Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Apa Saja Kriteria Bank Syariah? Yuk Cari Tahu Disini!

Apa Saja Kriteria Bank Syariah? Yuk Cari Tahu Disini!

·
4 menit
Kriteria Bank Syariah

Di Dalam dunia bank, kamu pasti mengenal berbagai macam jenis bank bukan? salah satu bank yang sedang naik daun sekarang adalah bank syariah.

Sebenarnya fungsi dari bank syariah memang tidak jauh berbeda dengan bank-bank konvensional lainnya. Hanya saja, apakah kamu sudah tahu apa saja kriteria bank syariah tersebut?

Tidak bisa dipungkiri apabila popularitas dari bank syariah memang tengah melejit belakangan ini dalam dunia finansial dan perbankan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena bank syariah ini sendiri berusaha untuk selalu memberikan keuntungan serta kenyamanan tersendiri bagi para nasabahnya.

Di samping itu, semua produk yang ditawarkan oleh bank inipun ternyata dapat dinikmati oleh siapapun.

Sesuai dengan namanya, kamu pastinya juga sudah tahu bagaimana gambaran sekilas mengenai bank satu ini bukan? didalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat, bank syariah ini sendiri memang selalu mengedepankan pinsip syariah sesuai dengan syariat islam.


Apa itu bank syariah?

Sebelum kamu mengetahui apa saja kriteria bank syariah, apakah kamu sendiri sudah mengetahui apa itu bank syariah?

Secara umum ini bank merupakan suatu badan usaha atau lembaga dimana dalam kegiatannya akan menghimpun dana dari pihak ketiga yakni masyarakat dalam bentuk simpanan dan kemudian dana tersebut disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit.

Hal tersebut ternyata sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Sedangkan bank syariah sendiri merupakan bank yang mana semua aktivitas didalamnya menggunakan ketentuan-ketentuan syariah islam khususnya ketika sudah menyangkut tata acara muamalah secara islam.

Adapun berdirinya dari bank syariah tersebut diprakarsai oleh majelis ulama Indonesia pada tahun 1990.

Di samping itu, juga tidak bisa dilepaskan dengan mayoritas warga Negara Indonesia yang beragama islam.

Dengan bank syariah inilah maka bisa menghindarkan masyarakat dari riba ataupun segala apapun yang tidak sesuai dengan syariat islam.

Bank muamalat merupakan bank yang mempelopori bank syariah di Indonesia. Hingga pada akhirnya diikuti oleh bank-bank syariah yang turut hadir belakangan ini.

Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai macam layanan dan fasilitas untuk para nasabah di dalamnya.


Apa saja kriteria bank syariah?

Dalam menjalankan tugasnya, sebuah bank syariah ternyata juga harus mempunyai sejumlah kriteria atau prinsip di dalamnya.

Terutama kriteria-kriteria dalam islam. Ini jelas bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika sedang mencari bank syariah.

Apa saja kriteria ban syariah tersebut? langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

  1. Mudharabah

Sebuah bank syariah harus mempunyai prinsip mudharabah ini. Ini merupakan akad kerja sama yang terjadi antara shahibul maal (pemilik modal) dan mudharib (pengelola dana).

Dimana dalam pembagian keuntungannya berdasarkan dengan kesepakatan yang ada di awal.

Jika ternyata usaha yang dijalankan tersebut mengalami kerugian, maka semua kerugian tersebut akan langsung ditanggung oleh bagian shahibul maal, kecuali apabila terdapat kelalaian atau kesalahan yang dilakukan oleh mudharib.

Adapun didalam kriteria mudharab ini dibedakan menjadi 2 yakni mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah.

  1. Musyarakat

Ini merupakan akad kerja sama yang terjadi antara 2 atau lebih shahibul maal untuk mendirikan usaha bersama-sama dan secara bersama-sama juga mengelolanya. Mengenai keuntungan, akan dibagi berdasarkan dengan kesepakatan bersama.

Sedangkan apabila terjadi suatu kerugian maka akan ditanggung menurut kontribusi modal masing-masing.

Adapun musyrakat inipun dibagi menjadi 4 jenis yakni syirk mufawadhah, syirkah inan, syirkah a’mal serta syirkah wujuh

  1. Wadiah

Kriteria berikutnya yakni wadiah yakni titipan murni dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Adapun jenis prinsip wadiah dibagi menjadi 2 yaitu wadiah yad amanah dan wadiah yad dhamanah.

Yang mana wadiah yad amanah adalah ketika penerima wadiah tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan atau kerusakan pada wadiah yang tidak disebabkan oleh kelalaian atau kecerobohan.

Sedangkan wadiah yad dhamanah merupakan ketika penerima wadiah diperolehkan menggunakan wadiah dengan izin pemiliknya dengan syarat bisa mengembalikan wadiah secara utuh kepada pemiliknya.

  1. Murabahah

Ini merupakan akad jual beli dimana akan melibatkan bank dengan nasabah yang mana sudah terdapat kesepakatan bersama didalamnya.

  1. Salam

Merupakan transaksi jual beli dari suatu barang tertentu dimana terjadi antara pihak penjual serta pembeli dengan harga yang terdiri atas harga pokok barang dan keuntungan yang ditambahkan sudah memperoleh kesepakatan.

  1. Istishna

Adapun kriteria berikutnya adalah istishna dimana dapat diartikan sebagai transaksi jual beli yang hampir sama dengan kriteria salam. Ini merupakan jual beli dan penyerahan dimana dilakukan kemudian. Sedangkan penyerahan uangnya dapat dicicil ataupun ditanggungkan.

  1. Wakalah

Prinsip yang satu ini sendiri timbul karena salah satu dari pihak memberikan objek perikatan dimana berbentuk jasa ataupun juga bisa disebut dengan meminjamkan dirinya untuk melakukan suatu atas nama diri pihak lainnya.

  1. Qardh

Ini merupakan perjanjian dalam pinjam-meminjam uang ataupun barang dimana dilakukan tanpa adanya tujuan mencari keuntungan.


Kriteria dalam memilih bank syariah

Untuk kamu yang ingin menggunakan bank syariah ini, maka terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut agar kamu bisa menemukan pilihan bank terbaik. langsung saja simak ulasan berikut

  • Pilihlah bank yang mempunyai reputasi bagus di kalangan masyarakat. cobalah lihat dari kualitas serta layanan yang ditawarkan oleh bank bersangkutan tersebut.
  • Pastikan kamu juga memperhatikan produk apa sajakah yang mereka tawarkan tersebut. apakah produk tersebut bebas dari biaya administrasi ataukah tidak. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena biasanya biaya administrasi memang membuat nasabah tidak nyaman.
  • Pastikan kamu memilih bank syariah yang dapat memberikan bagi hasil terbaik
  • Terakhir, pastikan kamu memilih bank syariah dimana mempunyai manajemen yang bagus di dalamnya. Dengan manajemen bagus pasti akan memberikan kenyamanan bagi para nasabah di dalamnya.

Manfaat menggunakan bank syariah

Menggunakan bank syariah ini pun ternyata juga akan memberikan segudang manfaat kepada para nasabahnya. Adapun manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah.

  • Terhindar dari riba

Manfaat pertama yang paling dirasakan oleh para nasabah adalah bisa terhindar dari riba. Seperti yang sudah diketahui, riba dalam islam hukumnya haram dan wajib untuk ditinggalkan.

  • Menggunakan syariah islam

Disamping itu, bank syariah sendiri dalam menjalankan tugasnya menggunakan syariah islam dan telah melakukan muamalah sesuai dengan islam.

Tentunya ini akan memberikan keuntungan tersendiri. Terlebih lagi mayoritas masyarakat Indonesia merupakan seorang muslim.

  • Keuntungan berdasarkan bagi hasil

Berbeda dengan bank konvensional, keuntungan yang bisa diterima oleh para nasabah ketika bergabung dengan bank syariah adalah berdasarkan dengan bagi hasil.

Dengan begini masing-masing pihak akan diberikan keuntungan bersama. Selain adil, juga akan transparan.

Bank syariah menjadi salah satu bank yang paling digemari di Indonesia selain bank konvensional.

Hal tersebut karena bank ini akan menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya. Sudah tahu apa saja kriteria bank syariah bukan?

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat