Cara Memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Terbaik

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah fasilitas untuk membeli rumah dengan cara mengajukan kredit pada Bank. KPR yang hadir saat ini tidak hanya untuk membeli rumah saja akan tetapi bisa digunakan untuk menyewa bangunan rumah. Untuk mendapatkan KPR setidaknya calon peminjam memiliki dana sekitar 30 – 40 % dari harga rumah yang akan dibelinya tersebut. Namun hal tersebut bergantung kepada kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing Bank. Sebelum KPR disetujui calon peminjam akan dimintai untuk melengkapi persyaratan untuk pengambilan KPR, seperti fotokopi KTP, surat nikah jika ada, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk WNI keturunan, slip gaji, Surat Keterangan Bekerja, Dokumen Kemilikan Agunan, serta rekening tabungan. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dalam bentuk KPR maka Anda harus memerhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Sebelum mengajukan KPR Anda sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari informasi tentang kondisi rumah yang akan Anda beli.
  • Bandingkan fasilitas KPR yang ditawarkan oleh beberapa bank pemberi kredit
  • Memilih sistem bunga yang paling rendah
  • Mengetahui biaya apa saja yang harus Anda bayarkan dalam proses berjalannya KPR tersebut
  • Pilihlah developer yang memiliki hubungan kerjasama dengan pihak bank yang Anda pilih.
  • Bila Anda bekerja pada sebuah institusi pemerintah, maka ada kemungkinan terdapat pilihan KPR yang telah bekerja sama dengan instansi Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan fasilitas yang mungkin menguntungkan bagi Anda seperti adanya subsidi uang muka yang dapat meringankan Anda.
  • Sesuaikan jenis KPR yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Pilihlah KPR dengan fasilitas yang menguntungkan Anda.
  • Lakukan simulasi KPR dengan menggunakan kalkulator kredit untuk mengetahui besar cicilan bulanan dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasi kredit tersebut. Simulasi KPR dengan menggunakan kalkulator kredit ini sangat bermanfaat untuk Anda dalam menentukan KPR terbaik yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda masih merasa bingung Anda bisa melihat contoh simulasi KPR berikut ini:

Jika Anda mengajukan jumlah pinjaman sebesar Rp 2.500.000.000 dengan jangka waktu pinjaman selama 30 tahun. KPR tersebut menggunakan perhitungan suku bunga efektif sebesar 10 %. Setelah dihitung dengan menggunakan kalkulator kredit, maka terlihatlah hasil untuk estimasi cicilan perbulan yang harus Anda bayarkan, yaitu sebesar Rp. 2.193.929. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan aplikasi kalkulator kredit yang ada di laman internet. Anda bisa memasukan nominal jumlah pinjaman serta besaran suku bunga yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Catatan: Estimasi cicilan perbulan merupakan perkiraan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya yang mencakup modal pinjaman dan bunga.”

Hal-hal yang disebutkan di atas merupakan langkah awal untuk Anda dalam memilih KPR terbaik agar Anda tidak perlu dipusingkan dengan berbagai macam masalah yang mungkin saja timbul saat periode pembayaran angsuran. Pihak Bank biasanya akan menyeleksi calon peminjam berdasarkan track record atau kemampuan calon peminjam tersebut. Karena itu dibutuhkan informasi lengkap tentang pendapatan dan riwayat kredit calon peminjam. Pihak Bank juga akan menyeleksi developer untuk memeriksa kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan dan mempertimbangkan segala jenis fasilitas yang dijanjikan.

Jika Anda sudah memilih rumah dan bank tempat Anda mengajukan KPR, jangan lupa untuk melakukan simulasi KPR terlebih dahulu dengan menggunakan kalkulator kredit. Jika hasil dari simulasi tersebut sudah sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayar angsuran pinjaman, barulah Anda bisa langsung mengunjungi bank yang Anda pilih tersebut dan utarakan maksud Anda untuk membeli rumah dengan mengajukan KPR. Jika pengajuan Anda disetujui maka Anda dapat membayarkan uang muka pembelian rumah ke developer dan menunggu keluarnya SPPK (Surat Persetujuan Perjanjian Kredit). Setelah itu Anda bisa menemui notaris untuk menandatangani akta kredit dan mengurus sertifikat. Sertifikat rumah tersebut akan ditahan oleh pihak Bank sampai Anda melunasi semua angsuran kredit. Jika Anda sedang mencari KPR dengan bunga terendah Anda bisa terlebih dahulu mengeceknya di berbagai halaman internet yang menyediakan informasi mengenai bank-bank apa saja yang menyediakan KPR dengan bunga yang rendah.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.