Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Membangun Bisnis Skincare Untuk Jangka Panjang

Membangun Bisnis Skincare Untuk Jangka Panjang

·
4 menit
Membangun bisnis skincare bertahan lama

Semua  orang pasti ingin bisnis mereka bertahan lama. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki brand skin care yang dicintai konsumen dalam waktu lama, ini adalah beberapa hal yang wajib kamu ikuti sebagai beautypreneur.

Adaptasi dengan perubahan 

Untuk kamu yang membangun bisnis yang tahan lama, salah satu hal penting untuk diperhatikan adalah mengenai kemampuan kamu dan bisnis kamu dalam menghadapi perubahan. Tidak ada hal di dunia ini tidak akan berubah. Bahkan komunikasi dan sentuhan fisik yang dahulu dilakukan dengan bebas, ini menjadi salah satu hal yang sulit untuk dilakukan akibat adanya Covid 19.

Artinya kamu harus siap dengan segala perubahan yang mungkin terjadi pada dunia yang nantinya akan berpengaruh pada bisnis kamu. Baik itu perubahan dari segi produk, perubahan dari segi pemasaran dan dari segi lainnya. 

Salah satu contoh terjadinya perubahan adalah jenis produk skin care yang populer saat ini. Di era ini, gaya skin care yang paling populer adalah skin care Korea yang menggunakan produk berlapis-lapis untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Akan tetapi hal ini mungkin akan berubah di masa depan. Untuk mengetahui perubahan apa yang harus dilakukan dan juga untuk mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk menghadapi perubahan ini pastikan kamu selalu memperhatikan tren yang ada di masyarakat. 

Pastikan kamu bisa mengikuti event dan perubahan sebelum tren ini kadaluarsa. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan jika kamu benar-benar ingin bertahan di dunia persaingan brand skin care yang semakin lama semakin sengit.

Ceritakan perjalanan bisnis brand kamu 

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai pendekatan yang kamu lakukan pada konsumen. Memiliki produk skin care yang berkualitas memang merupakan salah satu hal yang sangat penting. 

Akan tetapi, siapa saja bisa menghadirkan produk skin care yang berkualitas kapan saya mereka inginkan. Nah untuk membedakan bisnis kamu dengan bisnis lainnya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun ikatan dengan audiens dan konsumen kamu.

Ingat pepatah tak kenal maka tak sayang? Untuk membangun ikatan yang baik antara brand kamu dengan konsumen adalah dengan menceritakan apa saja yang telah kamu alami sebagai seorang beautypreneur. Dengan mengenal lebih dekat sosok dibalik sebuah brand, akan lebih mudah bagi konsumen kamu untuk mengenal dan menyayangi brand kamu bukan? 

Ketika kamu menceritakan story perjalanan bisnis kamu, konsumen akan merasa lebih dekat dengan kamu sebagai brand dan juga beautypreneur. Konsumen yang semakin dekat juga pasti akan menjadi seorang konsumen loyal.

Jangan jadi copycat 

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan sebagai seorang beautypreneur adalah menjadi pebisnis yang otentik. Membangun bisnis memang bukan hal yang sulit, akan tetapi mencari dan membuat produk yang otentik dan berasal dari diri sendiri adalah tantangannya. Apalagi ketika kita bicara mengenai dunia skin care.

Dunia skin care merupakan dunia yang sangat rentan terhadap kemunculan brand baru. Banyak orang berpikir ketika mereka ingin mendapatkan perhatian dari konsumen mereka harus membangun produk-produk menggunakan bahan-bahan yang sedang trendi.

Hal ini tentu saja tidak masalah karena bahan pembuatan produk bisa sama antara satu produk yang produk yang lain. Akan tetapi meskipun kamu menggunakan bahan-bahan yang sama dengan produk-produk skin care yang sudah ada, pastikan kamu tetap membuat produk skin care kamu tetap unik. Hal ini memang bukan hal yang mudah tapi merupakan salah satu tantangan yang harus kamu taklukan. 

Selalu berkomunikasi dengan konsumen kamu 

Cara lain untuk memastikan krim skin care kamu diterima oleh masyarakat dan dapat bertahan di hati konsumen kamu adalah dengan membangun komunikasi yang efektif antar kamu dengan konsumen kamu. 

Jika kamu tidak bisa memposisikan brand kamu sebagai brand yang menarik dan dekat dengan konsumen, lebih mudah bagi kamu untuk bertahan di tengah persaingan bisnis skin care yang sangat ketat seperti sekarang ini.

Nah untuk membangun kedekatan dengan konsumen kamu, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. Pastikan konsumen paham apa pesan yang ingin kamu sampaikan sehingga brand kamu bisa diterima dengan lebih mudah. Untuk memastikan pesan yang kamu sampaikan ini dapat diterima dengan baik, kamu bisa belajar lebih banyak mengenai strategi marketing

Bangun jati diri dan tujuan brand kamu 

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan jika kamu ingin brand kamu bertahan lebih lama adalah dengan membangun jati diri dan memastikan apa tujuan dari brand kamu. Jati diri, image dan tujuan dari sebuah brand harus dibangun sejak awal. 

Dalam artikel yang sudah kami bagikan sebelumnya, kami sudah memberikan informasi bahwa salah satu hal yang paling penting saat kamu ingin membangun sebuah brand skin care yang kuat dan sukses adalah dengan membuat perencanaan bukan? 

Ya, sangat penting bagi kamu untuk membuat perencanaan yang baik untuk produk skin care dan juga brand kamu. Salah satu perencanaan ini termasuk tujuan pembangunan brand skin care. Tujuan dari pembangunan sebuah brand skin care bisa sangat beragam.

Misalnya saja, kamu akan membangun skin care yang didedikasikan untuk kulit wanita Indonesia yang cenderung berminyak agar bisa mendapatkan skin care yang lebih murah tapi bermanfaat atau tujuan yang lainnya. 

Tujuan-tujuan inilah yang nantinya akan menjadikan motor atau penggerak bagi bisnis kamu. Akan tetapi sangat penting untuk menentukan tujuan bisnis yang tepat agar langkah yang kamu ambil kedepannya untuk brand kamu tidak salah.

Utamakan konsumen 

Tips terakhir yang akan kami berikan supaya kamu bisa memiliki brand skin care yang kuat dan bertahan lama adalah dengan memperhatikan konsumen kamu. Saat membangun sebuah bisnis, mengutamakan keuntungan adalah hal yang utama. 

Akan tetapi untuk mendapatkan keuntungan ini, kamu harus tahu apa yang diinginkan oleh konsumen kamu. Oleh karena itu apapun tujuan dan kegiatan bisnis yang kamu lakukan, pastikan kamu mengedepankan konsumen kamu.

Kamu bisa gunakan konsumen sebagai tolak ukur. Jika konsumen kamu puas maka brand kamu sudah pasti bisa bertahan lebih lama. Gunakan juga konsumen sebagai dasar untuk pembuatan keputusan, untuk memproduksi barang, dan hal-hal lainnya.

Dari aspek ini kita bisa tahu bahwa peran konsumen sangat penting dalam sebuah dunia bisnis terutama bisnis skin care. Karena posisinya yang sangat penting ini, menentukan dan juga mengenal konsumen sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu selain melakukan riset mengenai jasa maklon yang akan kamu gunakan untuk bekerja sama, pastikan sama juga melakukan riset mengenai konsumen kamu. 

Akan lebih baik jika kamu menemukan hal yang tidak dimiliki oleh kompetitor kamu sehingga kamu bisa menghadirkan dalam bisnis skin care kamu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga brand kamu tetap kuat dan tahan lama di masyarakat. 

 

Reina
Menulis merupakan hobi yang sudah saya sukai sejak SMA, bergabung dengan berbagai komunitas penulis sejak 2015. Menjadikan tulisan sebagai media untuk berbagi informasi terhadap pembaca merupakan karya bagi saya, karena bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan pribadi dan bisnis mereka.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​