Pasang Iklan Gratis: Bagaimana & Apa Manfaat Bagi Bisnismu

Bagaimana cara pasang iklan gratis secara online buat bantu promosi bisnismu?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu juga perlu melakukan aktivitas pemasaran, agar produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Nah, salah satu metode yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk/jasa ini adalah melalui iklan.

Namun, biasanya kamu perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan, bukan?

Tentu ini merupakan hal yang membuatmu berpikir dua kali, karena kamu perlu mengeluarkan biaya, bahkan sebelum produkmu laku terjual.

Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa beriklan tanpa mengeluarkan biaya yang kecil, atau bahkan secara gratis?

Yuk, simak ulasan berikut ini supaya bisnismu bisa memasang iklan, dan mulai “beriklan” secara gratis!


Jenis Iklan Gratis Online

Bagaimana bisa kamu beriklan secara gratis?

Iklan gratis memiliki konsep sama seperti iklan berbayar lainnya, hanya saja dalam proses memasang dan menampilkannya, kamu bisa menggunakan beberapa metode online, dan biasanya tidak mengeluarkan biaya.

Hal ini tentu berbeda dengan pemasangan iklan di media massa, media elektronik, atau media sosial (paid ads).

Di antara ketiga media tersebut, media yang sangat bisa kamu gunakan secara cuma-cuma untuk beriklan biasanya adalah media online dan juga media sosial.

Simak beberapa contohnya berikut ini:


1. FJB Kaskus

Forum Jual Beli Kaskus merupakan salah satu wadah bisnis online yang paling ramai di Indonesia.

Pasalnya, sebelum banyak media soal, platform e-commerce, serta marketplace yang banyak beredar seperti sekarang, banyak pedagang yang menjajakan dan memasarkan dagangan mereka di forum yang telah berdiri dari tahun 1999 ini.

Melalui FJB Kaskus, kamu bisa mendaftar menjadi seorang seller, dan mulai membuka lapak dagang. Setelah itu, masukkan semua produk (atau jasa) yang ingin kamu jual.

Setelah selesai, kamu bisa langsung berjualan. Informasi produk yang kamu tulis bisa memudahkan calon pembeli yang ingin mencari produk serupa.

Inilah contohnya “beriklan” secara gratis melalui forum online Kaskus.


2. Media sosial (Instagram, Facebook, TikTok)

Tidak hanya memasang iklan di forum online, kamu juga bisa beriklan secara gratis di platform media sosial loh!

Contohnya seperti di platform Instagram, Facebook, dan TikTok.

Saat ini, sudah banyak pebisnis, baik yang baru mulai merintis bisnis maupun yang sudah memiliki bisnis ternama, yang memasarkan produk serta jasa mereka melalui platform media sosial.

Di Instagram, contohnya. Kamu bisa mengunggah konten produkmu di momen primetime, dan dengan menggunakan tagar atau hashtag yang tepat. 

Jika kamu bisa memanfaatkan kedua fitur tersebut secara optimal, bisnis dan produkmu akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna Instagram.

Dengan begitu, platform Instagram telah memberikan kesempatan beriklan secara gratis kepada bisnis yang kamu jalankan.

Nah, konsep yang sama bisa kamu terapkan juga pada platform media sosial lainnya, seperti Facebook dan TikTok.

Semakin bagus dan menarik konten yang kamu buat, maka akan semakin banyak orang yang melihatnya 

Semakin banyak orang yang melihat dan membagikan kontenmu, maka konten akan dianggap berkualitas oleh platform tersebut.

Konten yang berkualitas secara tidak langsung akan mendapatkan prioritas untuk ditampilkan kepada lebih banyak pengguna media sosial lainnya.

Jadi, tanpa mengeluarkan biaya iklan, kontenmu akan dipromosikan secara organik oleh platform-platform tersebut.

Cukup mudah, bukan?


3. Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Jualo, Sejasa, OLX)

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan iklan gratis yang disediakan oleh beragam online marketplace di Indonesia.

Di platform Tokopedia, selain menggunakan TopAds, kamu juga bisa menggunakan beragam jenis promosi seperti bundling, free ongkir, flash sale, kupon, dan promosi lainnya. 

Jika promosi bisnismu memang menarik perhatian banyak pembeli, tentu produkmu akan lebih banyak tampil di hasil pencarian para pengguna marketplace.

Beriklan atau berpromosi dengan konsep yang mirip juga bisa kamu jalankan di platform marketplace lainnya, termasuk pada platform Shopee, Bukalapak, Jualo, Sejasa, dan OLX.

Jangan lupa, siapkan juga gambar produk yang jelas dan deskripsi produk yang lengkap serta informatif, untuk menarik perhatian konsumen. 

Sebagai tambahan informasi, platform Jualo biasanya banyak orang gunakan untuk menjual mobil, motor, dan properti; baik dalam kondisi baru dan bekas.

Sementara itu, platform Sejasa lebih fokus menawarkan berbagai bisnis jasa seperti cleaning service, massage, dan jasa konstruksi.


Manfaat Pasang Iklan Gratis secara Online

Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bisnismu memasang iklan gratis secara online:

  • Gratis. Ketika kamu memasang iklan gratis secara online, biasanya bisa kamu lakukan secara cuma-cuma. Jika ada biaya sekali pun, jumlahnya cukup kecil dan tidak terlalu membebani bisnismu. Hal ini tentu bisa menghemat biaya operasional bisnis.
  • Mudah tersebar. Pemasangan iklan secara online tentu harus kamu lakukan dalam format digital. Unggahan konten iklan ini bisa dengan mudah kamu sebar, atau dibagikan orang lain ke platform digital lainnya. Dengan begitu, iklanmu akan lebih banyak terlihat oleh kelompok konsumen lainnya.
  • Tayang sepanjang waktu. Tidak seperti media iklan lainnya, iklan online bisa kamu pasang sepanjang waktu, selama 24 jam.

Kelola Bisnis Lebih Mudah dengan KoinWorks NEO

Itulah penjelasan tentang pasang iklan gratis secara online dan beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk beriklan secara gratis.

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu, termasuk menggunakan berbagai platform online, dan memanfaatkannya untuk beriklan secara gratis, maupun berbayar.

Selain caranya tidak begitu sulit, banyak dari platform ini yang sudah memiliki basis konsumen yang cukup loyal.

Sehingga, menggunakan mereka untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi merupakan pilihan yang sangat tepat.

Untuk lebih memudahkan kamu mengatur aktivitas keuangan bisnis yang sedang kamu rintis, kamu bisa loh menggunakan layanan KoinWorks NEO dari KoinWorks.

KoinWorks NEO merupakan layanan kelola keuangan dari super financial app KoinWorks, yang bisa membantu kamu dalam urusan pembayaran, pengiriman uang, pemantauan aktivitas finansial, dan penyediaan laporan keuangan dalam satu aplikasi.

Yuk, gabung KoinWorks NEO, sekarang!

Download KoinWorks sekarang!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.