Mengapa Pengajuan Suku Bunga KTA Ditolak?

Mungkin Anda memang menyadari jika kredit tanpa anggunan memang sangat mudah untuk diajukan karena tidak diperlukan jaminan serta dana pencairannya cepat meskipun suku bunga KTA sangat tinggi melebihi jenis kredit yang lainnya sehingga tak sedikit orang yang bahkan mengajukan keringanan supaya tidak memberatkan nasabah untuk membayar beban hutang. Meskipun pihak bank juga tidak akan memberikan kredit bila melihat kondisi nasabah tidak sesuai, namun tetap saja, beberapa nasabah masih kesulitan untuk membayar nilai pokok dengan bunga yang dibebankan. Memang KTA sangat cocok untuk dijadikan sebagai pinjaman bagi mereka yang mungkin tidak memiliki agunan apapun seperti rumah pribadi maupun kendaraan bermotor.

 

Walaupun proses pengajuannya cukup mudah, namun tidaklah mudah bagi seseorang untuk mampu lolos dari kualifikasi pihak lembaga keuangan guna memperoleh dana pinjaman. Memang benar jika Anda hanya mengisi formulir pengajuan beserta berbagai macam kelengkapan dokumen lainnya seperti identitas diri ataupun rekening koran penggunaan kartu kredit. Hanya saja, masih saja ada beberapa alasan mengapa pengajuan seseorang ditolak sebagai berikut:

 

  • Gagalnya verifikasi

Di dalam formulir pengajuan pinjaman kredit, Anda diwajibkan untuk menuliskan kelengkapan diri dengan benar dan juga sejujur-jujurnya sesuai kondisi finansial dan juga keuangan Anda. Nomor HP juga harus disertakan dengan baik dan harus selalu aktif sehingga pihak dari lembaga keuangan dapat menghubungi Anda terkait soal lolos atau tidaknya pengajuan Anda. Nomor tersebut nantinya akan dihubungi oleh pihak bank guna melakukan proses verifikasi. Dianggap gagal melakukan proses verifikasi apabila pihak bank tak mampu menghubungi Anda atau tidak diangkat. Bila tidak diangkat beberapa kali, maka pihak bank akan berpikir jika Anda tidak layak atau tidak serius mengajukan pinjaman sehingga langsung dianggap gagal mendapatkan pinjaman.

  • Penipuan atau fraud

Hal yang paling penting dalam pengajuan kredit adalah jangan pernah memalsukan data apapun baik identitas diri, dokumen maupun informasi meskipun hanya sedikit karena jika pihak bank mengetahuinya, maka Anda bisa dipastikan tidak akan pernah mendapatkan dana pinjaman. Hal itu dikarenakan pihak bank akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk membandingkan kenyataan atas latar belakang Anda dengan data yang telah diisi sebelumnya dalam formulir. Jika Anda melakukan penipuan, maka bukan hanya tidak mendapatkan dana pinjaman namun nama Anda juga bisa dimasukkan dalam daftar hitam bank dimana segala macam pengajuan kredit di bank manapun, Anda tidak akan mendapatkan persetujuan.

  • Dokumen tidak terbaca

Meski semua kelengkapan dokumen telah diberikan, namun pengajuan tidak bisa diproses apabila dokumen yang diserahkan tidak bisa dibaca dengan jelas. Hal ini seringkali terjadi ketika melakukan proses pengkopian atau fotocopy yang buram sehingga tulisan tidak bisa terbaca. Pastikan dokumen-dokumen yang Anda berikan mampu dibaca oleh diri sendiri sebelum diserahkan kepada pihak bank sehingga mereka tidak merasa kesulitan untuk membacanya sekaligus mengurusnya.

  • Jumlah kredit yang terlalu besar

Bila pihak bank bertanya kepada Anda mengenai jumlah dana yang Anda inginkan untuk pinjaman, maka Anda tidak bisa menjawab sebanyak-banyaknya ataupun menarget dana yang begitu tinggi melebihi pendapatan Anda setiap bulannya. Jumlah limit dari bank berbeda-beda namun Anda tidak bisa meminta hingga plafon yang sudah ditetapkan. Anda harus menyesuaikan jumlah dana pinjaman yang diinginkan dengan kemampuan finansial sehingga proses pelunasan tidak akan menjadi berat. Jika Anda mengajukan dana besar namun pihak bank merasa jika kemampuan finansial Anda belum mencukupi, maka pihak bank secara otomatis akan menolak permintaan Anda.

  • Adanya tunggakan kartu kredit

Syarat utama dari KTA adalah setiap nasabah harus memiliki kartu kredit dan itu tidak bisa ditinggalkan atau dilewatkan. Kartu kredit akan menunjukkan rekor pembelian ataupun hutang yang Anda buat sekaligus bagaimana cara Anda untuk melunasinya apakah sering mengalami penunggaakn ataukah lancar. Jika Anda terbukti melakukan banyak penunggakan atau kredit macet dalam membayar tagihan kartu kredit, maka hal tersebut akan membuat pihak bank tidak akan menyetujui untuk mencairkan dana pinjaman.

 

Semoga informasi mengenai penolakan suku bunga KTA bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memperhatikan syarat-syarat dengan baik sehingga mampu memperoleh pinjaman tanpa ribet.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.