Ini 6 Tips Cicil KPR Gaji UMR, Cocok buat Gen Z!

kpr gaji umr

Bisakah Gen Z Beli Rumah? Ini 6 Tips Cicil KPR Gaji UMR

Rumah adalah kebutuhan dasar yang terus dicari sebagai tempat tinggal. Mereka yang memiliki KPR gaji UMR pun terus mencari hunian yang cocok dengan pendapatan mereka. Pinhome sebagai salah satu platform jual beli dan sewa rumah pun hadir untuk memenuhi kebutuhan akses masyarakat ke properti idaman mereka.

Sekarang ini, salah satu kalangan yang mulai mencari hunian idaman adalah kelompok Gen Z. Kelompok ini mulai melihat betapa pentingnya memiliki hunian nyaman dan arti berinvestasi di bidang properti.

Namun, mungkin kamu akan bertanya-tanya apakah Gen Z dengan gaji UMR mampu membeli rumah. Dengan beberapa cara cerdik pengelolaan finansial tentu saja kamu sebagai Gen Z bisa beli rumah impian, termasuk bila kamu cuma memiliki gaji 3 juta.

Tips untuk Gen Z Cicil KPR dengan Gaji UMR 

 kpr gaji umr

Salah satu tantangan terbesar Gen Z dalam mencicil rumah adalah biaya hidup yang besar tidak selaras dengan penghasilan yang didapatkan. Sehingga mungkin kamu berpikir bahwa membeli rumah menjadi hal yang mustahil.

Anggapan itu salah besar! Meskipun memiliki gaji UMR, kamu tetap bisa membeli rumah. Misalnya dengan mengajukan dan mencicil KPR.

Penasaran apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa cicil KPR dengan baik dan anti-macet sebagai Gen-Z? Yuk, wujudkan rumah impianmu dengan menerapkan beberapa tips berikut ini!

Cari Pekerjaan Lain sebagai Sumber Pemasukan

kpr gaji umr

Salah satu cara agar kondisi finansial kamu sehat saat membayar cicilan rumah adalah dengan mencari sumber pemasukan lain. Terlebih sekarang ini cukup banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Beberapa diantaranya adalah pekerjaan secara online yang bisa dilakukan dari rumah.

Contoh pilihan pekerjaan yang bisa kamu lakukan misalnya menjadi seorang freelancer. Banyak sekali tawaran freelance menjadi content writer, graphic designer, video editor dan lain sebagainya yang bisa coba kamu kerjakan. Penghasilannya pun dapat sangat membantu kamu membayar cicilan KPR.

Pekerjaan tersebut bisa kamu lakukan di akhir pekan. Ini tentunya memudahkan bagi kamu yang memiliki pekerjaan. Selain bisa mengisi waktu kosong dengan kegiatan produktif, kamu juga akhirnya bisa menambah penghasilan yang lumayan.

Solusi ini bisa sangat membantu terutama bagi kamu memiliki penghasilan pas-pasan. Dengan cara ini kamu tidak perlu mengandalkan gaji utama yang mungkin habis untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Sisihkan Pendapatan untuk Tabungan dan Investasi

 kpr gaji umr

Langkah penting yang tidak boleh dilewatkan saat kamu mencicil KPR adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan 20%  sampai 30% pendapatan bulan kamu untuk ditabungkan. 

Sebaiknya sisihkan uang untuk menabung saat kamu menerima gaji. Menunda untuk menabung malah berisiko 

Apabila perlu kamu juga bisa memisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk kebutuhan umum lainnya. Ini akan membuat kamu lebih disiplin dalam menabung sehingga kamu tidak bisa dengan mudah menggunakan dana tabungan dengan sembarangan.

Selain menabung kamu juga bisa berinvestasi. Cara yang satu ini cocok untuk Gen Z seperti kamu yang tidak ingin membiarkan uang mengendap di tabungan. Namun, kamu perlu berinvestasi dengan bijak.

Misalnya kamu bisa menanam modal di bisnis yang sedang kamu kelola dengan keluarga dan teman. Bukan hanya itu, kamu juga dapat berinvestasi dalam bentuk yang lebih aman. Contohnya adalah investasi emas, deposito dan reksadana.

Tetapkan Skala Prioritas

kpr gaji umr

Agar cicilan KPR bisa berjalan lancar dengan gaji UMR, langkah yang kamu perhatikan adalah penghematan dalam dana belanja dan kuliner. Mengurangi anggaran untuk belanja dan gaya hidup akan membantu kamu mengalokasian keuangan unyuk membyar cicilan.

Selain itu, kamu harus bisa menghindari belanja-belanja yang dilakukan secara impulsif. 

Oleh karena itu, tetapkan skala prioritas agar kamu dapat lebih patuh dengan komitmen dan bayaran cicilan tidak membengkak. Utamakan untuk membayar kebutuhan primer seperti cicilan rumah, kendaraan, atau alat produktif lainnya seperti laptop.

Pembelian barang-barang tersier lainnya bisa kamu tunda. Terlebih barang-barang yang hanya dibeli agar tidak ketinggalan tren. Setidaknya tunda hal tersebut sampai cicilan rumah selesai.

Bijak Mengambil Cicilan yang Baru

kpr gaji umr

Setelah kamu memutuskan mengambil cicilan rumah, kamu harus bisa berkomitmen untuk tidak sembarangan mengambil cicilan baru. Jangan sampai kamu tergoda dengan iming-iming promo yang serba menggiurkan.

Mengambil cicilan baru ini akan mengganggu kamu melunasi cicilan rumah dengan tepat dan cepat. Risiko tersebut bisa terjadi karena kamu harus membayar cicilan lain lengkap dengan bunganya.

Imbasnya, cicilan KPR kamu sangat mungkin macet bila uang banyak terkuras untuk membayar cicilan lain. Bukannya semakin ringan, cicilan yang menumpuk hanya membuat bebanmu semakin menumpuk.

Mulai Gaya Hidup Hemat

Mulai gaya Hidup Hemat

Dengan gaji UMR, kamu bisa mencicil KPR dengan lancar apabila bisa mengelola keuangan dengan seimbang, Artinya, kamu bisa menekan jumlah pengeluaran agar tidak lebih dari jumlah pemasukan.

Kamu bisa menekan beberapa pengeluaran misalnya untuk biaya rekreasi atau hiburan. Sebaiknya hindari nongkrong dan makan di restoran terlalu sering. Selain itu, bijak atur biaya rekreasi seperti ke bioskop dan lainnya ya! 

Ajukan Take Over

Ajukan Take Over

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengajukan Take Over KPR agar cicilan kamu makin ringan. Take over adalah layanan yang ditujukan untuk mempermudah nasabah yang mengalami kesulitan ketika membayar pinjaman di bank.

Jadi, cara ini cocok untuk Gen Z seperti kamu yang ingin memindahkan nilai kredit dari pihak bank lama ke bank baru dengan bunga yang lebih rendah.

Kamu bisa mengajukan take over dengan mudah di Pinhome. Di platform tersebut kamu bisa memilih tiga jenis layanan take over sesuai kebutuhan kamu, yaitu:  

  • Take over,untuk klien yang akan melakukan pemindahan KPR dengan tenor baru dan jumlah bunga yang lebih rendah
  • Take over dengan penambahan dana untuk kamu yang ingin mengajukan penambahan pinjaman atau melakukan pencairan dana
  • Take over dengan pelunasan lebih cepat untuk kamu yang ingin tenor pendek dan jumlah bunga akan lebih rendah

Itulah tadi tips untuk mencicil rumah bagi Gen Z yang memiliki gaji UMR. Dengan menerapkan beberapa tips tadi harapannya kamu bisa lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran sehingga bisa melunasi cicilan rumah dengan tepat dan anti-macet.

Baca juga: Keuntungan Take Over KPR Rumah, Syarat dan Cara Pengajuannya

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ayunda Sabrina

Ayunda Sabrina

SEO Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.