malas untuk mengumpulkan dan menyiapkan berbagai dokumen yang ribet dan juga banyak. Namun KTA tidak membutuhkan banyak dokumen dikarenakan tidak membutuhkan adanya jaminan sehingga Anda hanya perlu menyiapkan dokumen dasar seperti data diri ataupun catatan pembayaran kartu kredit. Apabila memilih jenis multiguna, maka Anda harus menyipakan kelengkapan dokumen agunan yang dijaminkan dan itu bisa dalam bentuk rumah, ruko, bangunan pribadi lainnya, mobil pribadi, kapal atau benda berharga lainnya dengan nilai yang sangat besar sehingga perolehan dana juga maksimal. Kelengkapan itupun harus benar-benar sesuai dan tidak boleh terlewatkan sedikit pun sehingga kadang membuat lebih ribet dan repot ketika seseorang sedang dalam membutuhkan dana cepat.

  • Bunganya flat atau tetap

Mungkin memang benar jika bunga dari kredit tanpa jaminan atau KTA sangat tinggi, namun perlu diketahui jika nilai suku bunganya tidak berpengaruh dengan adanya fluktuatif bunga dari BI atau Bank Indonesia sebagai bank pusat yang mengepalai bank-bank lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu ataupun takut apabila BI sedang meningkatkan suku bunga beberapa persen karena hal tersebut tidak akan berpengaruh dengan Anda. Pengembalian KTA pun bisa tetap dilakukan dengan nilai stabil tanpa perlu takut jika bunga naik, maka tagihan Anda pun akan ikut naik. Oleh sebab itu bunga KTA dinilai sangat aman karena tahan terhadap fluktuasi dan hal itu juga disebabkan karena bunga KTA sudah relatif tinggi sehingga bila terus ditingkatkan mengikuti bunga, maka hal ini akan berpengaruh untuk Anda yang merasa kesulitan untuk melunasi biaya.

  • Cara pembayaran hutang yang mudah

Saat ini semua sistem kredit dari berbagai lembaga keuangan cukup mudah dan tidak ribet dimana nasabah tak perlu lagi mengunjungi bank untuk membayar secara langsung. Ketika Anda diharuskan membayar cicilan KTA, maka Anda bisa membayarnya melalui transfer antar bank dari ATM ataupun sistem mobile banking yang telah tersedia di berbagai bank yang lebih memanfaatkan penggunaan teknologi canggih. Tersedia juga cara lain dimana Anda dapat melakukan sistem pembayaran melalui auto debet yang mana bank akan memotong sejumlah dana di dalam rekening Anda guna melunasi cicilan KTA secara otomtis sehingga Anda tak perlu lagi repot membayarnya. Cara ini mungkin sangat tepat bagi orang yang pelupa atau cenderung sibuk sehingga tak mampu membayar langsung di ATM maupun transfer dana. Karena jika Anda terlambat membayar, maka hutang akan menjadi lebih banyak yang disebabkan oleh denda.

  • Tenor pinjaman yang pendek

KTA memiliki tenor atau jangka waktu peminjaman yang pendek daripada kredit jenis lainnya dan maksimal mungkin hanya lima tahun saja namun hal itu juga dipengaruhi oleh jumlah dana yang dipinjam olehnya. Meskipun banyak orang yang sedikit meragukan pula tenor pendek tersebut, namun hal ini lebih baik karena dengan begitu Anda tidak akan terikat hutang lebih lama lagi dan cepat selesai.

 

Dengan mengetahui berbagai alasan masyarakat lebih memilih pinjaman perorangan tanpa jaminan dibandingkan dengan kredit lainnya, maka tak heran mengapa KTA lebih populer sekaligus hal ini akan membantu Anda untuk menemukan jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.