MENDORONG BISNIS UMKM: Maksimalkan Potensi UMKM Lewat Kebiasaan Berbelanja Konsumen

RINGKASAN EKSEKUTIF 

Di situasi adaptasi kebiasaan baru atau yang biasa dikenal dengan era new normal, sebagian besar orang dipaksa untuk merubah perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya berbagai protokol kesehatan yang ketat, kebiasaan untuk bertatap muka secara langsung dalam interaksi yang biasa dilakukan mulai digantikan dengan interaksi secara online. 

Perubahan ini ternyata tidak terjadi secara serentak. Dilihat dari sisi pelaku usaha kecil dan juga konsumen, perubahan ini tidak terjadi dengan kecepatan yang sama. Perubahan dari sisi konsumen terjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan perubahan dari sisi pelaku usaha kecil

Pada bulan Maret hingga awal Mei 2021, KoinWorks melakukan survey terhadap 220 pelaku usaha kecil dan 226 konsumen. Dari survey ini, kami menemukan bahwa Di kondisi Adapatasi Kebiasaan Baru saat ini, kebanyakan konsumen memang lebih memilih untuk membeli barang melalui platform online dibandingkan belanja offline. Karena selain lebih aman, beberapa platform market palce menyediakan promo yang menarik.

Berbeda dengan konsumen yang lebih nyaman melakukan hampir semua kegiatannya secara online, pemilik usaha yang memilih berbisnis offline masih lebih banyak dibandingkan yang berbisnis online. Beberapa sektor masih didominasi oleh bisnis offline. Selain itu, alat pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pemilik bisnis adalah melalui transfer bank, diikuti dengan penggunaan uang elektronik, dan pembyaran tunai.

Dari hasil survey tersebut, dapat kami tarik 3 kunci utama untuk dapat memaksimalkan keuntungan pemilik bisnis kecil, yaitu:

  1. Dengan beralih menggunakan bisnis digital akan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen;
  2. Menggunakan uang elektronik untuk menerima pembayaran bisa menjadi solusi untuk memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen; dan

Saat ini media belajar dan saluran untuk mendapatkan berbagai macam kebutuhan bisa diperoleh dari internet. Ketahui trend yang saat ini disukai oleh konsumen dari berbgai media online, seperti media social dan blog bisnis.

 


Untuk laporan lengkapnya, Anda bisa download dengan menggunakan link di bawah.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Skolastika C. Rosari

Skolastika C. Rosari

I am a passionate storyteller who also in love with numbers and data. I choose to be a researcher because I can tell many stories based on the numbers I see!
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.