Cara Memaksimalkan Kredit Pinjaman Tanpa Jaminan

Mengajukan pinjaman tanpa agunan mungkin bisa membantu Anda bila sedang mengalami masa sulit yang membutuhkan dana besar dalam waktu yang cepat. Hanya saja biasanya jumlah pinjaman yang diberikan masih memiliki sisa sehingga bisa dialokasikan untuk hal lainnya. Seringkali nasabah bingung untuk mengalokasikan kredit pinjaman tanpa jaminan tersebut karena mereka juga menyadari jika dana itu hanyalah pinjaman yang harus dikembalikan dengan bunga tertentu, Hanya saja, bila mengembalikan dana lebih cepat dibandingkan perjanjian, maka Anda bisa mendapatkan pinalti dimana ada kompensasi yang harus dibayar. Oleh sebab itu, dana pinjaman yang tersisa memang harus dimaksimalkan dengan baik penggunaannya sehingga mungkin akan lebih bermanfaat untuk kehidupan Anda.

 

Pengajuan pinjaman tanpa agunan atau KTA ini memang sangat cocok jika Anda ingin melakukan pembelian atau pengurusan sesuatu dengan jumlah besar ataupun ingin menggabungkan banyak pinjaman menjadi satu sehingga dapat mengurangi suku bunga yang tinggi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pinjaman pribadi milik Anda sebagai berikut:

 

  • Pembiayaan ulang

Apabila tujuan Anda mengajukan pinjaman KTA adalah untuk melakukan pembiayaan ulang ataupun menggabungkan banyak tagihan kartu kredit dengan berbagai tumpukan hutang lainnya, maka Anda harus memahami jika Anda hanyalah memindahkan tagihan total dari hutang yang Anda miliki menuju akun yang berbeda. Cobalah untuk mempertimbangkan guna melakukan pembiayaan ulang menggunakan pinjaman KTA bila hal ini mampu menurunkan prosentase dari pembayaran ulang tagihan kartu kredit Anda, menutup hutang lain, melakukan pembelian mobil dengan cicilan, ataupun melakukan hipotek. Apabila Anda mampu menerapkan hal ini, maka total jumlah tagihan yang mingkin Anda bayarkan lebih rendah dibandingkan dengan APR atau pembayaran tahunan dari hutang asli milik Anda. Jika Anda kebetulan mempunyai tagihan kartu kredit yang lebih besar, maka penggabungan semua tagihan menggunakan KTA adalah pilihan terbaik. Hal ini juga bertujuan untuk membuat Anda lebih mampu berkonsentraasi dalam satu kali pembyaran hutang saja dan tidak bercabang.

  • Pinjaman rumah

Ada sebagian orang yang lebih memilih untuk meminjam dana guna melakukan perbaikan rumah dan bukan untuk kebutuhan mendesak. Tentu saja hal ini sangat penting karena rumah merupakan aset yang nilainya tidak akan pernah menurun dan selalu mengalami peningkatan sehingga bisa menjadi modal investasi terbaik di masa depan. Tidaklah salah menggunakan KTA sebagai sarana untuk memperbaiki rumah hanya saja biasanya pihak yang memberikan cadangan akan mendapatkan bunga dan prosentase pembayaran tahunan lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman untuk kebutuhan mendesak lainnya. Untuk kebutuhan perbaikan rumah, maka Anda harus memberikan dokumen tambahan seperti adanya perencanaan perbaikan rumah, nota, dan berbagai macam dokumen terkait dengan rumah sebelum pihak bank memberikan uang kepada Anda. Aplikasinya lebih mudah sekaliigus juga pembyaran tahunannya pun bisa dikontrol.

  • Memulai bisnis

Apabila pinjaman dana atau kredit usaha milik Anda ditolak oleh lembaga keuangan terkait, maka Anda masih bisa menggunakan KTA pribadi untuk menjalankan atau memulai sebuah usaha. KTA dinilai sebagai solusi terbaik untuk dialokasikan sebagai modal dalam usaha apabila Anda tergolong pemula. Jika dana yang diperoleh cukup banyak, maka Anda bisa melakukan franschise sehingga resiko kerugian bisa lebih ditekan. Meskipun dapat dijadikan sebagai modal, namun Anda masuh perlu untuk mendaftarkan bisnis tersebut sebagai tambahn ketika mengajukan pinjaman sehingga bisnis bisa dijalankan dengan mudah dana menghasilkan pendapatan menguntungkan guna membayar hutang serta bunga setiap bulannya.

  • Pernikahan dan bulan madu

Seperti yang diketahui jika pernikahan membutuhkan dana yang tidak sedikit mulai dari menyewa gedung, menyewa paoakaian pernikahan, catering dan berbagai macam keperluan lain terkait dengan pernikahan. Bila hanya menggunakan tabungan yang tealh dikumpulkan selama ini, maka bsia dipastikan jika dana tersebut tidak akan cukup dan butuh waktu yang lebih lama untuk mengembalikannya kembali. Selain itu semua pasangan pengantin juga akan melakukan bulan madu yang membutuhkan biaya lebih banyak. KTA dinilai tepat untuk mengcover semua kebutuhan itu sehingga Anda tidak perlu bingung mengumpulkan biaya guna melangsungkan acara langka itu.

 

Semoga informasi mengenai cara memaksimalkan kredit pinjaman tanpa pinjaman ini dapat menjadi pilihan untuk Anda sehingga mampu menggunakan KTA sebaik mungkin guna keperluan yang penting.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.