Mengenal Pengertian Pinjaman Rekening Koran

Mungkin sebagian orang yang masih awam lebih menganggap jika semua pinjaman itu sama dimana seseorang mengajukan pinjaman dan setelah itu pinjaman akan diberikan dengan syarat mereka harus mengembalikannya dengan cepat. Jika tidak mampu membayar hutang, maka aset jaminan akan menjadi target penyitaan pihak bank. Mungkin sebagian besar kredit seperti itu, namun sistematisnya berbeda sehingga masyarakat dapat memilih jenis kredit yang disukai. Pinjaman rekening koran juga perlahan telah menjadi populer meskipun banyak jenis yang diberlakukan dan ditawarkan oleh para lembaga keuangan yang tersebar di tiap daerah. Dalam setiap variasinya pun terdapat bunga yang nilainya pun berubah-ubah. Bahkan ada pula bunga yang dipatok sangat tinggi.

 

Berbeda dari jenis lainnya, kredit rekening koran merupakan sebuah pinjaman yang memiliki karakteristik tenor atau jangka waktunya pendek namun jumlah bunganya berbeda karena jumlah bunga dihitung dari nominal jumlah pinjaman yang dimiliki oleh pihak peminjam. Contoh yang lebih mudah adalah  Anda membutuhkan modal dalam suatu instansi dengan nilai Rp 50 juta dan uang tersebut harus dikembalikan dalam waktu tidak melebihi dari 12 bulan. Akan tetapi Anda membutuhkan pembiayaan yang lebih lama daripada tenggat waktu tersebut sehingga bisa melanjutkan kembali dalam pengajuan pinjaman yang ada. Apabila dari Rp 50 juta dana yang dipinjam tersebut hanya terpakai sekitar Rp 20 juta dan tersisa Rp 30 juta, maka bunga akan dibebankan pada uang yang telah terpakai itu yaitu Rp 20 juta dan sisanya dapat dikembalikan dalam jumlah normal.

 

Oleh sebab itu, rekening koran ini memiliki keuntungan yang dinilai lebih baik juga tinggi bagi peminjam khususnya tarif bunga itu telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak dimana bunga hanya berlaku untuk nominal jumlah yang disepakati. Sementara untuk mengetahui seberapa besar budget yang telah dipakai dan yang tidak digunakan adalah menggunakan beberapa sistem atau pantauan. Hal ini bertujuan bila tidak ada yang tertipu ataupun mencoba menipu dengan sistem yang diterapkan oleh kredit berjenis koran karena dalam sistem rekening koran, uang yang tidak terpakai tidak akan dikenai bunga. Apalagi mungkin masih ditemukan beberapa kasus dimana orang-orang melakukan penipuan supaya dana tersebut tidak diberikan bunga. Bila hal itu sampai terjadi, maka seseorang dapat terkena sanksi hukum dan dimasukkan ke dalam blacklist dari dunia perbankan yang akan membuat Anda tidak mampu untuk melakukan pinjaman lagi.

 

Lebih baiknya lagi, apabila memang semua uang yang telah dipinjam akhirnya terpakai semua, maka besarnya dana atau bunga yang akan dibebankan juga tetap sama ringannya. Kelebihan lainnya adalah jangka waktu yang singkat dalam mengangsur dan budgetnya maksimal. Mungkin sebagian orang akan berpikir bila hal ini adalah sebuah kelemahan mengingat nasabah yang meminjam tidak bisa mengangsur dana dalam waktu yang lama. Akan tetapi, hal ini baik karena nasabah tidak dikejar hutang terus menerus dan tidak memiliki tanggungan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika Anda tergolong orang pelupa dan juga sibuk, maka hal ini sangat tepat untuk Anda sehingga hutang lunas dalam waktu cepat. Selain itu, bila tempo waktu tidak cukup, maka pihak peminjam dapat mengajukan perpanjangan sehingga waktu untuk mengangsur bisa lebih panjang apabila Anda belum mampu melunasi dari waktu yang telah ditetapkan.

 

Meskipun rekening koran juga hampir sama dengan jenis kredit lainnya yang membutuhkan agunan sebagai jaminan tertentu, namun syarat dan ketentuannya jauh lebih mudah serta tidak ribet sehingga masyarakat bisa mengajukannya dengan aman tanpa membutuhkan waktu yang lama sehingga dana nantinya akan cepat turun. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pihak peminjam dimana mereka akan memperoleh kemudahan sekaligus manfaat dari hasil pinjamannya itu. Nilai dari jaminan sekaligus juga harga bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku pada setiap instansi yang ada meskipun memiliki satu program yang sama dan sesuai namun dalam pelaksanannya pun tak sama. Anda bisa melakukan survei ataupun investigasi kecil guna menemukan lembaga keuangan terkait yang sesuai kebutuhan Anda.

 

Semoga informasi mengenai pengertian pinjaman rekening koran dapat membantu Anda guna memilih jenis kredit yang memang sesuai untuk Anda demi terlaksananya kebutuhan hidup dan juga bisnis yang Anda jalankan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.