Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Cara Mudah Cek dan Bayar Pajak Kendaraan di Daerah Jawa Timur

Cara Mudah Cek dan Bayar Pajak Kendaraan di Daerah Jawa Timur

·
4 menit

Untuk kamu yang sedang bersiap untuk mengecek biaya pajak kendaraan kamu, berikut ini adalah beberapa cara cek dan bayar pajak kendaraan di Jawa Timur yang bisa kamu gunakan.


Cara cek dan membayar pajak kendaraan di Jawa Timur

Untuk kamu yang ingin mengecek berapa banyak pajak kendaraan yang harus kamu bayarkan untuk kendaraan kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Dahulu untuk tahu berapa banyak biaya yang harus kamu bayarkan untuk mengecek pajak kendaraan kamu memang harus datang ke samsat tempat kendaraan kamu didaftarkan.

Akan tetapi, saat ini pengecekan kendaraan memang bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Pengecekan kendaraan bisa dilakukan dengan beberapa cara yang didukung oleh teknologi. Begitu juga dengan pembayarannya.

Saat ini banyak kegiatan pemerintah yang dahulu hanya dilakukan dengan cara offline kini bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online. Hal ini berlaku di seluruh Indonesia termasuk salah satunya provinsi Jawa Timur. Lalu apa saja cara yang bisa digunakan untuk memudahkan masalah perpajakan di Jawa Timur ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Menggunakan aplikasi e-smart samsat Jawa Timur

Setiap daerah memiliki kewenangan sendiri-sendiri untuk menentukan bagaimana tata cara pemerintahannya, termasuk dalam pembayaran pajak kendaraannya. Hal ini membuat ada banyak terobosan yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memudahkan pembayaran pajak dari para pelaku pajaknya.

Di Jawa Timur salah satu terobosan untuk memudahkan bidang perpajakannya dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-smart samsat. Aplikasi ini adalah aplikasi legal yang bisa diunduh dengan menggunakan aplikasi Google Playstore di ponsel android kamu.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mencari banyak informasi yang berhubungan dengan kewajiban kamu membayar pajak kendaraan. Misalnya untuk melihat besaran pajak kendaraan, cek pajak progresif, perpanjang STNK dan bahkan untuk balik nama kendaraan kamu.

Selain itu, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Jangan lupa juga, bahwa aplikasi tersebut dilengkapi dengan layanan pembayaran dengan menggunakan internet banking sehingga semua kegiatan pembayaran pajak bisa kamu lakukan dengan sangat mudah.

Menggunakan SMS

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk cek biaya pajak kendaraan kamu adalah menggunakan SMS. SMS merupakan salah satu cara terbaik untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan pajak kendaraan kamu.

Beda dengan penggunaan aplikasi, pengecekan pajak dengan menggunakan SMS ini membuat kamu bisa mengecek kendaraan tanpa menginstal dahulu aplikasi di ponsel kamu. Ini disebabkan karena kamu hanya perlu mengirimkan SMS dan server pajak Jawa Timur akan menjawab SMS sesuai dengan informasi yang kamu inginkan.

Untuk mengecek pajak kendaraan dengan menggunakan SMS ini, kamu bisa melakukannya dengan perintah, yaitu : Jatim (spasi) nomor polisi kendaraan kamu. Contohnya Jatim AE1289XX. SMS ini nantinya bisa kamu kirimkan ke nomor 7070. Setelah itu, SMS kamu akan dibalas oleh server berupa tipe kendaraan kamu, tahun kendaraan kamu, masa berlaku STNK dan juga informasi lain terkait dengan kendaraan yang kamu cek.

Sayangnya cara pengecekan biaya pajak kendaraan ini tidak seperti cara cek dan bayar pajak kendaraan menggunakan aplikasi. Perbedaannya adalah :

  • Cara cek pajak kendaraan dengan menggunakan SMS ini tidak memiliki layanan pembayaran. Jadi kamu harus melakukan pembayaran secara offline jika tidak mau install aplikasi.
  • Sistem pengecekan pajak dengan menggunakan STNK ini hanya bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan tahunan bukan pengecekan kendaraan 5 tahunan.

Cek dengan sistem website

Cara lain yang diberikan oleh samsat Jawa Timur untuk memudahkan pengecekan pajak dari nomor polisi Anda adalah pengecekan dengan menggunakan sistem website. Pengecekan dengan menggunakan sistem website ini bisa dilakukan dengan mengakses halaman website samsat Jawa Timur yaitu esamsat.jatimpemprov.go.id.

Setelah mengunjungi halaman website ini, kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang sudah disiapkan untuk melanjutkan pengecekan. Form ini memuat beberapa informasi seperti :

  • Kota
  • Samsat
  • Nomor polisi
  • Dan yang terakhir adalah kode chapta.

Kode chapta adalah kode yang umum digunakan untuk mengecek bahwa yang sedang mengakses halaman tersebut adalah manusia asli dan bukan malware. Nah setelah kamu sudah mengisi semua informasi yang dibutuhkan oleh halaman website tersebut, kamu bisa klik tombol cari. Setelah klik tombol cari, informasi akan segera muncul di halaman website yang kamu buka, informasi yang kamu butuhkan akan segera muncul di halaman tersebut.


Metode pembayaran pajak kendaraan di Jawa Timur

Jika kamu sudah tahu bagaimana cara cek biaya pajak kendaraan kamu. Kamu pasti ingin tahu bagaimana cara membayar pajak kendaraan kamu tersebut bukan? Untuk membayar pajak kendaraan, kamu bisa melakukannya dengan 2 cara yaitu dengan cara online dan offline.

  1. Dengan sistem offline 

Untuk kamu yang ingin membayar pajak kendaraan dengan sistem offline, kamu bisa langsung datang ke samsat di daerah terdekat dengan posisi kamu saat ini. Cara ini adalah cara paling mudah untuk kamu yang tidak begitu paham internet.

Saat ini pembayaran pajak dengan cara offline juga mudah dilakukan karena kamu bisa melakukannya dengan sistem yang terpaut. Artinya kamu tidak lagi harus membayar pajak kendaraan di samsat tempat kamu mendaftarkan kendaraan kamu.

Akan jika kamu ingin membayar dengan cara offline ini, pastikan samsat tempat kamu mendaftar lokasinya masih satu provinsi dengan samsat kamu ya! Karena sistem yang dimiliki oleh samsat saat ini masih sangat terbatas!

  1. Dengan cara online mandiri 

Untuk kamu yang ingin membayar pajak kendaraan. Hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan cara online secara mandiri. Pembayaran pajak dengan menggunakan cara online secara mandiri ini artinya kamu membayar pajak kamu dengan menggunakan sistem mandiri yang terintegrasi dengan sistem dari samsat.

Beberapa pilihan pembayaran secara mandiri ini bisa kamu lakukan dengan 2 cara, yaitu :

  • Menggunakan aplikasi e-smart samsat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya
  • dan menggunakan layanan website samsat pemprov Jawa Timur.

Kedua cara ini bisa kamu gunakan untuk memudahkan pembayaran pajak kamu sebagai warga Jawa Timur. Cara ini juga merupakan cara yang memudahkan bagi kamu yang berada di daerah lain tapi membeli mobil bekas dari daerah Jawa Timur. Bahkan kamu juga bisa meminta pengiriman STNK kendaraan ke rumah dengan layanan yang diberikan oleh samsat online dari pemprov Jawa Timur ini.

Tapi perlu kamu tahu bahwa cara cek dan bayar pajak kendaraan di Jawa Timur secara online dengan cara mendiri ini hanya berlaku untuk pembayaran pajak tahunan ya! Pasalnya untuk pajak 5 tahunan kamu harus mengganti plat dan akan dilakukan pengecekan nomor rangka sehingga tidak bisa dilakukan dengan sistem online.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat